Goodbye Rakuten Indonesia, tutupnya salah satu ecommerce besar - Dunia Qtoy

20 February 2016

Goodbye Rakuten Indonesia, tutupnya salah satu ecommerce besar

Makin maraknya pasar belanja online di tanah air ternyata tidak menjamin pertumbuhan dan kelangsungan sebuah startup belanja untuk bertahan. Akhir Maret 2016 ini akan ada 1 ecommerce besar yang berinduk di Jepang sudah resmi mengumumkan menutup layanannya di Indonesia, ya layanan belanja itu adalah Rakuten.



RBO atau Rakuten Belanja Online telah menyebarkan newsletter bagi pengguna situsnya semenjak minggu pertama (termasuk aku T_T) dan menyampaikan bahwa rakuten poin yang dimiliki pelanggan akan  tidak berlaku per Maret 2016.

Ternyata Rakuten gulung tikar tidak cuma di Indonesia tapi juga di Singapura dan Malaysia. Dilansir dari CNN, jumlah karyawan sekitar 150 orang akan dibantu mendapatkan pekerjaan dan pesangon sesuai dengan ketentuan di negara masing-masing.

Pesaing besar Rakuten di Asia adalah Lazada, sementara itu di tanah air ada Bukalapak dan Tokopedia
Meski ada suara bahwa Rakuten akan kembali dalam format baru, tapi secara pribadi aku ikut bersedih juga. Dulu waktu masih awal-awal Rakuten beroperasi, promo freeongkirnya berguna banget. Apalagi setiap pembelian ada rakuten poin yang bisa dikonversi untuk memotong pembelanjaan berikutnya.

Semoga format baru yang dikatakan bakal hadir nanti bisa lebih baik dan bisa bersaing di pasar dalam negeri ya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!