Mengenal 3 Faktor Penyebab Penebalan Dinding Rahim



Pada awal siklus menstruasi tubuh memang akan memproduksi hormon esterogen yang digunakan untuk memicu terjadinya penebalan dinding rahim, hal ini sebenarnya normal, ketika dinding rahim tebal maka siap digunakan sebagai tempat menempelnya zigot yang nantinya akan dipakai sebagai tempat tumbuhnya janin hingga menjadi bayi dan lahir ke dunia. Namun ada kondisi dimana penebalan dinding rahim ini tidak normal, sehingga menyebabkan pendarahan yang keluar tidak normal selama haid berlangsung.

Penyebab dari penebalan dinding rahim ini sendiri juga sangat beragam, diantaranya adalah:

  1. Obesitas, makanan penyebab penebalan dinding rahim bisa dari makanan berlemak, kaya akan kandungan gula dan sejenisnya karena memang beresiko sebabkan obesitas, mereka yang kelebihan berat badan nantinya lebih mudah untuk terkena penebalan dinding rahim.
  2. Pemakaian obat-obatan tertentu, ada beberapa jenis obat yang memang pada dasarnya mempengaruhi produksi dari hormon esterogen, hal inilah yang menyebabkan esterogen diproduksi secara berlebihan jadi dinding rahim yang tumbuh juga lebih tebal.
  3. Terkena sindrom ovarium polikistik atau PCOS, sindom ini membuat banyak kista kecil yang tumbuh di dalam ovarium, kista ini tidak berbahaya karena hanya kantong-kantong kecil yang berisi cairan di dalamnya. Ini juga bisa mempengaruhi penebalan dari dinding rahim.
Jika sudah mengalami kondisi semacam ini maka dianjurkan bagi Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan langkah penanganan yang lebih serius, karena bagaimanapun antinya akan mempengaruhi kesuburan. Saat tengah haid atau menstruasi juga ada banyak sekali hal-hal yang patut untuk Anda perhatikan, seperti asupan makanan, aktivitas atau olahraga yang dilakukan sampai dengan pemakaian pembalut.

Sepele namun ternyata penggunaan pembalut ini juga sangat penting karena mempengaruhi kesehatan organ reproduksi Anda. Dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan pembalut yang aman dan sudah teruji secara klinis. Cek nama-nama pembalut yang aman, apakah diantaranya ada yang Anda pakai, jika tidak ganti dengan yang sudah terbukti aman seperti Laurier.

0 Response to "Mengenal 3 Faktor Penyebab Penebalan Dinding Rahim"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya