Persiapan Dan Hal – Hal Yang Di Perlukan Sebelum Membuka Bengkel Umum





Halo sahabat DuniaQtoy, berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai persiapan sebelum membuka bengkel yang baik dan benar apalagi saat ini di Indonesia banyak sekali orang-orang yang membuka jasa bengkel motor maupun mobil. 

Dari sekian penduduk di Indonesia, pekerjaan menjadi montir di bengkel adalah pekerjaan yang paling banyak di minati oleh sebagian besar orang terlebih orang-orang tamatan dari STM dan juga anak kuliah yang mengambil jurusan teknik permesinan.

Bengkel sendiri merupakan tempat untuk perbaikan kendaraan otomotif seperti mobil dan motor. Keuntungan yang di dapatkan juga cukup besar jika bengkel sudah di kenal profesional baik dari segi barang-barang yang dijual dan juga para montirnya yang sudah ahli di bidang bongkar tutup mesin. 

Dalam menjalani usaha buka bengkel, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan dengan baik terlebih persiapan seperti pengalaman atau sumber daya manusia, jenis bengkel, kemudian produk yang di jual di bengkel serta harganya sendiri. Untuk itu saya akan mengulas beberapa informasi persiapan sebelum membuka sebuah bengkel yang  menguntungkan.

Persiapan Membuka Bengkel

  • Lokasi yang strategis

Pertama adalah mengenai lokasi sendiri, untuk masalah lokasi sendiri tentu harus menjadi pertimbangan yang benar-benar baik dari setiap pemilik bengkel nantinya. Lokasi menjadi bagian penting yang harus di pikirkan. Lokasi bengkel yang strategis tentu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan lokasi bengkel yang sama sekali tidak strategis. Lokasi bengkel yang strategis itu seperti apa ? Misalnya lokasi dekat dengan jalan raya, lokasi dekat dengan keramaian orang-orang, mudah di jangkau, berada di tengah-tengah ( Tidak terlalu jauh ), dan juga mudah di akses. Lokasi ini penting sekali dan menjadi salah satu jawaban keuntungan yang bisa kalian dapatkan.

  • Produk apa saja yang dijual

Yang kedua adalah mengenai produk, di dalam bengkel tentu juga kalian harus menjual produk tertentu yang bisa memfasilitas orang-orang yang hendak memperbaiki mobil atau motor mereka, pastikan produk yang dijual bukan produk palsu atau bajakan. Jika ada keterbatasan produk, lebih baik jangan di paksakan untuk ada. Oper ke penyedia produk yang resmi sesuai dengan merek mobil dan motor tersebut.

  • Jenis bengkel

Kemudian yang berikutnya adalah jenis bengkel, jenis bengkel menjadi pertimbangan sendiri sesuai dengan keahlian kalian, misalnya kalian ahli di bidang kendaraan bermotor maka bisa membuka bengkel motor, jika ahli di bidang kendaraan mobil maka bisa membuka mobil, Jika hanya ahli satu maka bisa memperkejakan orang untuk menjadi montir mobil. Kemudian masuk ke jenis bengkel, Bengkel umum atau bengkel khusus. Umum biasanya bisa menangani semua jenis merek kendaraan dan kalau khusus hanya beberapa saja.

  • SDM ( Sumber daya manusia )

Yang paling penting dari sebuah bengkel adalah montir atau tenaganya, semakin banyak tenaga yang profesional di dalam bengkel maka semakin banyak juga orang-orang yang percaya dengan kinerja kalian. Dengan begitu bengkel akan ramai dan sukses dalam waktu yang lama. 


Tips Supaya Bengkel Ramai

  • Lakukan service maksimal
Yang pertama adalah dengan melakukan service maksimal, maksud dari service maksimal disini adalah dengan memberikan service yang benar-benar bagus, jika masih kurang bisa di tambah dengan adanya garansi service gratis. Ini perlu dilakukan untuk mendapatkan banyak pelanggan.
  • Layani dengan baik
Bengkel yang baik tentu juga akan melayani para pelanggannya dengan baik, untuk itu lakukan pelayanan yang baik terhadap para pelanggan yang ada di bengkel kalian.
  • Berikan harga yang pasti
Yang berikutnya masalah harga sendiri, banyak bengkel yang mematok harga tinggi sehingga membuat pelanggan menjadi kapok, kalau bisa berikan harga yang sewajarnya terlebih dahulu. Walaupun untungnya sedikit, paling tidak pelanggan mulai nyaman dengan bengkel kalian. Lakukan ini selama 6 bulan agar pelanggan juga bisa adaftasi dengan mudah.

Nah itulah beberapa tips dan persiapan sebelum membuka bengkel, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang berniat untuk membuka sebuah bengkel

0 Response to "Persiapan Dan Hal – Hal Yang Di Perlukan Sebelum Membuka Bengkel Umum"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel