Perempuan Wajib Tahu Cara Bebas Anyang-Anyangan (dengan Prive Uri-cran)

Bebas Anyang-Anyangan Dengan Uricran

Berdasarkan riset, 5 dari 10 perempuan pernah terkena ISK alias infeksi saluran kemih atau saluran kencing. Bahkan 2 diantaranya mengalami ISK berulang lho. Haduh, penyakit kok diulang, kebayang kan betapa menyiksanya. Mending kalau yang diulang tuh dapet fee atau gaji, nah itu pasti ga bakal ditolak. Wahahaha yo mesthi.

Soal ISK jujur nih saya juga pernah kena beberapa tahun lalu. Waktu itu pencetusnya karena terlalu banyak duduk, kurang minum air putih dan sering menahan kencing. Trus lama kelamaan timbul rasa anyang-anyangan, bolak-balik ke kamar mandi tapi yang keluar dikit.

Rasa ngga nyaman di bagian bawah perut juga makin menjadi dari cekit-cekit sampai terasa panas berdenyut cukup intens. Awalnya saya males ke dokter, tapi karena ga tertahankan akhirnya saya menyerah dan pergi ke klinik terdekat.

Vonis dokter pun menyatakan saya kena infeksi saluran kemih dan diberi obat berupa antibiotik yang harus diminum sesuai dosis.

keceriaan yang ga mungkin muncul kalau kena ISK (milik Ika puspita)
Setelah pengobatan, ISK yang saya alami saat itu memang sudah sembuh, dan saya berusaha menjaga cukup minum air putih setiap hari serta ga nahan pipis. Tapi ketika saya harus sering bepergian keluar kota. eh ga dinyana penyakit ini kambuh lagi, lho kok bisa ya.

Penyebabnya ternyata karena seringnya saya mampir ke toilet umum ketika traveling. Tau sendiri kan kebersihan kamar mandi yang dipakai banyak orang. Apalagi kalau pas musim liburan. Iyuhhh, menjijikan 😨. Tapi gimana lagi sih ya, daripada ngompol kan 😀.


Btw, jadi timbul pertanyaan nih, kenapa sih perempuan mudah terkena anyang-anyangan atau ISK? Trus apakah laki-laki juga bisa kena anyang-anyangan? Dan caranya gimana biar ga kena ISK berulang? *duh pertanyaannya borongan.

Alhamdulillah pertanyaan-pertanyaan ini terjawab sudah beberapa hari lalu. Tepatnya di Noormans Hotel Semarang pada hari Sabtu, 6 Juli 2019, dengan narsum yang kompeten di bidangnya yaitu dr. Olivia Franciska Laksmana, SpOg dan Ibu Michele Talitha selaku Brand Manager Uri-cran saya dapat pencerahan tentang anyang-anyangan beserta solusinya.
bu dokter Olivia sedang menjelaskan tentang ISK

Kenapa wanita rentan terkena anyang-anyangan?


ISK sebenarnya terjadi karena dipengaruhi banyak faktor seperti usia, jenis kelamin, kebiasaan kebersihan dan tingkah laku seksual. Makin sering gonta-ganti pasangan ya jelas makin rentan, hiiiy.

Jadi ISK bukan hanya terjadi pada perempuan saja, namun saluran kemih pada pria juga bisa terinfeksi. Sedangkan dari sisi medis, sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri (terutama bakteri E.Coli), namun bisa juga disebabkan oleh jamur dan beberapa kasus karena virus.

Alasan kenapa wanita lebih rentan terkena ISK adalah:

1. Secara anatomi, dibanding pria, saluran kemih wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan anus.

2. Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil. Padahal air yang digunakan bisa saja menjadi tempat bakteri.

3. Wanita juga sering menahan meski ingin buang air kecil. Mungkin karena malas repot atau kamar mandi yang dirasa kurang kondusif.

4. Karena wanita juga lebih beresiko terekspos bakteri, misalnya melalui dudukan toilet yang kotor.

Resiko Infeksi Saluran Kencing

resiko anyang-anyangan pada ibu hamil
Anyang-anyangan atau ISK tidak bisa disepelekan, selain efeknya mengganggu aktivitas sehari-hari, jika hal ini terjadi pada ibu hamil juga dapat berakibat lebih fatal seperti:
  • kelahiran prematur,
  • bayi lahir dengan berat badan rendah,
  • preeklamsia,
  • hipertensi,
  • gagal ginjal,
  • kematian janin.

Tuh kan efek terakhir serem banget. Jadi stop menganggap anyang-anyangan sebagai hal yang lumrah ya. Kalau sudah timbul gejala, maka harus segera ditangani, jangan nunggu keburu parah dulu ya.

Bagaimana mencegah anyang-anyangan/ ISK?

Sedia payung sebelum hujan, pepatah lama yang berarti berjaga-jaga sebelum bencana terjadi juga patut diterapkan untuk mencegah ISK.

Perilaku yang bisa menghindarkan kita dari anyang-anyangan misalnya:

  • membersihkan area intim dengan benar, yaitu dibilas dari depan ke belakang,
  • minum air putih sekitar 1,5 liter hingga 3 liter setiap hari,
  • hindari menahan buang air kecil karena semakin lama menahan maka konsentrasi bakteri di kandung kemih akan semakin besar,
  • menggunakan pakaian dalam yang nyaman, menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat,
  • dan memeriksakan urine secara berkala terutama jika sedang hamil. Cara menampung urine yang benar untuk di cek lab adalah pada fase ke-2 atau fase pertengahan berkemih, jadi di fase pertama biarkan air kencing terbuang dulu.


Konsumsi cranberry juga dapat menjadi salah satu cara yang menyenangkan supaya terhindar dari Infeksi Saluran Kemih. Selain mengandung sekitar 80% air dan 10% karbohidrat, cranberry mengandung Proantocyanidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E.Coli pada saluran kemih.

Sayangnya buah cranberry sulit didapatkan di Indonesia, jika pun ada maka harganya cukup mahal.

Tapi ga perlu galau, karena sekarang hadir produk dengan ekstrak cranberry dan harganya terjangkau, yaitu Prive Uri-cran. Yuk kenali Prive Uri-cran lebih lanjut di bawah ini.

Temukan manfaat cranberry dalam Prive Uricran


Prive Uri-cran dari Combiphar adalah produk yang berisi ekstrak cranberry dan dikemas dalam 2 macam sediaan, yaitu:

1. Prive Uri-cran

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box
Berbentuk kapsul yang mengandung 250mg ekstrak cranberry. Dapat dikonsumsi 1 hingga 2 kapsul per hari.

2. Prive Uri-cran Plus
Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Berbentuk sachet berisi serbuk dengan kandungan 375 mg ekstrak Cranberry, 59 mg Vit C, 0,1 mg lactobacillus achidopillus dan 0,1 mg bifidobacterium bifidum.

Prive Uri-cran Plus memiliki rasa manis asam dan segar, dapat diminum 1 hingga 2 sachet per hari dengan cara dilarutkan dalam segelas air putih.

"Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih"

kebersamaan peserta uri-cran womens community seusai acara (milik Ika puspita)

Melanjutkan kisah anyang-anyangan yang saya ceritakan di atas, beruntungnya saat kedua kalinya hampir terkena ISK saat itu saya sudah mengenal Prive Uri-cran. Dan secara telaten saya minum berdasarkan dosis yang dianjurkan. Ga lama, sekitar 3 hari kemudian gejala anyang-anyang pun hilang total dan aktivitas buang air kecil jadi normal kembali.

Di event Uri-cran lalu yang bertajuk "Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih" selain menyimak sambutan dan info digital content competition dari Bu Dyah Parikoening (Head of Brand Activation Combiphar), penjelasan Ibu Michele Talitha dan Ibu dokter Olivia Franciska Laksmana SpOG tentang anyang-anyangan, ada pula sharing dari mba Ika Puspita salah satu mom blogger Semarang yang bercerita pengalaman tentang anyang-anyangan.

Makanya kemarin tak lupa pula di akhir acara saya beli 1 dus Prive Uri-cran Plus sebagai ikhtiar menjaga saluran kemih.

Demikian sharing story saat Uricran Womens Community lalu. Semoga bermanfaat!

#uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #semarang

12 Responses to "Perempuan Wajib Tahu Cara Bebas Anyang-Anyangan (dengan Prive Uri-cran)"

  1. Aku merinding bacanya. Kebetulan aku sedang giat-giatnya cari tahu tentang dunia perempuan macam ini.
    Ya kalau bukan diri sendiri siapa lagi yang bakal jaga, bener kan kak

    ReplyDelete
  2. Aha, ada solusinya buat permasalahan ini. Lega ya kalau sudah menemukan solusi yang aman. Thank you mba buat infonya

    ReplyDelete
  3. Uricran emang top deh untuk urusan mengatasi dan mencegah ISK..Apalagi rasanya juga seger..jadi suka minumnya...anak-anak juga suka...

    ReplyDelete
  4. wah, jadi gamau nahan kencing lagi. kadang suka mager kekamar mandi :")

    ReplyDelete
  5. Ngeri banget mbak ternyata dampaknya sampe begitu ya. Aku pernah sih anyang2an dan itu luar biasa menyiksa :(

    ReplyDelete
  6. Baru tahu segitunya dampak anyang anyangan..

    Wah harua cepat ditangani ya, g blh dianggap remeh

    ReplyDelete
  7. "Cuma" karena hal yang kelihatannya sepele seperti nahan BAK, bisa jadi penyakit serius ya kalo dibiarkan.

    ReplyDelete
  8. Sebetulnya penyebab utama anyang-anyangan bagi cewek itu adalah ceweknya gampang jijik, makanya dia males pipis di sembarang toilet. Akibat pilih-pilih toilet, dia jadi nahan pipis sehingga jadi anyang-anyangan. Saya rasa perempuan mestinya belajar untuk bersedia pipis di mana aja, kecuali pipis di urinoir toilet pria tentu saja.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, aku termasuk salah satu orang yang sudah merasakan manfaat dari Price Uricran ini. Dulu sering kena anyang-anyangan ini. Aku gak tahu cara nyembuhinnya. Cuma nunggu waktu aja. Sejak tahu produk ini jadi gak cemas lagi. Nyeduh 1-2 kali aja langsung sembuh deh anyang-anyangannya

    ReplyDelete
  10. Ehe, ngomongin anyang2an. Kalo aku sendiri kadangbsuka anyang2an kalo cuaca lagi dingin banget. Asli bikin nggak enak banget. Gimana sih ya, mau keluar susah pas siap dikeluarin juga repot. Ah serbah salah emang kalo lagi anyang2an. Untung ya ada uricran. Ku pernah minum juga, enak sih. Bikin merah bibir juga. Ehe. 😁

    ReplyDelete
  11. Itung itung nambah pemahaman hehe

    Salam
    Kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  12. aku kadang mager loh mau pipis. apa lg pas kerjaan banyak. setelah baca jadi mikir lagi deh kalau mau nahan pipis

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya