Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Monetisasi Instagram Untuk Para Konten Kreator

Kabar baik bagi konten kreator di Instagram yang sejak lama menginginkan fitur resmi monetisasi pada media sosial yang satu ini. Karena setelah larangan wacana tersebut sejak beberapa tahun lalu akhirnya Instagram akhirnya mengujicobakannya secara serius di bulan Mei 2020. Dan sekarang akhirnya Instagram benar-benar bisa dimonetisasi layaknya Youtube dan Facebook.

Seperti menghasilkan uang dari Youtube dan Facebook, untuk memonetisasi Instagram juga dibutuhkan persyaratan tertentu. Pastinya hal ini diterapkan untuk menyaring siapa pengguna yang benar-benar layak diajak kerjasama menampilkan iklan atau iklan .

Lalu, pertanyaan penting dari kreator konten dengan fitur baru ini adalah berapa banyak yang akan diperoleh kreator konten? Dikutip dari The Verge, COO Instagram, Justin Osofsky mengatakan bahwa kreator konten akan mendapatkan sebanyak 55% dari pendapatan Iklan IGTV yang diperoleh. Nilai ini serupa dengan model pembagian pendapatan iklan yang ditawarkan oleh YouTube.

Buat kalian yang tertarik menghasilkan uang dari sistem monetisasi IG, coba dicermati dulu persyaratan di bawah ini ya.

INSTAGRAM MEMONETISASI SYARAT-SYARAT :

  • Akun Instagram harus diset publik
  • Akun Instagram harus dalam kondisi aktif
  • Akun Bisnis atau Akun Kreator bukan akun personal
  • Memiliki setidaknya 10.000 pengikut atau pengikut
  • Dalam 60 hari terakhir, harus ada total 1000 interaksi (gabungan suka dan komentar ) ATAU 100 jam waktu tonton pada video yang diunggah. Video juga harus asli karya sendiri / tidak terkena banned hak cipta pada unsurnya
  • Tidak ada riwayat konten
  • Negara asal harus Amerika Serikat.

Fitur Monetisasi Instagram Untuk Para Konten Kreator
Persyaratan Pengajuan Monetisasi Instagram Untuk Para Konten Kreator

Dari semua persyaratan di atas, sebenernya saya tidak terlampau sulit untuk ditembus. Ya dibandingkan harus lolos persyaratan monetisasi pada seniornya yaitu Youtube atau Facebook yang jauh lebih berat.

Namun ada satu syarat yang tidak bisa ditawar yaitu tentang negara asal Amerika Serikat, karena itu artinya selain penduduk atau domisili Amerika Serikat, kita tidak dapat mengajukan monetisasi. Wah sayang sekali ya.

Tapi jangan berkecil hati teman, siapa tahu di masa mendatang syarat negara ini akan diperluas dan Indonesia juga bisa merasakan gurihnya pendapatan dari Instagram.

Sambil menunggu hal tersebut, ga ada salahnya teman-teman tetap rajin berbagi hal positif di Instagram feed, stories maupun IGTV. Dan bagi akun bisnis atau konten kreator, teman-teman bisa mendapatkan tahap dengan menjual barang dan mengaktifkan fitur Instagram Shopping atau dengan cara konvensional yaitu menerima dukungan dari berbagai merek .

11 comments for "Fitur Monetisasi Instagram Untuk Para Konten Kreator"

  1. Betul ya..kalau penggunaan dan peminat dari negara kita banyak, tidak menutup kemungkinan negara asal bisa diperluas. Ga hanya wilayah AS saja tapi juga INA

    ReplyDelete
  2. Menarik juga perkembangan Instagram ini ya kakm kudu dipelajari juga nih kalau bisa monetize di Indonesia. Sekarang masih pusing mikirin algoritma nya hahaha

    ReplyDelete
  3. Waduh negara asalnya harus Amerika Serikat ya hehehe. Semoga deh some day berubah persyaratan negara itu.

    ReplyDelete
  4. makanya ada fitur monetized ya dalam akun Instagram yang bisnis ataupun content creator, nantinya bisa menghasilkan uang dari kegiatan like, comment dan share.

    ReplyDelete
  5. Negara asal harus Amerika Serikat. Wah berarti masih cukup panjang ya proses pengenalan monetasi Instagram ini. Masih ada banyak waktu untuk belajar bikin IGTV yang menarik dong ya.

    ReplyDelete
  6. Tentu hal ini bakal jadi kabar gembira dong, ya walau mungkin persyaratan nya sedikit ribet untuk menyaring siapa aja pengguna yang "Layak" memonetisasi instagram kita.
    Tapi ini jadi motivasi kita supaya menjadi konten kreator yang kreatif.

    ReplyDelete
  7. Kok amrik doank sih? Kmrn sempat liat menunya ad di notif ig aku...tapi nyari-nyari lagi eh lho kok ilang haha

    ReplyDelete
  8. huaaa tadinya sudah happy banget ada fitur monetisasi, cuma kok hadeeeeeeeeeh masih diskriminatif nih kok cuma buat US doang sih hiksss protes yukkk kita hehehe

    ReplyDelete
  9. Fiturnya masih baru banget ya musti dipelajari lagi, tapi sayang masih untuk negara AS. Semoga tidak menutup kemungkinan negara asal bisa diperluas lagi.

    ReplyDelete
  10. Baca persyaratan terakhir langsung yaaah, hihi tp dr follower aku msh jauh dari 10rb, penginnya sih organik agar ada engagement juga pastinya kalau bikin konten, krn kalau engagement ga sebanding dr follower rasanya jd beban tersendiri

    ReplyDelete
  11. Lha, cuma US aja. Hiks.. ah sudahlah, yang penting mah semangat. Semoga kita lancar terus job di instagram. Amin.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!