Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Drama Korea Bertema Sageuk Time Travel

drama korea sageuk

Dari sekian banyak drama Korea, jujur saya tuh paling seneng sama drakor berlatar belakang historis kerajaan yang disisipi kisah time slip. Teman-teman tahu kan maksudnya time slip. Itu loh yang cerita tentang perjalanan waktu tokohnya. Bisa jadi dari masa lalu ke masa modern atau sebaliknya dari era sekarang tiba-tiba terlempar ke masa lalu.

Anyway, siapa tahu ada teman-teman yang lagi cari referensi drakor bertema time slip yang rekomended, ini dia daftarnya ya:

1. Dr. Jin (2012, 22 episode)
Dr. Jin
Kisahnya tentang Dr. Jin Hyuk yang diperankan Song Seung Hun, seorang dokter bedah tampan nan bertangan dingin. Nah saking berhasilnya setiap operasi yang dia lakukan, Dr. Jin jadi haus kesempurnaan dan kurang peka dengan kemanusiaan.

Suatu saat dia mendapat pasien tumor otak yang anehnya tumor itu berbentuk fetus (bakal janin) yang berkekuatan gaib dan melemparnya ke zaman Joseon. Dari sinilah kemampuannya sebagai dokter diuji karena di masa itu alat kedokteran dan mindset masyarakatnya masih kurang terbuka.

2. Queen In Hyun's Man (2012, sepanjang 16 episode)

Queen In Hyun's Man
Seorang pejabat muda bernama Kim Boong Do bertugas di bagian penasehat khusus kerajaan. Raja kala itu sangat menyayanginya karena Kim Boong Do sangat cerdas dan pandai bertarung. Ia juga menjadi pelindung ratu In Hyun yang saat itu sedang diturunkan tahtanya dan diancam pembunuhan.

Suatu hari saat dalam misi melindungi ratu, Boong Do diberi jimat oleh gisaeng yang mencintainya. Ternyata jimat itu membuat Boong Do pindah ke abad 21 setiap kali nyawanya terancam. Kemudian di dunia modern ia bertemu dengan Choi Hee Jin, aktris yang sedang berperan menjadi Queen In Hyun.

Saking seringnya ketemu (karena emang jodohnya sih), Boong Do dan Hee Jin pun saling jatuh cinta. Tapi semua makin runyam saat Boong Do yang tahu masa depan jadi mengubah apa yang terjadi di masa lalu, imbasnya masa depan juga ikut berubah dong.

Di episode awal saya kepincut sama kecerdasan Boong Do yang cepat sekali belajar dan beradaptasi masa modern. Dan di episode-episode terakhir penonton bakalan dibuat gemes kenapa Boong Do tidak bisa ke masa depan meski urusan di zaman asalnya sudah selesai.

3. Splash Splash Love (2015, 2 episode)
Splash Splash Love
Rekomended abis drama korea ini buat melepas stress karena sepanjang cerita selalu bikin ngakak melihat kekonyolan Jang Dan Bi dan si raja muda.

Ceritanya Jang Dan Bi adalah anak SMA malas dan bodoh terutama matematika. Saat akan ujian masuk perguruan tinggi (di sini SNMPTN lah ya), dia merasa galau.

Kemudian ketika merenung di sebuah taman bermain dia melihat ada genangan air. Seperti ada panggilan magis dari genangan air itu eh dia nyemplung. Ga disangka genangan air itu adalah portal ke zaman Joseon, tepatnya di masa pemerintahan Raja Lee Do.

Pada awalnya Jang Dan Bi berpura-pura jadi kasim untuk menyelematkan hidupnya. Eh tapi lama-lama malah Raja jatuh cinta sama dia dan Dan Bi juga sebenarnya jatuh cinta sama Raja. Momen-momen yang mereka habiskan bersama sangat menggelikan kecuali di momen saat Raja harus melepas Dan Bi kembali ke zaman ia berasal.

4. Scarlet Heart Ryeo (2016, 20 episode)
Moon Lovers
Susah move on dari drakor yang satu ini. Berlatar belakang dinasti Goryeo, seorang gadis bernama Hae Soo hidup di antara 7 pangeran tampan. Pada awalnya ia jatuh cinta pada pangeran Wang Wook, namun seiring waktu justru ia tak bisa lepas dari Wang So yang terkenal kejam dan keras hati. Di balik sikapnya yang tampak kejam, ternyata Wang So lebih berani membela Hae Soo dalam banyak kesempatan.

Nah, jiwa yang mendiami tubuh Hae Soo sebenarnya adalah Go Ha Jin, perempuan patah hati yang berasal dari abad ke 21. Di era-nya Wang So yang nantinya menjadi Raja Gwangjong akan dikenal sebagai raja pengeksekusi banyak orang termasuk saudara-saudaranya. Kemudian Hae Soo berupaya mengubah semua itu sebisa mungkin.

Drama sebanyak 20 episode ini bertabur bintang tapi menuai rating yang rendah di Korea Selatan. Meski begitu di negara lain Scarlet Heart aka Moon Lovers sangat sukses dan banyak yang mengharapkan sekuelnya, termasuk DuniaQtoy 😍.


5. Rooftop Prince (2012, 20 episode)
Rooftop Prince
Drama korea time slip yang sedikit romantis dan banyak komedinya ini juga cukup oke untuk hiburan.

Ceritanya Pangeran Mahkota Lee Gak ujug-ujug pindah ke Korea modern saat mencari tahu tentang pembunuhan Puteri Mahkota. Ga sendirian dia, tapi bareng sama pengawal dan anak buahnya yang semuanya ngocol abis.

Putra mahkota berpikir dia bisa memecahkan misteri pembunuh istrinya kalau menikahi Hong Se Na, wanita yang dipercaya sebagai reinkarnasi Puteri Mahkota. Padahal di lain pihak ada wanita lain yang mencintai Lee Gak yaitu Park Ha, yang di masa lalu ternyata adik iparnya. Nah baik di masa lalu dan di masa sekarang ternyata ada hubungan saudara antara Se Na dan Park Ha dan semuanya bersangkutan sama misteri time slip si Pangeran Lee.

6. Joseon Survival (2019, 16 episode)
Joseon Survival
Bercerita tentang seorang Han Jung Rok, mantan atlet panah Korea yang mendadak pindah waktu ke zaman Joseon saat sedang bertugas sebagai mas-mas pengantar paket di daerah agak mblusuk Korea.

Di dalam mobil box merah yang ia kendarai, ada adik perempuannya, mantan pacarnya, tunangan mantannya, orang SPBU dan seorang polisi lokal.

Mereka semua berjuang tetap hidup di masa Joseon yang keras. Bertemu banyak kejadian yang  sudah tertulis di buku sejarah ternyata tidak mudah.

Jalan cerita Joseon Survival ini sebenarnya bagus walaupun di Korea sana masuk worst drama.

Bukan cuma itu nasib buruk Joseon Survival, saat di episode 10, pemeran utamanya tersangkut kasus kriminal sehingga harus berganti aktor. Dan akhirnya setelah episode 10 itu Joseon Survival ga ada subtitel bahasa Indonesia sama sekali. Nggantung deh saya nontonnya.

7. Faith - Great Doctor (2012, 24 episode)
Faith Great Doctor
Nah kalau yang ini meski ratingnya di Korea bagus, saya sendiri justru kurang suka. Tapi bukan karena minus gaun-gaun indah seperti drama sageuk pada umumnya dan jarang ada skinship lho 😁. Cuma, in my personal opinion, akting Lee Min Ho di sini kurang mantap. Alur lambat dan pengambilan gambar yang kurang gimana dibanding drakor lainnya (maapkan aku ya PDnim) sungguh bikin boring di 13 episode pertama.

Inti kisahnya bercerita tentang dokter bedah plastik cantik abad 21 bernama Yoo Eun Soo diculik oleh Choe Yong, seorang Jenderal dari periode Goryeo. Alasannya karena Ratu Goryeo terkena sabetan pedang dan tabib kerajaan tidak bisa mengobati dan ia bilang kalau yang bisa mengobati hanya tabib langit.

Lewat sebuah portal yang orang Goryeo sebut gerbang langit itulah perjalanan Eun Soo dimulai di era Raja Gongmin. Kemampuan hebatnya sebagai dokter bedah membuatnya cepat dikenal seantero Goryeo bahkan hingga ke Yuan. Bukan cuma faktor tersebut, Eun Soo juga diperebutkan beberapa pihak karena dianggap bisa meramal masa depan.

Eun Soo pun berulang kali hampir kehilangan nyawanya.  Tapi dibalik segala cobaan dan ujian ((eleuh lebay)) akhirnya Eun Soo ga mau pulang. Yah gimana, terlanjur jatuh cinta dengan si Jenderal tampan sih. Duuh, kalau Lee Min Ho yang jadi jenderal ya siapa juga yang nolak. Haha.

8. Live Up To Your Name/ Deserve Your Name/ Dr. Heo Im (2017, 16 episode)
Live Up To Your Name
Serial pertama penanda comeback-nya Ahjussi Kim Nam Gil ini super kocak. Kisahnya tentang Heo Im, ahli akupuntur era Joseon yang bertemu dengan dokter bedah jantung Yeon Kyung di Seoul.

Sedikit mirip dengan Queen In Hyun's Man, Heo Im bisa berpindah waktu di saat nyawanya di ujung tanduk dan itu berkat tempat jarum akupuntur ajaib. Tapi tempat jarum tersebut bukan tanpa alasan memindahkan Heo Im berulang kali dari masa Joseon ke masa depan atau sebaliknya. Tujuannya adalah supaya Heo Im ingat motivasinya belajar akupuntur yaitu untuk membantu kesembuhan orang-orang.

Kenapa di masa depan ia bertemu Yeon Kyung pun semua ada alasannya. Dan tanpa ia tahu, ia bukanlah orang pertama yang pernah ke masa modern disebabkan si tempat jarum ajaib.

Serial ini betul-betul apik dan diramu dengan detail meski menggabungkan genre fantasi-medis-romantis-komedi. Kita ga bakalan merasa bosan karena tiap episodenya selalu ada mimik muka Heo Im yang menggelikan. Bahkan saya merasa 'teracuni' ngakak-nya Kim Nam Gil.

Dokter Yeon Kyung yang diperankan Kim Ah Joong juga bisa pas banget berakting sebagai ahli bedah jantung yang ternyata punya masa lalu pahit. Chemistri keduanya pun terasa nyata. Duh bikin baper lah.

9. Mr. Queen/ Queen Cheorin (2020, 20 episode)
Mr Queen
Drama ini sangat fenomenal dan mencetak rating yang tinggi setiap penayangannya. Sempat menuai kontroversi juga karena dianggap melenceng jauh dari sejarah aslinya dan menampilkan citra buruk tokoh-tokohnya.

Jadi kisah dimulai dari zaman modern, Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) adalah seorang koki yang bekerja di Blue House. Karakter Jang Bong-hwan ini orangnya sombong dan playboy banget.

Karena sebuah insiden ia terjatuh ke kolam renang dan ketika bangun dia menemukan dirinya dalam tubuh seorang perempuan yaitu Ratu Cheorin (Shin Hye-sun) pada periode Joseon. Kelakuan Ratu Cheorin yang 'kerasukan' jiwa Jang Bong-hwan pun jadi slengekan parah. Amit-amit jabang bayi pokoknya bikin ngakak.

Nah, suami Ratu Cheorin dalam drama ini bernama Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun) dan ia disebut raja boneka karena yang memerintah di balik layar sebenarnya adalah Ratu Sunwon beserta Kim Jwa-Geun (adiknya Ratu Sunwon).

Namun rupanya Raja Cheoljong tidak seperti yang terlihat dari luar yaitu tampak bodoh. Dan meski pada awalnya Cheoljong sama sekali tidak tertarik pada Queen Cheorin, tapi semenjak dirasuki Jang Bong-hwan, perilaku Ratu yang aneh bin ajaib dan tidak lazim di zaman Joseon malah membuat sang Raja mulai menyukai istrinya.

*List ini akan terus diperbaharui berdasarkan pengalaman menonton dan penilaian subjektif 

duniaqtoy

21 comments for "Daftar Drama Korea Bertema Sageuk Time Travel"

  1. Yang sudah kononton baru Rooftop prince. Menonton film korea memang sangat menghibur dan menyegarkan mata hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus rooftop prince, ada sedih dan ada lucunya juga

      Delete
  2. Kalau Mr. Sunshine 2018 termasuk saeguk ga ya kak ? , Itu salah satu kdrama favorit saya hihi. Dari cast sampai kisahnya bener-bener daebak

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nonton semua. Tapi aku juga suka latar belakang klasik. Apa lagi jika konfliknya cukup pelik dan unik

    ReplyDelete
  4. Wah, lengkap referensinya ya,kak. Saya belum pernah nonton semua film yang ada di daftar ini. hehe.

    ReplyDelete
  5. Hahaha klo baca drakor atau ngikutin filmnya ..aku orangnya ga sabaran bisa nonton cd awal dan akhir aja males males gitu untuk ngikutin

    ReplyDelete
  6. Aku pernah nonton film korea yang ada time slip nya cerita dokter cewek jaman sekarang bertemu tabib jaman dulu. Setiap salah satu meninggal pasti akan balik ke jaman yang berlawanan. Tapi aku lupa judulnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Live up to your name ya? Aku baru mau nonton nih

      Delete
  7. Belum pernah nonton semuanya..tapi bakal aku save buat referensi siapa tau ada yg butuh tontonan film korea versi time slip kerajaan. Tfs mba qtoy

    ReplyDelete
  8. Hahaha aku sebenarnya paling kesel kalau nonton drama saeguk. Karena biasanya panjang dan konfliknya yang sukar dimengerti. Makanya sering aku abaikan. Tapi lihat daftar ini kok jadi tertarik ya. Ternyata konfliknya dan temanya macem2 euy! Saved!

    ReplyDelete
  9. Baru nonton nomor 4 dan berkesan banget
    Dr Jin baru nonton 1 episode udah berhenti, serem sih 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang paling bikin terharu dan pengen segera ada sekuelnya

      Delete
  10. Duduudud~
    Aku juga suka yang bertema Time Traveller kaya gini...hanya kekurangannya, kita jadi susah menerka-nerka, kira-kira bakalan dikasih ending seperti apa sama si writer-nim terzheyeeng~

    Paling TOP yaa...Moon Lovers.
    Sepanjang masa ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah yang menarik kalo buat aku jd ga ketebak endingnya. MoonLovers memangciamik

      Delete
  11. Semua list di atas belum pernah saya nonton sampai tuntas
    Kadang bosan melanda di tengah jalan kalau ga suka ceritanya

    ReplyDelete
  12. Habis nonton tuh langsung kebayang bayang seperti apa ya aku di masa lalu atau masa depan

    ReplyDelete
  13. Wah banyak ya dgn tema ini.
    Aku baru nonton rooftop prince aja..

    ReplyDelete
  14. waah sayangnya sekarang aku uda say good bye sama nonton drama hehehe
    padahal list filmnya banyak yg seru-seru.



    PS
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    ReplyDelete
  15. Drama korea memang seru-seru, dan banyak yang suka pastinya karena artisnya ganteng2 dan cantik2...

    ReplyDelete