Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Widget Komentar di Blogger

Halow teman-teman blogger, apa kabarnya nih, sudah masuk bulan September biasanya cuaca bakal sebentar panas sebentar ujan deres. Semoga semuanya tetap dalam kondisi baik dan sehat ya. Amin 👍😇 ya. 

Kali ini saya mau berbagi posting tentang cara membuat widget comment di blog nih. Widget yang saya akan share ini sama persis seperti yang ada di blog ini.

Cara membuat widget komentar di blogger ini sangatlah mudah dan salah satu manfaat dari widget recent comment ini adalah menarik pengunjung untuk ikut membaca artikel lain. 
Jangan takut widget ini akan memperberat loading blog karena script yang ada tetap enteng dan tidak memperlambat pengunjung untuk melihat blog secara keseluruhan.

Simak ya cara membuat widget komentar di blog, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk Blogger.com
  2. Pilih tata letak / layout
  3. Tentukan dimana widget recent comment akan dipasang, misal di sidebar
  4. Kemudian pilih add javascript/html.
  5. Copykan script berikut 
<script type="text/javascript">
var a_rc = 5;var m_rc = false;
var n_rc = true;
var o_rc = 100;
function showrecentcomments(e){for(var r=0;r<a_rc;r++){var t,n=e.feed.entry[r];if(r==e.feed.entry.length)break;for(var i=0;i<n.link.length;i++)if("alternate"==n.link[i].rel){t=n.link[i].href;break}t=t.replace("#","#");var a=t.split("#");a=a[0];var c=a.split("/");c=c[5],c=c.split(".html"),c=c[0];var s=c.replace(/-/g," ");s=s.link(a);var o=n.published.$t,l=(o.substring(0,4),o.substring(5,7)),u=o.substring(8,10),m=new Array;if(m[1]="Jan",m[2]="Feb",m[3]="Mar",m[4]="Apr",m[5]="May",m[6]="Jun",m[7]="Jul",m[8]="Aug",m[9]="Sep",m[10]="Oct",m[11]="Nov",m[12]="Dec","content"in n)var d=n.content.$t;else if("summary"in n)var d=n.summary.$t;else var d="";var v=/<S[^>]*>/g;if(d=d.replace(v,""),document.write('<div class="rcw-comments">'),1==m_rc&&document.write("On "+m[parseInt(l,10)]+" "+u+" "),document.write('<span class="author-rc"><a href="'+t+'">'+n.author[0].name.$t+"</a></span> commented"),1==n_rc&&document.write(" on "+s),0==o_rc)document.write("</div>");else if(document.write(": "),d.length<o_rc)document.write("<i>&#8220;"),document.write(d),document.write("&#8221;</i></div>");else{document.write("<i>&#8220;"),d=d.substring(0,o_rc);var w=d.lastIndexOf(" ");d=d.substring(0,w),document.write(d+"&hellip;&#8221;</i></div>"),document.write("")}}}
</script><script src=http://www.duniaqtoy.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments></script><div style="font-size: 10px; float: right;">Dapatkan comment widget ini di <a href="
http://www.duniaqtoy.com/2017/09/cara-membuat-widget-komentar-di-blogger.html">sini</a></div>
<style type="text/css">
.rcw-comments a {text-transform: capitalize;}
.rcw-comments {border-bottom: 1px dotted;padding: 7px 0;}
</style>

Keterangan :
  • ganti http://www.duniaqtoy.com menjadi nama /blog situs kamu.
  • var a_rc = 5 => untuk merubah jumlah komentar yang ingin di tampilkan, kalau ingin menampilkan 7 komentar ya tinggal rubah angka 5 menjadi 7
  • var m_rc = false => untuk menampilkan tanggal komentar atau tidak. jika ingin tanggal ditampilkan, ubah false menjadi true.
  • var n_rc = true; => untuk menyembunyikan judul posting yang dikomentari. tidak= false, ya = true.
  • var o_rc = 100; => jumlah karakter yang ditampilkan, bisa diganti sesuai keinginan
Demikian tutorial membuat widget komentar di blog . Semoga berhasil ya supaya blogmu makin kece 👍

5 comments for " Cara Membuat Widget Komentar di Blogger "

  1. ahh makasih buat sharingnya ya mbak, ini ku bookmark-in lah hhee

    ReplyDelete
  2. mbak,mohon dijawab ya
    kok aku gk bisa ya mbak,template nya mediumish versi blogger,jadi yang kode komen lama udh di hapus dan diganti sama kodenya kk,tapi kok masih belum muncul ya kk?

    ReplyDelete