Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdamai Dengan Covid-19 dan Lokasi PCR Swab Test

Sedari awal berita tentang virus Corona menyeruak, saya sudah meningkatkan kewaspadaan. Mungkin karena sering menonton film tentang pandemi, waktu itu saya yakin virus yang awalnya ditemukan di Wuhan ini akan menjadi pandemi global. Dan sayangnya, kekhawatiran itu terbukti.

Indonesia pun menjadi salah satu negara yang cukup banyak mencatatkan korban. Baik jumlah pasien positif hingga ke jumlah korban meninggal. Bahkan hingga kini angkanya membuat kita masuk 10 besar negara dengan kasus Corona tertinggi.

Sedih banget rasanya dengan kondisi ini. Anak-anak jadi berhenti berangkat ke sekolah dan mengurangi kegiatan di luar rumah. Padahal di usia mereka sebenarnya masih membutuhkan banyak waktu bermain, bergerak dan menimba ilmu yang tidak terpaku di dalam rumah saja. Tapi ya gimana lagi, karena resikonya lebih besar dari manfaatnya jika dipaksakan sekolah konvensional, kami pun tidak bisa berbuat apa-apa.

Di sisi lain ada kondisi berbeda 180 derajat bagi para pekerja. Di rumah ini ayahnya si kecil justru tidak memungkinkan bekerja secara daring. Maka setiap hari kecuali hari Minggu, ia pun harus tetap mencari nafkah dengan resiko terpapar covid-19.

Meski was-was, tentunya saya tidak pernah lupa mengingatkan penerapan protokol kesehatan di manapun pak suami berada. Menggunakan masker dan rajin mencuci tangan/ membersihkan tangan dengan hand sanitizer adalah hal mendasar dan wajib di masa seperti ini.


Untunglah selama ini pak suami bekerja tidak pernah harus menggunakan moda transportasi udara atau transportasi darat yang mewajibkan membawa hasil rapid tes atau PCR Swab Test.

Namun bila diperlukan, saya merasa tenang karena sudah memiliki daftar fasilitas kesehatan yang bisa menyelenggarakan PCR Swab Test di Semarang atau di kota lain seperti PCR Swab Test Surabaya.

Eniwei, mungkin ada yang bertanya-tanya apakah artinya istilah PCR Swab Test. Jadi pemeriksaan Swab Test – PCR tak terpisahkan dalam metode tes untuk menegakkan diagnosis Covid-19

Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel). Swab dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus.

Adapun PCR adalah singkatan dari polymerase chain reaction. PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Dari uji ini akan didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2.

Nah, dibanding rapid test, pemeriksaan Swab Test PCR lebih akurat. Metode ini jugalah yang direkomendasikan WHO untuk mendeteksi Covid-19. Namun akurasi ini dibarengi dengan kerumitan proses dan harga alat yang lebih tinggi. Selain itu, proses untuk mengetahui hasilnya lebih lama ketimbang rapid test.

Oke, balik mengenai PCR Swab Test, kita dapat mengetahui mana saja rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang dapat dijadikan tujuan (juga beserta harga), yaitu hanya dengan mengakses Halodoc. Halodoc adalah sebuah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.



Di Halodoc penggunanya dapat membeli obat melalui aplikasi atau mengakses situs Halodoc. Kemudian obat tersebut akan diantarkan ke alamat pemesanan karena Halodoc bekerja sama dengan Gojek. Selain melayani pembelian obat secara online, pada platform Halodoc, penggunanya juga dapat berkonsultasi dengan dokter baik dokter umum maupun dokter spesialis. Chat ini dilakukan secara online jika merasa ada keluhan kesehatan.

Lanjut lagi, jika merasa kurang chat dengan dokter dan ingin mengunjungi rumah sakit, di Halodoc juga bisa membuat janji. Dan bahkan untuk cek lab serta update informasi seputar kesehatan, semua bisa di Halodoc!

Post a Comment for "Berdamai Dengan Covid-19 dan Lokasi PCR Swab Test"