Film-Film Tentang Wabah Virus Mematikan (Non Zombie)


Tahun 2020 ini, belum lagi beranjak ke bulan Februari, kita sudah dihebohkan dengan pemberitaan yang membuat ketar-ketir. Ya, apalagi kalau bukan tentang coronavirus.

Gimana ngga was-was, korban meninggal akibat wabah virus corona di China sudah mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi. Itulah pernyataan dari pemerintah China per 27 Januari 2020.

Virus Corona diyakini berasal Wuhan, yaitu dari kelelawar dan menginfeksi manusia melalui kontak langsung hewan ke manusia. Kemungkinan besar (meski belum 100% terkonfirmasi) karena gaya hidup masyarakat Wuhan yang gemar menyantap kuliner ekstrem. Di sana terdapat Pasar Seafood Huanan, lokasi yang diyakini menjadi titik pertama penyebaran virus corona, di mana tidak hanya menjual hasil laut tapi juga hewan liar. 

Otoritas Tiongkok yang berpusat di Beijing sebenernya sudah bergerak cepat melakukan langkah pencegahan setelah virus pertama kali tercatat ditemukan di Wuhan, ibu kota Hubei. Namun penyebarannya ternyata luar biasa pesat.

Selain di China, patogen dengan kode 2019-nCov tersebut telah menyebar ke 12 negara. Antara lain Jepang, Vietnam, Perancis, bahkan hingga AS. Sebagian besar yang terjangkit memang pernah berkunjung ke Wuhan. Namun ada pula yang setelah kontak langsung dengan orang yang baru kembali dari Wuhan.

Sekarang, akses menuju dan dari Wuhan dan belasan kota di sekitarnya juga ditutup. Tidak boleh ada yang masuk atau keluar blokade pihak berwenang kecuali tenaga medis yang diperintahkan.

Jujur ya, secara kemanusiaan, menyaksikan dari media sosial tentang Wuhan yang terisolir sebenarnya menyayat hati. Di sana bukan cuma penduduk asli yang ga bisa keluar kota, tapi juga banyak warga negara asing termasuk warga negara Indonesia. Pasti keluarganya di sini merasa khawatir kan.

Outbreak seperti ini selalu membuat saya teringat film-film tentang wabah virus mematikan yang pernah beredar di televisi, seperti World War Z dan 28 days later. Eh tapi itu kan film tentang zombie ya. Ya agak mirip sih soal virusnya.

Ya baiklah, ada judul apa aja sih tentang wabah virus mematikan (non zombie) yang bisa kita saksikan film:

1. The Flu (2013)

The Flu disutradarai oleh Kim Sung Su. Bercerita tentang wabah virus H5N1 yang mematikan yang membunuh para korbannya dalam waktu 36 jam.

Film dimulai dengan sekelompok imigran gelap yang diselundupkan ke wilayah Bundang Korea Selatan. Seperti imigran gelap dalam dunia nyata, mereka ditempatkan di dalam sebuah kontainer.

Byung Ki (Lee Hee Joon) dan Byung Woo (Lee Sang Yeob) adalah kakak beradik yg berencana membebaskan para imigran tersebut untuk mereka transaksikan. Akan tetapi, semua imigran ternyata mati mengenaskan kecuali satu orang yang dapat kabur. Tanpa Byung Ki dan Byung Woo tahu, orang tersebut juga teinfeksi wabah penyakit yang mematikan.

Tak lama setelah berurusan dg para imigran tersebut, Byung Woo terkena flu parah hingga meninggal dunia. Dan penduduk kota Bundang juga satu persatu berjatuhan. Virus tersebut kini telah menular dari satu orang ke orang lain dalam waktu singkat.

Sementara itu, Kang Ji Koo (Jang Hyuk) adalah seorang pemadam kebakaran yang biasa melakukan penyelamatan bersama dengan sahabatnya Bae Kyung Ub (Yoo Ha Jin). Ji Koo bertemu dengan Kim In Hae (Soo Ae) seorang dokter dan mempunyai seorang putri bernama Kim Mi Reu (Park Min Ha).

Ketika virus semakin menyebar dan menimbulkan kekacauan, In Hae yang seorang dokter berusaha menemukan obatnya bersama dengan dokter lainnya. Namun tanpa In Hae sadari putrinya sendiri juga telah tertular virus tersebut.

Buhan pun diisolir oleh pemerintah hingga terjadi kekacauan. Namun karena dianggap tidak ada solusi obat, pemerintah Korea Selatan yang ditekan Amerika ingin memusnahkan seluruh penduduk Bundang. Tak ingin mati, In Hae dan Ji Koo harus berpacu dengan waktu untuk melarikan diri.

2. Contagion (2011)


Contagion adalah film thriller Amerika. Disutradarai oleh Steven Soderbergh dan para pemerannya melibatkan aktor dan aktris ternama yaitu Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle.

Kisah dimulai dari Beth Emhoff yang baru pulang dari Hongkong dan tewas beberapa hari kemudian. Tak lama kemudian anak Beth juga meninggal. Penyelidikan dimulai namun virus sudah terlanjut menyebar.

Contagion terinspirasi wabah SARS 2003 dan pandemi flu 2009. Menjadikannya mirip dengan situasi Corona virus yang sekarang kita hadapi.

3. Deranged (2012)

Deranged adalah film thriller fiksi ilmiah buatan Korea Selatan yang dibintangi Kim Myung-min, Kim Dong-wan, Moon Jung-hee dan Lee Ha-nui. Ini adalah film thriller medis pertama Korea tentang epidemi penyakit menular. Film ini disutradarai oleh Park Jung-woo.

Film ini menceritakan tentang Jae-Hyeok (Kim Myeong-Min), mantan professor yang kehilangan seluruh uangnya dalam permainan saham dan harus bekerja sebagai sales obat-obatan. Suatu ketika, muncul suatu keanehan penemuan sesosok mayat di tepian sungai Han.

Dari hari ke hari penemuan mayat yang mengambang di sungai makin banyak. Yeon Joo, adik ipar Jae-Hyeok yang bekerja di Institut Kesehatan Nasional mengungkapkan penyebabnya. Yaitu semacam cacing parasit telah menyerang manusia. Parasit “Yeongasi” ini membuat orang yang terinfeksi menjadi gila terhadap air seperti haus terus menerus. Kegilaan bahkan membuat mereka tidak takut melompat ke dalam air dan mati.

4. Carriers (2009)
Carriers disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Bercerita tentang kakak beradik Danny dan Brian berusaha menyelamatkan diri dari ancaman virus flu mematikan yang menyerang negeri. Tidak hanya berdua, mereka mengajak 2 anak muda lain, Bobby, dan Kate. Tujuan mereka mencoba menuju sebuah pantai yang jadi tempat liburan favorit Danny & Brian semasa kecil dulu. Disana mereka berniat mengurung diri disebuah penginapan yang telah lama kosong hingga wabah virus berakhir.

Saat pelarian mereka menghadapi situasi yang mencekam dan menguji rasa kemanusiaan. Semunya makin kacau saat salah satu dari mereka terinfeksi.

5. Outbreak (1995)

Outbreak berkisah tentang sebuah virus bernama Motaba, strain dari Ebola dengan tingkat yang jauh mematikan. Motaba tersebut menyebar di kota California Amerika Serikat yang dibawa oleh monyet yang diselundupkan dari Afrika.

Monyet tersebut rencananya akan dijual ke pasar gelap di Cedar Creek oleh James "Jimbo" Scott, seorang karyawan di fasilitas penangkaran hewan Bio-Test, dengan cara menyuap seorang penjaga keamanan. Tapi usahanya sia-sia karena tidak ada yang mau membeli monyet itu.

Nahasnya, tanpa disadari selama di perjalanan dia telah terinfeksi virus Motaba melalui kontak muka dengan air liur monyet. Dan karena tidak berhasil menjual monyet tersebut, dia melepasnya ke hutan.

Saat dia kembali ke rumahnya di Boston, dia mulai menunjukkan tanda-tanda terinfeksi. Dia pun menularkan penyakitnya kepada orang-orang di sekitarnya lewat sentuhan fisik. Jimbo kemudian diperiksa di rumah sakit. Tapi karena kecerobohan perawat, virus tersebut justru bermutasi menjadi virus baru dan menyebar seperti flu burung.

Kemudian banyak warga Cedar Creek terinfeksi dan keadaan darurat militer diumumkan. Angkatan Darat AS pun mengkarantina kota itu dan mencoba menghentikan virus tersebut.

👀👀👀

Jika sobat duniaqtoy pernah menyaksikan salah satu (malah mungkin sudah semua) film pandemi virus di atas, pasti setuju bahwa adegan ketika virus mulai menyebar menjadi momok mengerikan. Karena biasanya kita akan membayangkan jika hal tersebut terjadi beneran di dunia nyata. Meski kenyataannya justru film-film itu terinspirasi dari kejadian nyata. Tapi memang, untuk mengkarantina sebuah kota sangat jarang terjadi, seperti yang kini dihadapi penduduk kota Wuhan.

Sekarang, orang awam seperti kita, apa lagi yang bisa dilakukan selain berdoa dan menjaga gaya hidup. Mulai dari yang sederhana yuk, yaitu jangan lupa mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik setiap kali bepergian, setelah kontak dengan orang lain dan akan makan.

Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan bila perlu minum suplemen.

Semoga kita semua tetap sehat ya. Aamiin.

💗💗💗
---. 

5 Responses to "Film-Film Tentang Wabah Virus Mematikan (Non Zombie)"

  1. saya lebih sukak film perang atau berbau dokumenter. Tapi ini menarik juga

    ReplyDelete
  2. Jadi inget Kingdom nya Ju Ji Hoon, ngga mirip virus sih, tapi siapa yang digigit akan mengigit lagi , begitu terus hingga seluruh kerajaan terjangkit

    ReplyDelete
  3. selain film, banyak juga game-game soal virus ini. paling terkenal Resident Evil, di mana virua ternyata buatan manusia yang hendak dijadikan senjata biologis. ��

    ReplyDelete
  4. Nonton film tentang virus bisa sekalian belajar tentang sifat virus secara umum dan kebijakan suatu wilayah menyikapi kondisi masyarakat yang terpapar virus.

    ReplyDelete
  5. ngeri2 yaa kalau udah cerita tentang virus mematikan, aku belum pernah nonton semua, cuma pernah film train to busan yang nontonnya juga sering tutup muka wkwk

    ReplyDelete
Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel