Tak Perlu Menyesali Keadaan, 5 Hal ini Bisa Bikin Kita Move On


Pernah ga sih menyesali keadaan? Kenapa aku kok dulu begini, kok ga ngelakuin itu. Duh sekarang jadinya kayak gini kan. Aku nyesel deh, nyesel! #adegansinetrondrama 😂

Tapi wajar kok kalau pernah kek gitu. Hidup kan ga ada sekolahnya jadi ya selalu akan ada kesalahan yang kita lakukan. Terlalu berlarut-larut dalam penyesalan itu ga baik loh.

Jadi bila kita melakukan kesalahan, supaya ga terlalu menyesali keadaan, ada 5 hal yang bisa kita ingat/lakukan agar bisa move on:

1. Semua orang pernah salah langkah/ salah pilih

Ga ada manusia yang sempurna apalagi luput dari salah langkah atau salah pilih. Contoh yang simple aja sih, pas beli baju pasti pernah lah sekali waktu salah ambil ukuran. Entah itu kekecilan atau kebesaran. Terkadang kita bisa balikin baju itu ke tokonya. Tapi ada juga yang ga menerima komplen. Kan situ yang salah napa toko kita yang kena. Hehe, kira-kira begitu kali ya pikiran yang punya toko.

Kalau kasusnya gabisa digaransi ya sudah, berarti kita harus terima, mungkin bajunya bisa kita kasih ke sodara atau teman, atau orang lain yang membutuhkan. Jadinya malah bisa sedekah.

2. Ambil pelajaran dari kegagalan

Saya pribadi tipe orang yang kadang harus gagal dulu baru tau oh ini caranya salah, berarti kudu ambil jalan lain. Nah dari situlah saya ambil pelajaran tentang kesalahan. Memang akan sedikit menguras waktu, tapi pengalaman yang didapat jadi lebih memperkaya jiwa #halah 😄.

3. Orang sukses juga mengalami kegagalan

Jauhkan pikiran kalau orang bisa sukses dengan instan tanpa mengalami kegagalan. Itu loh si Jack Ma sebelum jadi milyarder kek sekarang, berapa kali dia ditolak melamar kerja. Atau simbah Kolonel Sanders yang sekarang ayam gorengnya populer banget, dia butuh ratusan kali dicemooh loh.

Bahkan ya, mereka yang sudah punya jabatan dan ketenaran juga tetap sering gagal, tapi mereka bertahan kan.


4. Semua terjadi karena ada hikmahnya


Klise banget kalau ngomongin hikmah. Tapi ya memang ga ada yang sia-sia. Dalam menjalin hubungan misalnya, ada berapa pasangan yang bisa benar-benar bertahan dengan 1 orang dari kenalan sampai menikah? Ga banyak kan?

Terkadang kita yakin kalau dialah orangnya, tapi ketika bukan dan kita menangis 7 hari 7 malam apakah akan mengubah keadaan?

Bertahanlah, karena nanti seiring berjalannya waktu kita akan bersyukur kenapa Tuhan ga menentukan kita berjodoh sama yang itu tapi yang ini.

5. Fokus ke tujuan, penyesalan tak akan mengubah apapun
Hal yang paling dekat adalah masa depan, sedangkan yang paling jauh adalah masa lalu. Walaupun baru setengah jam lalu apa ya bisa mengubah kejadian yang sudah terjadi? Jawabannya engga kan.

Jadi jangan terus menyesali tindakan bodoh kita, tapi usahakan fokus ke tujuan akhir. Kalau satu cara gagal, gunakan cara lain. Kalau gagal lagi ya coba lagi.

Fiuh, ini memang 5 cara kita agar ga terlalu menyesali keadaan, yang sama sekali ga mudah diterapkan. Tapi setidaknya boleh lah buat renungan. Dan jangan melihat ke 'bawah' terus seolah-olah kita adalah pecundang, tapi juga sesekali tengok kanan kiri dan lebih banyak melihat sekitar serta bersosialisasi. Siapa tahu dari orang yang biasanya kita remehkan, kita bisa dapat pelajaran hidup yang berharga.

1 Response to "Tak Perlu Menyesali Keadaan, 5 Hal ini Bisa Bikin Kita Move On"

  1. Setuju banget mba Untari, ah kamu favoritku selalu
    Terima kasih selalu mengingatkan ya Mba Un.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya