Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Tumis Melinjo yang Bikin Diet Gagal Maning


Buat saya bukan bukber aja yang jadi wacana tapi sesungguhnya ada 1 hal yang belum kelakon sampai sekarang alias angan-angan semata, yaitu.... diet.

Entah kenapa yang namanya diet itu bagaikan momok menakutkan. Jalan sehari, trus cheating seminggu. Lancar seminggu, lalu bablas sebulan. Dah gitu aja terus sampai Upin Ipin lulus SMA.

Faktor gagal diet paling terutama sebenarnya bukan karena ga tahan lapar, tapi kenyangnya yang ga tahan lama *ah yo podo wae, dasar kakean alesan 😂.

Apalagi kalo pas mudik ke rumah ortu dan ibu saya masakin Tumis Melinjo yang nikmatnya ngalah-ngalahin Steak Daging.

Biasanya saya sampe kudu rebutan sama Bapak yang juga pecinta masakan khas Jogja dan Purworejo ini.

Dan buat yang penasaran, di blogpost kali ini saya mau berbagi resep nikmat Tumis Melinjo atau di daerah lain disebut Tumis Tangkil.


Bahan:

  • 1 bungkus kulit melinjo yang sudah matang/ berwana merah (sekitar 300-400gram)
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cabe merah
  • 2 cabe hijau 
  • 3 cabe rawit setan (atau sesuai selera)
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • 1 buah tomat
  • sepucuk terasi 
  • gula merah 1 sendok makan 
  • garam secukupnya
  • tetelan sapi atau teri nasi 
Cara Memasak:
1. Pertama, panaskan minyak di wajan. Kemudian tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga harum.
2. Masukkan 3 jenis cabe yang sudah dipotong serong. Lalu masukkan kulit melinjo, beri terasi, gula merah,irisan tomat, garam dan tetelan sapi atau teri nasi. Jangan diaduk. Tutup wajan selama 3 menit dan kecilkan api.
3. Setelah 3 menit buka tutup wajan, aduk rata dan tutup kembali selama sekitar 3 menit.
4. Setelah 3 menit kedua, koreksi rasa.
5. Aduk kembali dan pastikan melinjonya matang. Angkat dan hidangkan.

Demikian cara memasak tumis melinjo yang sedap dan nikmat. Kalau misalnya tidak ada tetelan sapi biasanya akan diganti teri nasi atau juga bisa dengan tempe semangit/ tempe bosok supaya menambah kenikmatan tumis melinjo ini.

Semoga bermanfaat.


9 comments for "Resep Tumis Melinjo yang Bikin Diet Gagal Maning"

  1. Kalau bikin sayur asem ada melinjonya, kulitnya aku buang, yang dimakan dalamna buah melinjonya. Belum pernah masak kulitnya, tampaknya bikin nafsu makan meningkat ya, cobain ah kapan-kapan :)

    ReplyDelete
  2. Mbaaaa... serius, hari ini aku barusan makan ini :)
    Ada takziah ke Bumiayu, salah satu sayur makan siangnya ini nih. Sayang di sini seringnya kulit melinjo masih kuning ya. Aku jarang lihat yang jual - yang sudah warna merah gini.

    ReplyDelete
  3. Mbak... aku beberapa kali nyoba makan kulit melinjo ko menurutku aneh ya... 'kasap' kalo kata orang Wonosobo. Jadi penasaran pengen nyoba lagi masak pake resepnya Mba Un, barangkali cocok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heem agak kasap kalau belum begitu mateng. Kalo empuk dan tanek enak lho

      Delete
  4. Aku belum pernah makan tumisan melinjo ini kayaknya endess banget apalagi pakai teri, duh nasi nambah berapa piring ikiiii gawaat

    ReplyDelete
  5. Waaaa...ini kesukaanku!! Saat kecil Simbah sering memasakkan ini buat kami jadi menu fav deh. Dan nama yg kutahu dari Simbahku utk menu ini adalah....Mata Maling!! Aneh ya.. Ah apapun namanya..sing penting uenaaak... ��

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah makan kulit mlinjo ditumis gini, biasanya untuk campuran lodeh. Aku suka nih, sayang sekarang udah jarang nemu kulit mlinjo gini. Kudu ke pasar kayaknya karena di tukang jual belanja nggak pernah ada

    ReplyDelete
  7. Liat melinjo jd teringat jaman kecil ibuk suka bikin sayur yg ada melinjonya. Sekarang udah lama bangey ga makan melinjo di sayur. Ini kayaknya enak banget mbaa, pedes, ada terinya

    ReplyDelete
  8. Udah lama banget ngga masak kulit melinjo...takut asam urat hehehe...tapi enak banget yaa itu dibikin tumis pedes trus pake tempe semangit...dimakan pake nasi putih

    ReplyDelete