Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perhitungan Pemotongan Pajak Adsense Bagi YouTuber di Luar Amerika Serikat


Sudah aturannya di negara mana aja, jika seseorang mempunyai penghasilan maka dia harus melaporkannya ke badan pajak lokal. Soal berapa besar pajak yang dikenakan ya tergantung dari aturan masing-masing negara.

Menjadi YouTuber pun terlebih yang sudah menghasilkan juga bisa dikenai pajak, contoh pengenaan pajak untuk para YouTuber sudah diterapkan di negara Amerika Serikat.

Bahkan nih Amerika mewajibkan para Youtuber di luar AS untuk juga dikenai pajak. Yap kamu ga salah baca. Ini bukan wacana alias sudah jadi aturan yang diterbitkan YouTube dan akan berlaku ke semua konten kreator di seluruh dunia.

GIMANA ATURANNYA PAJAK YOUTUBER DI LUAR AMERIKA INI?

Jadi gini, YouTube akan memotong pajak pada penghasilan video yang ditonton pemirsa Amerika. Maka jika viewer channel YouTube kamu bukan berbasis USA, YouTube tidak akan memberlakukan pemotongan pajak.

NAMUN, meski kamu yakin bahwa channel kamu pemirsanya ga berasal dari Amerika, tetap saja kamu harus memberikan info pajak pada Youtube. 

DAN jika info pajak tidak diberikan sebelum 31 Mei 2021, penghasilan kamu akan dipotong hingga 24% dari total penghasilan YouTube. WADUH!

"Google is required to begin deducting U.S. taxes as early as June 2021 from creators outside of the U.S. which may affect your earnings. We're asking you to submit relevant tax info in AdSense by May 31, 2021 so Google can determine the correct amount of taxes to deduct, if any apply. If your tax info isn't provided by May 31, 2021, Google may be required to deduct up to 24% of your total worldwide YouTube earnings," ungkap Google di laman YouTube Help.

Supaya mudah dipahami Google mencontohkan beberapa skenario.

- Jika ada YouTuber di luar AS, semisal di India, yang memperoleh total pendapatan dari YouTube sebesar 1.000 dollar AS (jika dirupiahkan sekitar Rp 14,4 juta) dalam satu bulan terakhir. Sementara itu dari jumlah total tersebut, sebanyak 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) berasal dari penonton AS.

Maka ada 3 skenario yang dapat terjadi.

  • Pertama, jika si YouTuber tidak mengirimkan informasi pajak melebihi tenggat waktu yang diberikan, maka YouTuber tersebut akan dikenai pajak 24 persen dari seluruh total pendapatannya.

Potongan tersebut juga diambil dari pendapatan yang diterima dari penonton di luar AS. Dengan demikian, YouTuber tersebut akan dikenakan pajak sebesar 240 dollar AS (sekitar Rp 3,4 juta). 

  • Skenario kedua adalah jika YouTuber tadi telah mengirimkan informasi pajak dan mematuhi persyaratan pajak dan kedua syarat ini terpenuhi, maka YouTuber itu akan dikenakan pajak sebesar 15 persen dari 100 dollar AS (hanya pendapatan yang berasal dari penonton AS yang dipotong).
Hal ini disebabkan karena AS hanya memberlakukan tarif pemotongan pajak sebesar 15 persen untuk warga India.

  • Skenario ketiga, jika YouTuber tadi telah mengirimkan info pajak, tetapi tidak memenuhi persyaratan perjanjian pajak, maka pajak yang akan dipungut adalah 30 persen dari pendapatan yang berasal dari penonton AS.
Angka 30 persen tersebut diambil berdasarkan ketentuan tarif pajak yang berlaku.

laman info pajak adsense

Maka dari itu buat kamu yang memiliki channel YouTube dan sudah menjadi mitra Adsense, jangan lupa untuk mengisi info pajak ya di akun Adsense milikmu!

Post a Comment for "Perhitungan Pemotongan Pajak Adsense Bagi YouTuber di Luar Amerika Serikat"