Berkenalan Dengan Asus ZenBook Pro 15 UX580 di Blogger Gathering Asus

Asus ZenBook Pro 15 UX580, diedit dengan Canva menggunakan Asus Zenfone 2
Kalau anak perempuan lazimnya suka mainan masak-masakan atau main boneka, maka tidak denganku. Sedari kecil saya lebih suka bergaul dengan anak laki-laki dan ikut bermain kelereng, layang-layang atau perang-perangan bersama. Makanya ga jarang ketika pulang ke rumah, ibu mendapati baju yang saya pakai kotor bukan main.

Agak beranjak besar ibu bisa sedikit bernafas lega, karena hobi saya sedikit berubah. Ga lagi masuk ke selokan atau lapangan berlumpur, saya mulai tertarik pada komputer. Inipun gara-gara diajak bapak ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan dan sembari menunggu saya diperbolehkan bermain dengan komputer baru yang ada di kantor.

Dari utak-atik 'makhluk aneh berbentuk kotak', semenjak itu saya pun jatuh cinta pada dunia gadget dan teknologi.

Komputer Pertamaku Begitu Besar

Karena keterbatasan dana, saya pun harus menunggu lama hingga kelas 2 SMA untuk bisa memiliki sendiri komputer di rumah. Tapi zaman itu, jangan harap bisa punya laptop yang masih tergolong sangat mahal. Saya pun sudah sangat girang saat bapak membelikan 1 set komputer yang terdiri dari Cpu Mini Tower, monitor tabung CRT dan keyboard serta tetikus berkabel yang membuat sebuah meja penuh sesak, hihi.

Tapi ga sia-sia juga punya komputer karena ga sekadar buat mengetik, mainan Solitaire atau Zuma, terkadang saya dapat job jasa pengetikan juga dari teman-teman saat musim tugas sekolah. Lumayan lah buat jajan.

Suka Teknologi Mengantarkanku Menjadi Blogger

bersama blogger-blogger perempuan Semarang (credit: Archabella)
Singkat cerita setelah beberapa bulan resign dari status Admin di sebuah perusahaan swasta, saya pun mulai gelisah mencari kesibukan untuk mengisi kegiatan sehari-hari. Padahal waktu itu saya sudah punya online shop, tapi kok ada yang kurang ya. Dulu di kantor, meski statusnya admin, tapi saya lah yang sering ditanya-tanya tentang program dan seputar komputer. Makanya pas di rumah terasa banget kehilangan hobi 'elus-elus' dan ngoprek komputer. Bermodalkan sebuah laptop 10 inch, pelan-pelan dari jualan online saya pun beralih menulis blog.

Kemudian dari ngeblog saya pun berjodoh gabung dengan komunitas Gandjel Rel yang isinya blogger perempuan semua (sebagian besar pun sudah emak-emak) tapi prestasinya ngga ada yang main-main. Minder dong ya kalau saya ga ikutan punya 'branding'. Akhirnya di grup saya jualan jasa pasang domain, oprek template blog dan sesekali share tips-tips tentang Adsense & SEO. Nah dari sinilah akhirnya teman-teman blogger mengenal saya sebagai blogger yang gape SEO, padahal itu mah pencitraan belaka 😂.

Dari belajar SEO, semakin lama saya sadar menjadi blogger ternyata ga hanya tentang tulisan, tapi terkadang supaya postingan nongkrong di page one Google butuh juga diberi pelengkap gambar atau video. Dan supaya menarik, gambar yang diunggah ga langsung saja dipajang, tapi juga perlu diedit dan diolah.

Nah, untuk bisa edit-edit gambar dan permak video, ternyata laptop 10 inch warna hitam yang saya punya seringkali bermasalah. Maklum lah ya udah jadul banget, usianya bahkan lebih tua dari anak saya. Ya, 'si hitam' memang sudah menemani saya selama 10 tahun lebih. Terkadang cuma buat mengetik saja doi sudah ngambek dan ngehang. Boro-boro mau install aplikasi Video Editing yang pastinya butuh RAM besar. Duh mungkin si hitam bisa langsung wassalam.

Kadang mikir kapan ya bisa punya laptop yang mumpuni dan punya spesifikasi 'dewa' supaya ga ngehang melulu? Seperti laptop keluaran ASUS ZenBook Pro UX580 dengan prosesor Intel Core i7-8750H dan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Uuuuh mancap!


Asus ZenBook Pro 15 UX580 Level Dewa yang Luar Biasa

spesifikasi ZenBook Pro 15 UX580 (dokpri)
Wagelaseh, itu yang pertama terbersit kalau dengar laptop dibanderol dengan harga Rp. 35.999.000, iya apa ngga? Wajar lah, karena 36 juta rupiah memang bukan uang yang sedikit. Tapi beneran lho dengan doku sejumlah itu kita bisa memboyong pulang laptop baru Asus yang diberi nama ASUS ZenBook Pro 15 UX580.

Apa saja sih spesifikasi ASUS ZenBook Pro 15 UX580 yang digadang-gadang sebagai laptopnya para profesional dan kenapa pantas menyandang harga yang sedemikian W.O.W?

Dipandu oleh Oom Yahya, seorang tekno blogger dari Yogya, para peserta blogger gathering Asus pun menyimak dengan seksama.

  • Kecantikan yang Elegan dan Tangguh
Oom Yahya dan ZenBook Pro 15 UX580 yang tidak bikin tangan pegal (dokpri)
Dirilis dengan bodi berbahan metal yang solid, Asus ZenBook UX580 tetap ringkas dengan berat hanya 1,88 kg dan ketebalan 18,9 mm sehingga bisa dimasukkan ke tas ransel maupun sling bag tanpa pundak terasa terbebani. Lha slim banget bahkan lebih tipis dari skripsi S1-ku zaman dulu 😍.

Mungkin kebayang, dengan bodi setipis itu apa ya ga ringkih kaya kripik ya. Eh jangan salah ya, ketangguhan ZenBook Pro 15 UX580 udah lolos berbagai pengujian ekstrem lho. Seperti tes ketinggian (altitude test) dan tes suhu (temperature test) yang disertifikasi standar militer MIL STD-810G. Tapi kalau punya, apa ya rela dibanting-banting? Hehe...

  • Display Impian
sumber Asus.com
Soal layar, meski ringkas, layar ZenBook Pro 15 UX580 punya ukuran bentang 15,6 inci dan resolusinya itu lho ultra tinggi yakni NanoEdge 4K UHD. Ini juga dikalibrasi warna dengan Delta E <2, mencakup 100% warna Adobe RGB gamut dan PANTONE divalidasi. Selain sensitif terhadap sentuhan, warna-warna yang ditampilkan layar menjadi sangat detil, cerah, tajam dan lebih hidup. Bener-bener impian para profesional di dunia grafis nih.

  • Performa Super Mumpuni
Laptop Level Dewa dari Asus (dokpri)
Di segi performa, ZenBook Pro 15 UX580 didukung oleh prosesor Intel Core i7-8750H dan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050.

Segmen memorinya juga aduhai, terpasang RAM DDR4 sebesar 16GB dan penyimpanan internal M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 1TB. Kebayang kan untuk urusan editing dan rendering video, kalau pakai ZenBook UX580 ini sudah pasti lancar jaya. Vlogger di luar sana ga pada kepengen nih?

speaker tersertifikasi Harman Kardon (dokpri)
Ga cuma andal di 'otak', multimedia ZenBook Pro 15 UX580 pun sudah terpasang speaker khusus tersertifikasi dari Harman Kardon. Makanya suara yang dihasilkan tergolong kelas premium yang lebih baik dari laptop di kelasnya.

  • ScreenPad yang Ajaib
tampilan ScreenPad ZenBook UX580 (dokpri)
Dari kesemua fitur ZenBook UX580 yang memesona, inilah yang berbeda, unik dan bikin peserta manggut-manggut. Asus ZenBook UX580 dilengkapi ScreenPad yang menunjang produktivitas penggunanya karena memiliki beberapa fungsi.

Bayangkan di sela-sela mengetik atau nge-trim konten video, kita bisa sambil cek email, media sosial atau sambil mendengarkan lagu. Bahkan ketikan atau video yang kita buat juga bisa di-preview di ScreenPad. Ugh luar biasa kan.

Untuk meng-on/offkan ScreenPad ini pengguna cukup memencet tombol satu tombol saja, yaitu F6. Kemudian ScreenPad dapat beralih fungsi:
- ScreenPad Toolbar untuk kustomisasi tampilan ScreenPad itu sendiri.
- ScreenPad Launcher untuk meluncurkan program dan aplikasi yang sering digunakan pada ScreenPad.
- ScreenPad Music Player dapat terkoneksi dengan Spotify atau pemutar musik untuk memainkan lagu di laptop.
- ScreenPad Calendar yang terkoneksi dengan Windows Calendar.
- ScreenPad NumKey yang sangat membantu pengguna jika tidak terbiasa dengan numerik di keyboard.
- ScreenPad Calculator yang berfungsi sebagai kalkulator.
- ScreenPad for Office yang membantu kontrol di ujung jari saat menggunakan Word, Excel maupun Power Point.
- ScreenPad Online Video Player dapat memainkan file video dari laptop maupun secara online.
- ScreenPad Online Adobe Reader Sign dapat langsung menandatangani dokumen PDF dan menyimpannya di file tersebut.

Lebih jelasnya nonton video berikut aja yah

Lalu gimana kalau sedang ga mau pake ScreenPad? Ya bisa dimatikan saja fungsinya dan dipakai seperti tradisional touchpad yang sekadar geser atau klik kanan dan kiri.

Full Spesifikasi Asus ZenBook Pro 15 UX580


Asus Blogger Gathering Year End yang Seru

sumber Dikoko Production

Perkenalan Asus ZenBook Pro 15 UX580 yang diperagakan oleh Oom Yahya di Asus Blogger Gathering hari itu benar-benar bikin saya pengen membawa pulang si gawai. Saya bayangkan kalau punya 1 saja bakalan makin produktif, bisa-bisa tiap hari update konten di blog dan channel Youtube supaya subscribernya makin banyak. Maklum ya, subscriber channel Youtube saya emang masih sedikit karena jarang update. Lha laptopnya ga kuat sih, haha.

Oiya, di gathering yang bertempat di Gets Hotel Semarang kali ini, selain bertatap muka dengan ZenBook UX580, para blogger juga dapat ilmu Kaidah Jurnalistik bagi Para Blogger dari Gus Wahid, seorang wartawan yang nyambi blogger, atau blogger yang cari sampingan jadi wartawan, hahaha, entahlah. Untuk materi ini saya sampaikan di post terpisah aja ya.

Oke deh, Doakan ya temans, semoga saya bisa punya satu ZenBook UX580 suatu saat nanti. Aamiin 😇.

Bismillah aku mau dong ZenBook UX580nya atu aja

Referensi:
  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-Pro-15-UX580GD/Features/
  • https://www.asus.com/ScreenPad-APPs/

13 Responses to "Berkenalan Dengan Asus ZenBook Pro 15 UX580 di Blogger Gathering Asus "

  1. sama mbak, hal yang pertama terbesit melihat zenbook pro 15 ux580 adalah terkejut, kok laptop harganya lebih mahal dari sebuah motor. tapi setelah melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan akhire maklum kenapa harganya bisa segitu. tapi memang mantap juga zenbook seri ini :D

    ReplyDelete
  2. Mba aku kok salfok sama foto pembukanya ya, keren banget euy. Hahaa

    ZenBook Pro 15 UX580 bisa berubah segede gitu hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehe isul kan itu ilustrasi kalo zenbooknya mantap

      Delete
  3. Aku yg angkatannya lebih muda aja, waktu sma itu jarang banget yg punya komputer dirumah. Maklum, lokasi agak pelosok..
    Tapi emang zenbook pro ini fitur dan speknya bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin lebih muda mas? Sepertinya tuaan aku. #loh. Wkwk

      Delete
  4. Amiin. Semoga terkabul mbaa.
    Oiya, online shopnya smp sekarang msh jalan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba. Uda engga sekarang fokus ngeblog ama bikin konten aja

      Delete
  5. Bun...berarti kita samaan, tomboy trus komputer pertamanya gede hihi...
    Moga moga kita bisa samaan juga punya laptop Asus yang keceeee ini ya...aamiin

    ReplyDelete
  6. Terlalu kece ya speknya deg degan pakainya hihihi

    ReplyDelete
  7. Detil banget ini nulisnya, jadi yang nggak pernah lihat ZenBook langsung kayak dikasih pandangan sejelas-jelasnya

    ReplyDelete
  8. Screenpadnya kereen. Worth it sama harganya 😍

    ReplyDelete
  9. Aku juga mau mba laptop Asus ZenBook Pro nya. Siapa tau aja rezeki nomplok tahun depan bisa kebeli :D

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya