Qtoy dibaca kitoy ^_^

DuniaqtoyBlog

16 Oktober 2016

Solusi Mengelola Tumpukan Koran di Rumah



Hari gini masih ada ga ya yang langganan koran? Biasanya setelah dibaca pada diapain? Dibuang/ buat bungkus-bungkus/ atau cuman digletakin aja?

Bagaimana caranya supaya koran-koran yang ada di rumah engga menumpuk gitu aja dan bisa berguna bagi nusa dan bangsa? Saya punya beberapa tipsnya nih:


1. Dijual ke tukang rongsok

Solusi termudah setelah koran menggunung ya dibawa ke pengepul rongsok atau kalo di daerah saya mah banyak yang lewat. Per kilonya mungkin cuman ribuan rupiah, tapi lumayan lah buat beli cabe ama bawang nambah bumbu dapur.


2. Disumbangkan ke pemulung

Merasa gengsi mau jual koran ke tukang rongsok? Atau memang mau beramal sambil menyelamatkan bumi? Kasihkan saja koran-koran yang ada di rumah ke pemulung, pasti mereka senang banget.


3. Dibuat kerajinan handmade

Awalnya sih saya bikin keranjang dari koran karena disuruh sama sekolah anak saya, tapi kok lama-lama ketagihan ya. Sampai-sampai kertas brosur yang sama numpuknya jadi sasaran juga. Memang sih cuma jadi pajangan di rumah, tapi kan lebih berguna ketimbang lembaran koran yang kurang menarik. Keranjang yang sudah dibuat bisa jadi wadah boneka, wadah mainan anak, wadah pernik-pernik.

Selain jadi keranjang masih banyak kerajinan yang bisa dibuat dari koran, tinggal gugling saja dengan kata kunci: diy newspaper.


4. Penyerap bau sepatu

Punya masalah sepatu bau ternyata bisa dihilangkan dengan memasukkan koran yang diremas-remas ke dalam sepatu dan biarkan sesaat. Cara ini manjur dan lumayan membantu apalagi saat musim hujan seperti sekarang.


5. Daur ulang jadi kertas lagi

Terus terang cara ini belum pernah saya terapkan, tapi banyak kok tutorial daur ulang koran yang bisa menghasilkan kertas lagi, bahkan bisa dibuat kertas super unik, dan dijadikan bahan kerajinan seperti bingkai foto.


6. Bungkus paket

Yang punya online shop pasti ga akan menyia-nyiakan koran. Kadang kan ada paket yang butuh dilapisi koran sebelum dibungkus plastik. Atau sudah cukup dibungkus koran aja asal pelanggan mau, lalu dilakban sreet-sreet tinggal kirim. Sampai ke pelanggan tinggal disobek aja korannya lalu buang. Reuse seperti ini sangat lumayan loh mengurangi sampah plastik.

7. Wadah penyemaian benih tanaman


Saat penyemaian benih biasanya ga perlu penyiraman banyak air, daripada bingung cari wadah dan nanti bingung lagi cara mindahinnya ke pot boleh ditiru bikin wadah dari koran seperti ini. Selain koran yang bisa ikut busuk saat kita memindahkan ke pot yang lebih besar, kita ga perlu keluar uang untuk beli tray atau plastik khusus.


Yah, itulah cara-cara memanfatkan sampah koran yang ga terpakai, daripada langsung dibuang sungguh sayang, lebih baik di gunakan kembali atau didaur ulang sehingga lebih mimaksimalkan fungsi si koran, sekaligus membantu melestarikan bumi ini.

Sun sayang buat semua pecinta bumi dari duniaqtoy ^_^

3 komentar:

  1. Paling sering dijual ke tukang rongsok koran bekasnya, saya kurang telaten bikin kerajinan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mayan ya mba, sama kardus2 di rumah sekalian, nti uangnya bisa buat beli cabe,hehehe

      Hapus
  2. Kalo saya sih milih dijual aja, males ribet. hehe

    BalasHapus

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!