Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Isi Hantaran Seserahan Lamaran?

seserahan untuk lamaran

Apakah kamu sedang mencari apa saja isi hantaran lamaran?

Wah kamu menemukan blogpost yang tepat di sini.

Betewe, saat lamaran memang biasanya pihak pelamar akan datang beserta keluarga. Tentunya ga tangan kosong ya datangnya, tapi ada barang-barang yang dibawa oleh rombongan pelamar.

Seserahan dalam lamaran adalah simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kebutuhan wanita yang dipinangnya. Pada umumnya, di dunia pe-lamar-an (apasih istilahnya), orang tidak menyebut barang-barang yang dibawa itu sebagai parcel lamaran, tapi disebut sebagai hantaran seserahan atau (cukup) seserahan.

Nah, buat teman-teman penasaran harus membawa hantaran apa saja, mari disimak di bawah ini:

1. Perlengkapan Ibadah
Sebagai negara yang memiliki sila pertama 'Ketuhanan Yang Maha Esa', first thing yang harus masuk ke dalam paket seserahan adalah perlengkapan ibadah. Tentu soal isinya harus disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh calon mempelai.

Misalnya untuk pasangan Muslim, biasanya hantaran akan berisi mukena, sajadah, AlQuran, dan tasbih. Sedangkan pasangan Kristiani berisi alkitab, rosario dan patung Yesus atau Bunda Maria.

Untuk hantaran berisi mukena dan sajadah, bila ingin dibentuk menjadi objek 3 dimensi, umumnya akan dibuat bentuk masjid beserta kubahnya. Tapi ga tertutup kalau ingin dikreasikan bentuk lain loh.
isi seserahan perlengkapan sholat
contoh seserahan alat ibadah (sumber: Hipwee)
2. Peralatan Mandi atau Perawatan Tubuh
Paket seserahan ini biasanya terdiri dari peralatan mandi yang dipakai oleh calon pengantin perempuan. Mulai dari sabun mandi, shampoo, pasta gigi, handuk dan aneka produk perawatan tubuh dan rambut lainnya.

Untuk lebih detailnya tentang seserahan perlengkapan seserahan mandi silahkan meluncur ke link ini.

3. Peralatan Rias/ Makeup/ Skincare
isi seserahan makeup
Wanita tak akan pernah lepas dari alat rias, oleh karena itu seserahan ini sangat penting. Soal isi dan mereknya lebih baik serahkan saja kepada si pemakai alias calon pengantin perempuannya. Karena bagian ini akan cukup menguras kocek, usahakan membeli peralatan rias di saat ada promo atau diskon.

4. Pakaian Dalam
Urusan 'jeroan' alias pakaian dalam wanita sebenarnya bukan ketrampilan pria untuk membelikan apalagi memilihkan (walaupun nanti yang menikmatinya ya pihak pria-nya 😁). Maka dari itu umumnya isi seserahan pakaian dalam sudah disiapkan oleh pihak wanita yang dilamar.

Tak harus berupa pakaian dalam berupa set underwear juga sih, tapi bisa juga diganti piyama atau baju tidur.

5. Pakaian Kerja/ Pakaian Pesta/ Pakaian Casual
Jika si pihak mempelai wanita masih bekerja (memakai non seragam) dan merencanakan tetap bekerja setelah pernikahan, kamu bisa memasukkan pakaian kerja ke dalam daftar seserahan.

Pilihan lainnya bisa juga memberikan pakaian pesta atau setelan casual, semua itu berdasar kesepakatan masing-masing.

6. Buah-Buahan/ Makanan Tradisional
Tak lupa pula selain barang sehari-hari, dalam paket seserahan biasanya ada makanan dan buah-buahan yang dibawa pihak pelamar. Makanan ini disesuaikan dengan budaya dan adat yang berlaku. Bila menganut seserahan lamaran Jawa, misalnya di daerah Jawa Tengah biasanya ada setampah jajanan pasar dan makanan manis berupa jenang.

7. Perhiasan
isi seserahan perhiasan

Khusus perhiasan, ada yang memasukkan ke hantaran seserahan, namun ada pula yang membawanya saat prosesi ijab kabul akan dilaksanakan. Lazimnya pihak pria akan memberikan satu set perhiasan dari anting, gelang, kalung dan cincin dan akan dianggap sebagai mas kawin.

Nah itulah dia isi dari hantaran pengantin yang dapat kamu beli untuk calon pengantinmu.

Semoga bermanfaat!Tapi ada pula yang memberikannya secara terpisah (bukan mas kawin).

Post a Comment for "Apa Saja Isi Hantaran Seserahan Lamaran?"