Deretan Film Tentang Wabah Virus Zombie


Film tentang wabah virus zombie adalah salah satu film favorit duniaqtoy. Contohnya Walking Dead yang tayang di tv kabel. Eits, itu bukan film ding, tapi serial televisi.

Btw kenapa sih suka. Alasannya karena rasa suspense alias ketegangan yang dipancarkan film zombie itu berbeda dengan film horor/ misteri genre lainnya. Bahkan kadang saya membayangkan, bagaimana kalau kisah di film itu betulan terjadi di dunia nyata, kira-kira saya bakalan bisa lari kemana ya. Duh, serem deh ah.

Itu makanya, kalau di postingan lalu saya pernah menulis tentang daftar film tentang wabah mematikan non zombie (yang terinspirasi dari 2019-nCoV), maka kali ini jadi pengen menulis deretan film yang mengisahkan wabah virus zombie.

1. World War Z

World War Z adalah film tentang zombie terbaik, itu menurut saya. Dibintangi oleh mas Brad Pitt yang berperan sebagai mantan karyawan PBB bernama Gerry Lane.

Inti jalan ceritanya sebenarnya sederhana. Yaitu misi Gerry Lane dalam mencari solusi wabah zombie yang sudah banyak memakan korban.

Dengan tim ala kadarnya, ia pun berpindah-pindah negara untuk mengungkap awal mula wabah tersebut termasuk mencari patient zero supaya bisa membuat vaksin antivirus zombie.

Namun, bukannya ga ada halangan sama sekali. Baru di misi awal saja sudah kacau ga karuan. Gerry akhirnya bisa melihat kelemahan si virus, yaitu peka terhadap suara dan tidak mau menginfeksi manusia yang punya penyakit berat. Nah itulah yang coba dia gunakan untuk menghadapi para zombie.


2. 28 days later (2002)

28 Days Later bercerita tentang perjuangan hidup seorang kurir bernama Jim (diperankan Cillian Murphy), yang terbangun dari koma 28 hari setelah serangan zombie meluluhlantakkan Inggris.

Ketika terbangun Jim super bingung. Seisi kota benar-benar hening tanpa penduduk. Ia sempat berteriak-teriak mencari pertolongan.

3. Train to Busan

Train to Busan mampu mengaduk-aduk perasaan penontonnya meski menurut saya ga spesial-spesial amat untuk kategori film zombie.

Berkisah tentang Seok-woo (Gong Yoo) dan putrinya yang berulangtahun pergi ke Busan dengan kereta untuk menemui istrinya. Namun, perjalanan itu berubah menjadi mimpi buruk kala mereka terjebak di tengah-tengah wabah zombie.

Zombie di sini berawal dari kebocoran sebuah pabrik kimia. Sangat cepat menyebar ketika seseorang digigit namun memiliki kelemahan terhadap gelap yaitu tidak bisa melihat target.

4. Resident Evil
Film ini diangkat dari sebuah permainan konsol. Dibintangi oleh Milla Jovoich yang berperan sebagai Alice, si wanita super yang selalu menang melawan para zombie. Usut punya usut, Alice ternyata hasil percobaan lab Umbrella. Nah, Umbrella di sini adalah tokoh atau tepatnya perusahaan antagonis penyebab wabah zombie bermula.

Resident Evil telah diproduksi dalam beberapa sekuel. Meski terkadang bikin kerut saya berkening karena kurang masuk akal, tapi Resident Evil lumayan banget untuk hiburan pecinta film zombie.

5. Patient Zero
Patient Zero bercerita tentang supervirus yang telah mengubah manusia menjadi pembunuh yang sangat cerdas dan ganas. Para penyintas dari manusia yang tersisa kemudian membentuk markas di bawah tanah dan berhasil menangkap seseorang yang ditandai sebagai Pasien Zero atau pasien pertama.

Harapannya pasien zero ini bisa membawa jawaban obat penyembuh atau jalan keluar bagi manusia. Namun ternyata hal tersebut tidak mudah karena yang terinfeksi memang lebih cerdas.

6. I am Legend
Will Smith berhasil memainkan emosi yang mendalam ketika berperan sebagai Robert Neville, seorang survivor yang hidup sendirian di New York. Kenapa ia bisa sendirian, jawabannya adalah karena semua orang sudah berubah jadi dark seeker karena terinfeksi virus yang membuat manusia bermutasi dan haus darah.

Robert bukan hanya survivor biasa karena darahnya memiliki zat kebal virus zombie. Sayangnya upayanya membuat obat untuk membalikkan kondisi manusia yang sudah bermutasi selalu saja gagal. Bahkan akhirnya ia harus kehilangan anjing yang selalu setia menemani.

Virus zombie di film ini bermula dari virus campak/ morbili yang dimodifikasi sebagai obat kanker oleh Dr. Alice Krippin. Memang pada awalnya virus 'obat' ini sukses menghancurkan sel kanker manusia dan semua pasien sembuh. Tapi 3 tahun kemudian, virus bermutasi mengubah pasien menjadi predator menyerupai zombie tanpa rambut, berkekuatan super, menghindari sinar matahari dan berburu di malam hari.

7. Dawn of the Dead
Dawn of the Dead adalah film horor Amerika 2004 yang disutradarai oleh Zack Snyder dalam debutnya sebagai sutradara film. Film ini remake dari sebuah film karya George A. Romero dengan nama sama yang rilis tahun 1978.

Mengisahkan seorang perawat bernama Ana yang terjebak dalam zombie apocalypse bersama beberapa orang. Suaminya juga menjadi korban setelah digigit tetangganya seorang anak kecil yang telah berubah menjadi zombie.

Pelarian Ana dan teman-temannya diwarnai pertikaian yang rumit dan membuat mereka satu persatu mati karena tergigit. Tujuan Ana adalah menuju pulau dengan harapan bisa bertahan di sana. Namun ternyata di pulau tersebut juga sudah dihuni para mayat hidup.

3 Responses to "Deretan Film Tentang Wabah Virus Zombie"

  1. wah ini kak, sepertinya bisa langsung download hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heem kak cari di situs berbagi film. Semuanya rekomended

      Delete
  2. Di antara sekian banyak film yang disebutkan di atas. Aku cuma pernah nonton film Train to Busan aja sih. Lebih suka nonton drama Korea soalnya. Hehehe.

    ReplyDelete
Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel