Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah Arti Ikon Monetisasi untuk YouTube Studio


Pesona Youtube masih cukup moncer untuk dijadikan ladang penghasilan. Meski platform media sosial lain (contohnya Facebook) juga memiliki fitur monetisasi, tapi kenyataannya masih banyak remaja bahkan anak-anak yang bercita-cita menjadi Youtuber. Mungkin kamu salah satunya?

Tak pelak memang, pembahasan mengenai Youtuber sukses dengan pendapatan fantastis menjadi magnet. Misalnya nih, Baim Wong dan Paula Verhoeven disebut-sebut bisa mengantongi ratusan juta rupiah per bulannya. Apalagi video yang mereka unggah selalu mendapat views yang tinggi.

TAPI.....dalam praktek di lapangan, menghasilkan cuan dari Youtube itu bisa dibilang susah-susah gampang. Setidaknya gitu sih pengalaman saya, hahaha.

Nah bagi yang sudah sukses bergabung dengan Youtube Partnership Program/ Program Mitra YouTube namun masih sangat awam dengan ikon monetisasi yang ada, yuk sini belajar bareng duniaqtoy.

ARTI IKON MONETISASI

1. Dollar hijau


Ikon tersebut memberi tahu bahwa status monetisasi telah aktif, dan bisa menampilkan iklan pada video. Video dengan tanda dollar hijau di samping video juga menunjukkan bahwa video tersebut memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan dan video tersebut memenuhi syarat untuk sebagian besar pengiklan.

Jadi artinya, ikon dollar hijau pada video yaitu kita memperoleh pendapatan penuh dari iklan yang tampil dalam video.

2. Dollar kuning


Ikon berupa dollar kuning menunjukkan bahwa monetisasi pada video youtube sudah diaktifkan. Tapi video tersebut tidak memenuhi semua pedoman konten yang cocok untuk pengiklan. Akibatnya beberapa merek/ brand kadang memilih untuk tidak beriklan di konten tersebut.

Jadi artinya, ikon dollar kuning pada video yaitu kita bisa saja memperoleh sedikit pendapatan bahkan bisa jadi tidak ada pendapatan sama sekali dari video itu karena memang tidak akan ada iklan yang muncul.

Contoh video yang dapat dikenai dollar kuning adalah video-video kekerasan, kecelakaan atau cctv kejahatan.

Dollar kuning juga bisa muncul pada video cover lagu. Jika di deskripsi status tertulis "Klaim hak cipta. Bagi hasil”: Artinya kita akan mendapatkan sebagian pendapatan dari video ini, tetapi tidak semuanya.

3. Dollar merah digaris miring


Dollar merah sangat menyesakkan bagi para konten kreator. Karena dollar merah artinya tidak akan dapat memunculkan iklan alias videonya tidak memenuhi syarat monetisasi.

Jika di deskripsi status tertulis "klaim hak cipta": Artinya ada pihak lain yang memiliki konten tersebut (konten duplikasi). Namun bila merasa videonya bebas hak cipta atau bukan reupload maka kita dapat mengajukan sengketa/ dispute.

Tapi jika di deskripsi status tertulis "klaim hak cipta" dan "teguran akun": Artinya kita telah mengajukan sengketa, tetapi pemilik hak cipta tidak setuju dan meminta video tersebut dihapus. Parahnya bila hal itu terjadi, teguran hak cipta akan ditambahkan ke akun Youtube kita.

4. Dollar hitam dicoret/ digaris miring


Dollar hitam digaris miring memiliki makna video tidak di monetisasi.

Ada 2 kemungkinan muncul ikon dollar hitam dicoret yaitu:

- jika tanda dollar hitam menyilang ini keluar pada video youtube yang belum pernah di monetisasi, maka artinya channel youtube tersebut sudah ditautkan dengan google adsense namun belum memenuhi syarat monetisasi youtube

- jika tanda dollar hitam menyilang ini keluar pada video di channel youtube yang sudah di monetisasi , maka artinya monetisasinya di nonaktifkan karena masalah kebijakan monetisasi YPP

Arti lain Dollar hitam/ abu-abu dicoret

Kalau muncul ikon ini maka artinya kita bisa mendapat sebagian penghasilan atau sama sekali tidak dapat penghasilan dari video tersebut. Semua tergantung pada beberapa faktor, termasuk klaim hak cipta, bagi hasil, dan keramahan untuk pengiklan. 


Cara melihat tanda dollar youtube


Untuk melihat monetisasi tanda dollar di samping video, mudah saja kok langkah-langkahnya.

Bila melalui Youtube Studio versi desktop:

1. Masuk ke youtube studio

2. Sebelah kiri pilih video

3. Lalu lihat tanda dollar di samping video youtube


Bila melalui Youtube Studio versi aplikasi:

1. Masuk ke Youtube Studio versi aplikasi YT studio

2. Lihat ke daftar video yang sudah diupload

3. Ikon dollar ada di bagian bawah statistik di tiap video


Menjadi Youtuber dengan Paket Kuota Nonstop Smartfren

Jadi gimana, setelah membaca penjelasan arti ikon monetisasi di atas, apakah kalian jadi males atau makin bersemangat mengejar cita-cita menjadi Youtuber? 

Kalau saya boleh nebak, kayaknya bagi Generasi millenial dan Gen Z tetep aja banyak yang berapi-api, apalagi kalian memang sehari-hari banyak beraktivitas online.

Nah, untuk menjadi Youtuber dan mengunggah konten tentu memerlukan banyak kuota. Smartfren yang kemarin lalu sudah menerbitkan paket kuota gratis untuk belajar kini kembali menggebrak pasar dengan menghadirkan paket layanan internet terbarunya yaitu Kuota Nonstop.

Kuota Nonstop ini hadir dengan kuota besar yang dapat dinikmati selama 24 jam di semua aplikasi tanpa ada pembagian kuota utama, kuota lokal atau kuota malam. Selain itu, pelanggan bahkan tetap bisa berinternet dengan menggunakan akses nonstop setelah kuota utama habis, sesuai masa aktif paket berlaku, dan tidak memotong pulsa sama sekali.

Kuota Nonstop pun sangat fleksibel karena bisa dipasangkan dengan keuntungan dari berbagai Kartu Perdana Smartfren berbasis volume, seperti 1ON+ dan Super 4G Kuota.

Pilihan Paket Kuota Nonstop Smartfren

Paket ini dapat digunakan di semua perangkat smartphone 4G termasuk Modem WiFi Smartfren. Nah, paket Kuota Nonstop ini tersedia dalam empat varian harga, yaitu:

1. Paket Kuota Nonstop 6 GB (seharga Rp30 ribu) 

2. Paket Kuota Nonstop 10 GB (seharga Rp45 ribu)

3. Paket Kuota Nonstop 18 GB (seharga Rp65 ribu)

4. Paket Kuota Nonstop 30 GB (seharga Rp100 ribu)

Pembelian keempat paket di atas dilengkapi dengan akses nonstop setelah kuota utama habis dan menelpon kualitas HD sepuasnya ke sesama nomor Smartfren dengan masa aktif 28 hari. 


Kenapa harus beralih ke Paket Kuota Nonstop?

1. Kuota Utama Besar.

Kuota utama ini berisi kuota yang dapat digunakan selama satu hari full di semua aplikasi. Jadi tidak perlu lagi bedagang tengah malam hingga pagi untuk menikmati kuota besar. Kuota ini tersedia mulai dari 6 GB.

2. Akses Nonstop!

Meskipun kuota utama habis, pengguna tetap dapat melakukan browsing, chatting atau order ojek online sesuai dengan masa berlaku paket.

3. Tanpa Sedot Pulsa.

Kekhawatiran pengguna paket data biasanya adalah berkurangnya pulsa karena kuota habis dan menyedot pulsa yang kalian punya. Woooh tenang, karena ketika kuota utama Paket Nonstop ini habis, kalian akan tetap bida menikmati internet tanpa menyedot pulsa utama. Jadi pulsa tetap aman.

4. Harga Terjangkau.

Tentu saja, harga adalah pertimbangan utama. Paket Kuota Nonstop adalah harga paket internet terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp30 ribu untuk kuota 6 GB, baik Youtuber atau pecinta streaming dapat merasakan kelebihan paket kuota ini.

5. Gratis menelpon dengan kualitas HD ke sesama Smartfren.

Yang ga kalah mantap, pelanggan Paket Kuota Nonstop akan mendapatkan gratis telpon ke sesama Smartfren dengan kualitas HD. 

Kuota Nonstop Smartfren hadir dalam bentuk Kartu Perdana, Voucher Data dan paket internet yang bisa didapatkan di Galeri Smartfren, gerai ponsel terdekat dan juga melalui layanan aplikasi MySmartfren. Segera dapatkan yuk!

Post a Comment for " Inilah Arti Ikon Monetisasi untuk YouTube Studio"

Berlangganan via Email