Kredit HP Online Tanpa Survey: Pilih Kredivo atau Akulaku?

image kredit: ohayo.co.id
Kredit hp online tanpa survey? Emang bisa?
Bisa dong! Kalo kamu ketik kata kunci ini di mesin pencarian, pasti banyak tuh muncul iklan-iklan tentang kredit hp dan situs-situs yang nawarin fasilitas kredit hp tanpa survey dan kartu kredit. Dan nggak cuma hoax atau bahasa marketing doang, tapi emang beneran bisa. Biasanya, yang ngiklan ini adalah e-commerce yang jualan aneka produk termasuk hp dan udah kerja sama dengan perusahaan multifinansial.

Berkat munculnya inovasi kredit, sekarang mau kredit barang apa pun nggak susah lagi kayak dulu. Kalo dulu, syaratnya harus punya kartu kredit dulu atau survey sana sini dulu. Ribet dan makan waktu, belom lagi kalo ditolak pas ngajuin kartu kredit.

Pas iseng-iseng cari kredit hp online tanpa survey (karena butuh hape baru buat lebaran hehe), saya nemu dua perusahaan multifinansial yang kayaknya cukup banyak peminatnya untuk urusan kredit barang: Kredivo & Akulaku. Ada yang pernah denger?

Karena waktu itu saya masih ragu mau pake yang mana, akhirnya sempet cari banyak informasi dan nyobain langsung dua-duanya. Kesimpulannya, ada beberapa poin perbedaan nih antara Kredivo dan Akulaku.

Perbedaan persyaratan dan cara pendaftaran
Baik Kredivo atau Akulaku, sebenarnya punya fungsi dasar yang sama: akses kredit instan online bagi kamu yang mau beli atau cicil barang di aneka merchant. Jadi, ada sejumlah plafon kredit tertentu yang dikasih Kredivo atau Akulaku kepada setiap pengguna yang udah daftar dan disetujui. Nantinya plafon kredit inilah yang bakal “nalangin” dulu belanjaanmu di merchant. Terus, kamu tinggal bayar angsuran cicilan per bulannya ke Kredivo atau Akulaku sesuai jumlah dan tenor yang disepakati.

Bedanya apa? Poin pertama adalah persyaratan yang dibutuhkan dan cara daftar akunnya.

Supaya bisa daftar Kredivo, kamu harus berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, dan tinggal atau domisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan.

Sementara agar bisa daftar Akulaku, kamu minimal harus berusia 23 tahun dan berdomisili di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Yogyakarta. Kalo Kredivo spesifik ke kota tertentu, Akulaku fokusnya ke cakupan wilayah/provinsi.

Daftar Kredivo atau Akulaku sama-sama online, lewat aplikasi masing-masing yang bisa kamu download di Google Play Store atau App Store.

Bedanya, kalo Kredivo, kamu cuma tinggal sambungkan akun Facebook untuk proses verifikasi, upload foto KTP, isi form data diri, dan sambungin 1 akun e-commerce, terus submit. Kamu udah bisa pake fasilitas “Bayar dalam 30 hari”. Tapi kalo mau upgrade ke cicilan juga gampang. Tinggal upload dokumen tambahan kayak KK, STNK, dan slip gaji atau bukti penghasilan. Proses approvalnya maksimal 1 x 24 jam dan kamu akan dikirimin notifikasi otomatis kalo pengajuan udah diapprove. Prosesnya lebih singkat dan sederhana.

Kalo Akulaku, proses daftarnya lebih panjang. Habis isi data diri, sambungin Facebook atau Linkedin, kamu juga perlu isi data informasi dan nomor darurat (orang tua, kerabat atau pasangan) yang bisa dihubungi, dan juga form data pekerjaan, mulai dari jenis pekerjaan, jumlah penghasilan, nama perusahaan, nomor telepon, hingga alamat perusahaan. Kamu juga perlu upload foto KTP, upload foto diri kamu sendiri saat lagi pegang KTP, dan juga upload contoh rekaman suaramu.

Beda dengan Kredivo yang kirim notifikasi otomatis, verifikasi, dan approval online, pihak Akulaku biasanya akan nelpon kamu buat verifikasi data lagi.

Perbedaan biaya, suku bunga, dan jenis kredit yang ditawarkan

Kredivo punya 2 jenis kredit, yang pertama “Bayar dalam 30 hari” dan yang kedua “Cicilan” dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan. Untuk bayar dalam 30 hari, nggak dikenain bunga sama sekali alias 0%. Nah, kalo yang cicilan tenor, bunganya 2,95% per bulan tanpa dp, biaya admin, ataupun biaya tahunan. Plafon kredit maksimal untuk metode bayar dalam 30 hari yang bisa dikasih Kredivo adalah Rp 3 juta, sementara plafon untuk cicilan, bisa sampai Rp 20 juta.

Kalo Akulaku, tenor kredit yang dikasih beda-beda di setiap e-commerce. Ada pilihan 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Dari beberapa e-commerce yang saya pantau, tenor maksimal yang dikasih Akulaku cuma sampai 9 bulan aja. Suku bunga per bulannya lumayan besar, bisa sampe 5%. Bahkan kalau saya mau ambil plafon 1 bulan, saya juga dikenain bunga 5%, gak kayak Kredivo yang gak ngebebanin bunga sama sekali. Plafon kredit maksimalnya bisa sampe Rp 25 juta. Tapi, untuk kredit hp dan barang lainnya, kamu perlu bayar dp sejumlah yang ditentukan pihak Akulaku.

Gimana kalo telat bayar cicilan? Ya kamu harus bayar denda keterlambatan. Kredivo punya biaya denda atau keterlambatan bayar sebesar 3% (ini setara sama denda keterlambatan kartu kredit konvensional, mayan.), sementara Akulaku……………………...bisa sampe 10%. Ngeri juga, yah. hehehe.

Perbedaan jenis dan jumlah merchant.

Nah, pastinya, supaya bisa “jajanin” plafon kredit dari Kredivo atau Akulaku, kamu perlu dateng atau belanja ke merchant yang udah kerja sama dengan keduanya.

Total ada lebih dari 200 merchant online dan offline yang udah kerja sama dengan Kredivo. Kalo mau liat detailnya, kamu bisa masuk ke aplikasi Kredivo bagian menu “Merchants” atau di situs resmi Kredivo, klik di sini.

Merchant-merchant online populer kayak Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id, Shopee, Sepulsa, udah jadi partner Kredivo. Untuk merchant offlinenya, ada Sentra Ponsel dan Toko PDA yang gerainya tersebar di area Jabodetabek. Kabar baik nih bagi kamu yang mau kredit hp online tanpa dp dan survey, tapi masih khawatir transaksi di merchant online.

Kalo Akulaku, ada beberapa merchant online yang udah kerja sama kayak Bukalapak, Blibli, Elevenia, dan JD.id. Selain kerja sama dengan merchant online, ada juga produk-produk yang dijual langsung lewat aplikasi Akulaku, termasuk hp juga.

Dari segi jenis dan jumlah merchant yang udah kerja sama, Kredivo lebih unggul. Karena kita nggak cuma bisa kredit hp atau barang doang, tapi juga bisa bayar listrik, beli pulsa hp, paket data, bayar bpjs dan cicilan multifinansial, beli tiket bioskop, tiket pesawat, hotel, sampe kulineran.

Perbedaan proses kredit hp online tanpa survey

Semua proses transaksi di Kredivo, termasuk kredit hp, diatur sama kita sendiri sebagai pengguna. Semua serba online dan otomatis pake akun, email, password, dan OTP (one timw password) untuk verifikasi keamanan saat kita ngelakuin transaksi.

Jadi, kamu tinggal cari hp yang kamu mau beli di salah satu merchant rekanan Kredivo, pastiin harganya minimum Rp 1,5 juta dan plafon kreditmu cukup. Terus, checkout, dan pilih metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit via Kredivo. Habis itu, kamu akan masuk laman pembayaran Kredivo dan akan diminta login pake nomor HP dan PIN Kredivo-mu. Secara otomatis, kamu akan dikirimkan sms berisi nomor OTP yang perlu digunakan untuk verifikasi keamanan. Masukin nomor OTP, transaksi langsung selesai. Kamu tinggal nunggu proses dari penjual untuk ngirim hp.

Sementara Akulaku, masih setengah online dan setengah manual. Sebelum bisa kredit hp di Akulaku, kamu harus punya histori transaksi dulu di aplikasi Akulaku minimal Rp 200 ribu atau pernah belanja di salah satu e-commerce mitra Akulaku dalam waktu enam bulan terakhir. Kalo udah punya, baru deh bisa kredit hp. Untuk setiap transaksi yang udah disubmit atau diajuin, pihak Akulaku biasanya bakal ngelakuin verifikasi dulu lewat telepon ke pengguna sebelum nyetujuin transaksi atau kredit. Kemungkinannya 50:50, bisa disetujui atau ditolak. Kalo transaksimu ditolak, pihak Akulaku bakal ngembaliin uang muka yang udah dibayarkan.

Kalo saya pribadi, akhirnya pilih Kredivo karena proses approvalnya lebih cepat dan nggak kebanyakan persyaratan. Yang paling penting, bisa kredit hp di merchant offline! Saya termasuk yang masih agak worry kalo beli barang mahal online. Kalo yang murah-murah, ya online nggak masalah, lah.

Kalo kamu, pilih yang mana?

1 Response to "Kredit HP Online Tanpa Survey: Pilih Kredivo atau Akulaku?"

  1. Aku belum pernah menggunakan keduanya. Tapi beberapa teman pernah menggunakan akulaku.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel