5 Benefit Menjadi Seorang Blogger ala Duniaqtoy


Sekarang, udah jarang banget teman-teman semasa sekolah atau kuliah yang nanya "kamu sekarang kerja di mana Un".

Ya, rata-rata mereka udah tau kegiatan saya sekarang. Apalagi kalau bukan seorang kapiten mom blogger.

Ah jadi pengen mengingat, kapan sih ya pertama kalinya nulis di blog. Tenyata setelah mengobok-ngobok daftar post yang sudah dipublikasikan, tulisan pertama DuniaQtoy adalah tentang seserahan pernikahan di tahun 2011. Uwuwuw, kayaknya waktu itu nulis demi mengurangi rasa deg-degan menghadapi hari H 😄.

Setelah itu menulis di blog go with the flow aja. Sempat target pengen menghasilkan duit dari adsense, tapi ternyata susaaah banget ya, hahaha. Patah hati deh jadinya!

Ah tapi ga kelamaan sih patah hatinya, sekarang udah nyaman tetap lanjut ngeblog. Karena selain bisa dikerjakan di mana aja (terutama di rumah), jadi blogger itu bisa merasakan beberapa benefit lho.

5 Benefit Menjadi Blogger a la Duniaqtoy

1. Dapat Mencicipi Kuliner Baru atau Mencoba Produk Baru
cobain menu baru, berkesempatan seseruan dan testing produk baru

Ini alasan paling utama, apalagi buat tukang makan ((buka aib 😅)). Dulu ngerasain banget isi atm cepet habis gara-gara bela-belain berburu kuliner baru.

Semenjak jadi blogger dan sering dapat kesempatan mencicipi kuliner baru yang diluncurkan suatu gerai makanan atau sebuah restaurant, saya jadi belajar menahan diri. Ya kali aja dapet undangan kan, hehe.

Ga cuma makanan aja, bahkan blogger juga sering menerima produk sebagai bentuk kerjasama. Entah itu dalam bentuk goodiebag setelah sebuah acara atau tester yang dikirimkan ke alamat rumah.

2. Berkesempatan Menginap di Hotel Impian

Dulu waktu awal-awal jadi blogger, saya punya impian konyol, yaitu pengen bisa masuk ke semua hotel yang ada di Semarang. Sebuah cita-cita yang aneh bukan 😁. Tujuannya cuma pengen tahu kayak gimana dalemannya hotel dan gimana perbedaan rasa makanan tiap hotel (ujung-ujungnya soal makanan lagi).

Kesampaian dong cita-cita itu karena kebanyakan event yang mengundang media dan blogger memang diselenggarakan di hotel. Eh ga cuma itu saja, beberapa kali juga saya dan teman-teman blogger dapat voucher menginap gratis hasil menang doorprize ataupun kuis di acara tersebut. Asyik dong jadi bisa staycation bareng keluarga.

3. Ketemu Artis, Menteri bahkan Presiden

Makanan udah, nginep gratis di hotel juga udah. Selanjutnya yang bikin happy as blogger adalah jadi berkesempatan ketemu artis, para menteri dan bahkan presiden. Sayangnya yang pernah satu frame bareng Pak Jokowi tuh teman-teman blogger Semarang, tapi saya belum sih 😭. Pernahnya cuma foto sebelahan sama Bu Rini Soemarno yang dulu menjabat sebagai Menteri BUMN dan beberapa artis yang mampir ke Semarang.

4. Belajar Banyak Ilmu & Hal Baru

Belajar hal baru dan menambah ilmu juga merupakan sebuah privilege sebagai blogger. Pernah diajarin membuat shibori, belajar ilmu parenting bersama pakarnya, melihat proses pembuatan produk kecantikan, belajar GERMAS bersama instansi kesehatan, belajar ilmu keuangan dan investasi, dan masih buanyak lagi ilmu lainnya.

5. Memperluas Pergaulan dan Menambah Teman

Dan yang terakhir, keuntungan menjadi blogger adalah jadi mengenal lebih banyak orang yang punya minat serupa. Eh tapi ini ga otomatis juga sih alias harus gabung ke komunitas blogger.

Di Semarang ada beberapa komunitas blogger, tapi yang benar-benar aktif ga banyak. Salah satu komunitas blogger yang aktif banget adalah Gandjel Rel. Gandjel Rel digawangi oleh 5 perempuan, yaitu Rahmi Aziza, Dewi Rieka, Uniek Kaswarganti, Wuri Nugraeni dan Lestari si Mbak Kantoran.

Meski namanya terinspirasi dari sebuah kue khas Semarang, tapi Gandjel Rel bukanlah komunitas kuliner seperti yang orang awam kira ketika mendengar nama Gandjel Rel disebut.

Bagi duniaqtoy, selama ini bergabung dengan Gandjel Rel bener-bener menambah banyak teman, relasi dan pergaulan baik. Bahkan benefit no 1 sampai no 4 yang ditulis di atas juga banyak dibuka jalannya oleh Gandjel Rel.


Di tahun 2020 ini Gandjel Rel sudah menginjak usia ke-5 tahun. Meski kalau dikonversi ke usia manusia setara dengan usia anak TK, tapi manfaat yang disebarkan komunitas blogger yang satu ini ga bisa dianggap remeh loh. Misalnya sudah beberapa kali Gandjel Rel menghiasi laman koran,  diundang sebagai narasumber di Radio, bahkan juga foundernya pernah nongol di televisi.

Last but not least, selamat Ulang Tahun ke-5 untuk Gandjel Rel, semoga tetap bermanfaat bagi banyak orang dan makin menginspirasi kami para blogger untuk terus berkarya 🎉. 

2 Responses to "5 Benefit Menjadi Seorang Blogger ala Duniaqtoy"

  1. Hore. Selamat ulang tahun Gandjel Rel. Dan karena bergabung dengan Gandjel Rel maka aku pun bisa kenal Mbak Untari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga jadi kenal si cabe rawit dari kendal yang jago nulis

      Delete
Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel