Budaya Pembagian Angpao Imlek yang Benar




Sebentar lagi imlek akan segera tiba, tentu saja perayaan ini akan dirayakan sangat ramai oleh masyarakat Indonesia yang memiliki keturunan Tionghoa. Imlek masuk kedalam perayaan yang juga diramaikan di Indonesia. Saat imlek tiba, masyarakat indonesia akan menggantungkan berbagai pernak-pernik tahun baru Cina, tidak lupa juga berbagai makanan dan juga suasana yang ramai dengan adanya barongsai. Pertunjukan naga dan juga singa ini melambangkan sebuah pertunjukan yang luar biasa dalam sebuah acara imlek.

Selain dari semua itu, salah satu hal yang banyak disukai oleh masyarakat ketika tahun baru imlek datang adalah Angpao imlek. Dimana, angpao merupakan salah satu tanda masyarakat cina merayakan tahun baru imlek tersebut. dalam kebudayaannya, Angpau merupakan sebuah bingkisan yang sengaja dibungkus dengan bungkusan warna merah. Dulunya angpao bukan menggunakan amplop namun menggunakan kain dengan warna yang sama-sama merah. Setelah itu bungkusan tersebut diberikan dengan diisikan uang sebagai sejumlah hadiahnya.

Angpao ini merupakan salah satu hadiah yang juga sering diberikan kepada mereka yang sedang berulang tahun, merayakan berbagai acara dan juga memperingati kegiatan yang umumnya dilakukan dengan besar-besaran. Karena angpao sendiri masuk kedalam salah satu kegiatan yang besar dan memiliki makna yang tinggi. Selain itu, angpao juga masuk kedalam hadiah yang banyak ditunggu orang lain.

Angpao Imlek


Biasanya angpao imlek digunakan, untuk diberikan kepada sanak saudara keluarga ataupun kerabat yang datang ke rumah ketika Imlek atau perayaan tahun baru Cina tiba. Warna merah sendiri melambangkan kegembiraan semangat serta kemakmuran bagi masyarakat China. Hal inilah yang menyebabkan warna merah seringkali digunakan untuk berbagai perayaan termasuk ketika Imlek tiba. Berbicara soal angpao, Sebenarnya ada beberapa syarat yang harus anda penuhi agar mendapatkan angpao. Selain itu jika anda ingin memberikan amplop merah berisi uang ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan di antaranya adalah :


1. Menikah Wajib Memberi

Fakta pertama yang harus anda dapatkan adalah angpao merupakan hal wajib bagi anda yang sudah menikah. Angpao sendiri merupakan perlambang anda membagi kebahagiaan dengan orang lain. Hal yang harus anda ingat adalah, beberapa orang seringkali memberikan angpao sebagai hal yang penting atau lambang kesenangan. Untuk itu angpao diberikan pada mereka yang belum menikah baik masih anak-anak, remaja hingga dewasa. Bagi anda yang sudah mapan meskipun belum menikah, maka anda tetap akan menerima angpao dan tidak boleh memberikan angpao. Hal ini berkaitan dengan jodoh yang sebenarnya akan berbahaya. Bagi anda yang belum menikah dan memberikan angpao akan menjauhkan jodoh. 


2. Angpao Pernikahan

Selain angpao imlek, anda bisa mendapatkan angpao pernikahan yang menggunakan amplop sama merahnya dan juga memiliki isi yang besar. Ketika seseorang datang ke pernikahan anda, semakin akrab keluarga yang mendatangi pernikahan anda maka semakin besar angpao yang akan diberikan. Selain itu, angpao pernikahan juga memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan angpao yang diberikan saat anda imlek. Untuk itu angpao pernikahan seringkali lebih disukai dibandingkan angpao imlek. Anda bisa menggunakan amplop yang serupa dengan amplop imlek.


3. Anak-anak wajib menerima

Hakikatnya angpao jaman dahulu dibuat untuk mengusir roh jahat yang dapat mendatangi anak-anak. Khususnya raksasa jahat yang dapat mengganggu anak ketika tidur. Untuk itu orang tua memutuskan untuk memberikan angpao dengan kain merah dan juga logam yang ditalikan menggunakan tali berwarna merah. Setelah itu, anda bisa meletakannya dibawah kaki mereka. Namun setelah berkembang semua teknologi dan jaman. Akhirnya anak-anak merupakan penerima wajib angpao setelah mereka yang belum menikah. Sehingga bagi anda yang merayakan berbagai perayaan cina harus memberikan angpao pada anak-anak karena mereka penerima wajib.


4. Bukan Hanya Imlek Saja

Ketika berbicara soal angpao sebenarnya bukan hanya imlek saja. angpao menggunakan warna merah yang memiliki arti warna merah ini adalah kebaikan, semangat, dan kesejahteraan, maka angpao gak hanya diberikan saat Tahun Baru Imlek. Meskipun begitu beberapa masyarakat Cina mengatakan bahwa angpao seringkali diberikan pada kerabat mereka. Seperti halnya dalam kegiatan pesta pernikahan, ulang tahun, syukuran rumah baru, dan bahkan untuk duka cita. Namun angpao duka cita warnanya bukan merah, melainkan putih alias pweepao.So, jangan sampai salah amplop ya. Jangan memberikan amplop putih saat ulang tahun, karena hal itu sama saja kamu mendoakan dia agar cepat berpulang,, selain itu warna putih dalam cina bukan selalu baik sehingga anda harus hati-hati dan jangan sembarangan untuk menentukan warna karena bagi mereka warna sangatlah filosofis.


5. Makna angpao


Seringkali makna angpao di salah gunakan atau disalahartikan bagi banyak masyarakat. Padahal angpao sendiri diberikan sebagai perlambang hadiah dan juga kemakmuran. Sehingga pemberi angpao mengharapkan dapat berbagi kebahagiaan yang mereka miliki kepada penerima angpao. Selain itu sang penerima juga bisa merasa terhormat karena menerima angpao tersebut. Hal inilah yang menyebabkan penerima angpao rata-rata adalah seorang anak-anak ataupun mereka yang sudah dewasa. Namun belum menikah.


Makna dari angpao lainnya bisa menjadi hal yang luar biasa walaupun angpao merupakan amplop berisikan uang. Selain itu angpao juga bisa menjadi salah satu cara orang lain untuk membantu keluarganya, namun tidak ingin secara blak-blakan ataupun menyinggung perasaannya. Sehingga dengan pemberian amplop angpao ini maka akan terasa lebih bermakna dan juga lebih berarti. Di sisi lain, bagi anda yang ingin memberikan angpao tidak perlu melihat nominalnya karena makna dari pemberian angpao Sendiri lebih baik dan lebih tinggi.


6. Uang kertas serta logam

Fakta unik selanjutnya yang bisa anda kenali dari pembagian angpao Imlek adalah anda tidak boleh memberikan angpao dengan nominal uang yang kecil atau perunggu. Mungkin bagi masyarakat Cina biasa disebut juga sebagai wen atau tongbou. Apa itu ? Bagi anda yang ingin memberikan uang kepada orang lain. Maka anda harus memberikan dengan menggunakan uang baru atau uang yang tidak kusut.


Sebenarnya dari kesemua fakta, beberapa banyak yang sudah tidak diikuti seperti halnya memberikan angpao dari yang belum menikah kepada anak-anak atau orang lain. Namun persayaratannya anda tidak boleh memberikan dengan amplop berwarna merah dan harus menggunakan warna lainnya. Karena harus anda ketahui, bahwa warna merah menandakan anda memang siap memberikan berbagai kebahagiaan dan juga kemakmuran. Namun jika anda belum menikah maka belum mencapai sesuatu yang diwajibkan seorang manusia. Sehingga jika menggunakan warna merah maka akan menyebabkan jodoh menjadi jauh. jika anda tertarik membeli amplop imlek untuk angpao, anda bisa membelinya di https://www.ilotte.com/promo-tahun-baru-imlek-000000119627.do. Dengan harga yang murah, cocok digunakan untuk angpao imlek dan berkualitas tentunya untuk perayaan besar Cina.

2 Responses to "Budaya Pembagian Angpao Imlek yang Benar"

  1. Pas aku nikah kayaknya aku juga pernah dapat angpau pernikahan and emang bener sih, jumlahnya cukup besar. Wuehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba kalo pernikahan ga boleh kasi angpao sedikit haha

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel