Ide Bisnis Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah - Dunia Qtoy

13 April 2017

Ide Bisnis Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Pada umumnya yang biasa cari penghasilan tambahan dari rumah itu perempuan, kenapa? Alasannya karena ada 'buntut' yang kudu dirawat di rumah dan ga tega buat kerja di luar rumah #curhat ni ye

ilustrasi ibu bekerja dari rumah, credits theselfemployed.com/
Setelah resmi resign dari kantor kurang lebih seabad 5taun lalu, saya tetep gabisa berdiam diri gitu aja meski pak suami juga kasih nafkah lahir dan batin dengan oke, ahay.

Karena kebiasaan punya penghasilan sendiri kali ya, jadi setelah ga masuk kantor saya jualan kebutuhan bayi secara online. Lumayan sih waktu itu bisa buat tambah-tambah beli pospak. Sempat punya stok di rumah juga cukup banyak tapi akhirnya sekarang memutuskan ga begitu aktif karena capek dan bosen dengan rutinitas packing dan kirim barang ke expedisi. T_T

Buat ibu-ibu dan embak-embak yang juga ga tega untuk kerja di luar rumah atau karena alasan lain, ada beberapa bisnis yang menghasilkan, mungkin bisa jadi inspirasi (juga bisa dikerjakan bapak-bapak dong):

1. Bisnis Tanaman Unik
Untuk orang yang hobi berkebun dan ga segan tangan kotor kena tanah atau kecolek ulet bulu *hiiiy, bisa coba tanam beberapa tanaman unik yang masih jarang dikembangbiakan di Indonesia. Misalnya, cabe pelangi, cabe habanero, buah tin, kaktus, atau tanaman hias lainnya.

2. Bisnis Masakan, Katering Makanan atau Terima Pesanan Snack 
Banyak teman saya yang pinter masak dan sukses punya jasa katering. Mulailah dari menawarkan ke lingkungan dekat atau perkantoran. Bisa juga lebih aktif ke pergaulan ibu-ibu di sekolah anak sehingga bisa dapat order pesanan snack tiap ada acara komunitas atau ultah anak-anak.

3. Buka Les Privat
Untuk lulusan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya, bisa aja kan buka les buat anak-anak atau kalo pede ya segala umur. Tapi mengajar bahasa asing pun ga melulu harus punya ijazah, jika memang menguasai meskipun dulu lulusan ekonomi tetep boleh aja kan. Atau kamu pintar mengaji? Jadilah guru mengaji yang bisa dipanggil ke rumah, pasti ilmu yang kamu miliki berguna dunia dan akhirat.

4. Freelancer
Banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, misalnya blogger, kontributor website, buzzer, desainer, ghost writer daaan masih banyak lagi. Kadang memang tetap butuh keluar rumah, tapi tinggal pinter-pinternya kita mengatur jadwal dan koordinir dengan anggota keluarga jika harus meninggalkan anak di rumah.

5.  Bisnis Kreatif
Jika mempunyai jiwa kreatif misalnya hobi menjahit, membuat kerajinan dari bahan daur ulang, atau menyulam cobalah kembangkan hobi menjadi lebih serius. Unggah ke media sosial atau coba jual ke marketplace. Pelanggan bisa saja tertarik karena karyamu yang tidak biasa dan tidak pasaran. Peluang untuk jenis bisnis ini sangat luas contohnya souvenir pernikahan, siraman, ultah anak.

Itulah ide bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah, bukan tidak mungkin loh suatu saat bisa jadi berkembang dan pendapatannya mengalahkan pekerja kantoran. Kuncinya cuma tekun, konsisten dan pintar membagi waktu antara mengerjakan bisnis dengan mengurus keluarga.

Ada ide lain bisa sharing di komentar ya ^_^

6 comments:

  1. jualan pulsa juga bisa di lakukan ibu rumah tangga ,,disamping tidak perlu modal banyak juga tidak membutuhkan banyak tenaga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak, tapi ati2 sama yg hobi ngutang. He

      Delete
  2. Trend kerja di rumah makin ramai yang diminati ya mbak! Terima kasih idenya ya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya alasan anak yang paling berat untuk ditinggal ngantor sih mba ^_^

      Delete
  3. Aku juga tertarik sama bisnis dari rumah ini mbak. Tapi untuk sekarang masih jadi freelancer soalnya masih kuliah juga. Ntar kalo udah tamat pengennya sekalian ngerambah ke les privat sama bisnis kreatif. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah multi talenta ya mba. Mg sukses buat kuliah dan sampingannya

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!