21 May 2017

Tren Generasi Millenial I Love Monday di kantor JNE

Karyawan JNE Love Monday
Banyak orang benci hari Senin,  karena memang identik dengan hari yang hectic setelah berakhirnya akhir pekan yang menyenangkan. Rasa ogah untuk kembali ke kantor pun menghinggapi pikiran anak sekolah juga bagi para karyawan. Akibatnya mereka bekerja dengan perasaan setengah hati alias ga maksimal.

Namun lain halnya di kantor pusat JNE, karena semenjak April 2017
Presiden Direktur JNE M. Feriadi mengatakan, “Mulai bulan April 2017, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing dalam penampilannya, tentunya tetap dalam etika maupun norma perusahaan".
Edi Santoso (Direktur Operasional JNE)-Kiri, M. Feriadi (Presiden Direktur JNE), Chandra Fireta (Direktur Keuangan JNE)-Kanan
 
M. Feriadi (Presiden Direktur JNE) memberikan sambutan

Kebijakan ini ternyata berpengaruh besar bagi suasana kantor yang berisi karyawan dengan mayoritas  umur 25-40 atau sering disebut 'Generasi Millenial'. Karyawan di kantor menjadi lebih bersemangat melakukan pekerjaannya, lebih ceria dan dan nyaman meski hari Senin, inilah bukti gelombang positif bisa dipicu karena hal sederhana.

Generasi millenial juga mengubah tren pengiriman paket yang dilakukan masyarakat. Jika dahulu sekitar 5-10 tahun lalu sebagian besar pengiriman adalah paket pribadi, maka sekarang barang konsumsi dan kebutuhan sehari-hari pun biasa dikirim karena perkembangan e-commerce yang sangat pesat. Nah yang ini saya paham banget, secara saya sering ngapelin mas-mas JNE karena sering kirim paket pesanan konsumen di online shop saya. Juga sering disambangi kurir JNE minimal seminggu sekali, makanya kalau ga dengan suara merdu 'pakeeet' suka gimana gitu, kurang komplit ini hidup. Hahay

Karena pengaruh generasi Y maupun generasi Z, tentunya JNE yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman ekspres dan logistik  tidak  hanya berpartisipasi dalam hal yang berkaitan dengan perekonomian saja, tapi juga bidang lain seperti olahraga, pendidikan, sosial budaya dan sebagainya.

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan ini sebenarnya terjadi tidak saja karena hal besar, namun juga karena hal kecil, oleh karena itu kita harus semakin kreatif dalam menciptakan karya dalam bidang masing-masing, yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang juga terus berkembang. Itulah alasannya inovasi dan pengembangan dalam hal kecil bisa menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang makin ceria dan bikin kangen karyawan untuk masuk kerja lagi, bukannya cari -cari alasan bolos karena suasan ga kondusif.

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh berekspresi juga, buktinya dengan penerapan casual dress code setiap hari Senin dalam “I Love Monday” di JNE, antusiasme karyawan sangat tinggi dan karyawan di cabang pun turut meminta hal ini juga diberlakukan di seluruh Indonesia, bahkan beberapa orang karyawan sampai membeli baju baru agar penampilannya dalam mengekspresikan karakter personal makin maksimal di awal pekan. Pastinya dengan kepercayaan diri yang bertambah, maka akan menstimulasi kreatifitas yang berdampak pada peningkatan produktifitas dan performa kinerja.

Do you Hate Monday? Jangan dong, from now on, say I Love Monday!

0 comment:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!