08 May 2017

Sarapan Sate Kambing di Mbok Galak Solo? Siapa Takut!

Sebagai orang Indonesia yang seumur hidup belum pernah keluar negeri, sampai hari ini sarapan favorit saya kalo ga nasi soto ya nasi pecel. Ga sempet bikin sendiri ya gampang toh banyak yang jual #banyakAlesan. Apalagi tinggal di Semarang kota kalo pengen soto tinggal jalan naik motor/mobil bentar udah nemu penjual soto semarang atau soto lamongan yang banyak bertebaran di pagi hari.

Tapi meski masi sama-sama di Indonesia, orang Solo katanya biasa loh makan pagi pake sate kambing #hah!

Itu makanya kami penasaran sama warung sate kambing yang kesohor abis di Solo, dan katanya jadi favorit alm presiden Soeharto dan Pak Jokowi. Karena emang buka dari pagi, setelah mandi dan packing persiapan checkout hotel yang deket sama lokasi, cukup berkendara 10 menit dari hotel, kami udah nogkrong deh tuh di Mbok Galak jam 9 pagi.
Meski warungnya ada di pinggir jalan dan untuk parkir mobil ga gampang, tapi warung ini rame banget. Sebagian besar meja kursi udah ditempati pembeli. Rata-rata yang mereka pesan menu tongseng dan sate buntel.

Nah biar ga kalah hits, kami juga pesen 1 porsi sate buntel kambing dan seporsi gule kambing. Oiya, meski nama warungnya Mbok Galak, tapi penjual ataupun pelayannya ga ada yang judes marah-marah loh, semuanya ramah dan baik hati meski kadang salah kasih orderan pengunjung, hihihi. Gapapa kalo salah tinggal bilang aja maap bukan pesen ini tapi itu.

Ga begitu lama pesanan kami dateng dan baunya begitu menggoda. Sate buntel seporsi meski keliatan gede tapi kok cuma 2 tusuk aja, wah kurang nih, batin saya gitu, maklum kelaperan sodara-sodara.

Pas udah dimakan, duuuh enak banget, dagingnya kerasa lembut dan manis gurih di lidah, entah karena daging kambingnya sudah dicincang trus dibungkus pake lemak atau karena ada bumbu rahasia didalemnya pokoknya ini sate juarak banget!

Kalo gulenya menurut kami sih enak juga tapi ga terlalu beda sama gule yang lain, isinya dominan jeroan kambing seperti ati, usus dan babat.

2 menu tadi kami makan bertiga pake nasi putih 4 piring (lah padahal orangnya 3 kok nasinya 4?) dan hasilnya kami tepar kekenyangan #alhamdulillah. Underestimate pas awal liat porsi yang kliatannya sedikit itu terbayar sudah sama puasnya lidah dan perut. Jujur, meski masih muda tapi saya dan suami ga berani konsumsi daging kambing terlalu banyak ^_^ #takutAsamUrat

Padahal di sekitar kami, kebanyakan order tongseng dan sate buntel buat per orang, jadi ga ada yang makannya barengan. Sampe-sampe kami berdua melongo sambil cekikikan. Mereka kebanyakan malah lebih tua dari kami loh, kok brani ya? Sangar ndez!

Buat kamu yang ada rencana ke Solo tapi belum pernah ke Mbok Galak saya saranin kudu mampir dan cobain menu-menunya. Bisa pas jam makan siang tapi resikonya rame banget. Nah kalau buat sarapan, apa kamu berani sarapan pake sate kambing di Mbok Galak?

Alamat Warung Sate Kambing Mbok Galak
Jl. Ki Mangun Sarkoro No.122, Sumber, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah

6 comments:

  1. Hmmmm..... Baru baca ulasannya saja sudah terbayang kelezatannnya, mau dong.. ......

    ReplyDelete
  2. aku juga ga kuat kalau makan sendiri
    tapi liat pictnya kok kayaknya bakal habis ya kalo makan sendiri haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cowok kuat lah makan sendiri,cuman habis itu cekot2 apa ga.hihi

      Delete
  3. sebagai istri orang solo yg sering mudik kesana, ini kenapa aku blm tau tempat iniii hahahaha ;p.. ketinggalan banget... kalo mudik lg hrs cobain berarti :)

    awal2 ke solo dulu mba, aku shocked liat maknan di sana yg kebanyakan jeroan... serem bok jadinya ;p ingt kolesterol soalnya :D .. makanya aku jg ga berani banyak2 kalo udh menyangkut jeroan dan kambing.. sekedar icip ajalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba org solo meski lemah gemulai tapi setrong loh ya.haha

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!