Daftar Aplikasi Seorang Blogger (by DuniaQtoy) - Dunia Qtoy

20 September 2017

Daftar Aplikasi Seorang Blogger (by DuniaQtoy)

Kesel juga tiap ditanya orang, kerjaanmu apa mba? Mo jawab blogger, kok banyak orang masih awam sama istilah ini. Akhirnya ya bilang aja freelance. eh dia nanya lagi, freelance ki apa mba. Grrr, capek deh. Ya wislah emang cuman ibu rumah tangga tuh dilarang gaya-gayaan sok punya pekerjaan formal 😅 👅.

Namanya saja blogger, alias orang yang kerjaannya bikin postingan di blog. Apapun platformnya saya yakin blogger itu identik dengan smartphone dan laptop/desktop. Apalagi yang blognya bukan 1 niche aja alias gado-gado, hampir setiap saat pegang gawai siapa tahu nemu ide yang bisa didokumentasikan.

Nah setelah ambil foto misalnya, pengen dijadikan salah satu penunjang di blog sendiri atau bukan, biasanya foto akan ditempelin watermark supaya ga mudah diambil orang lain tanpa meyebutkan sumber maka orang akan pakai aplikasi editing photo.

Kalau buat saya yang agak maniak aplikasi, baik hape maupun laptop udah terinstal banyak aplikasi favorit yang memang menunjang perbloggingan. Apa aja, silahkan diintip list berikut: 

1. Browser
Mozilla Forefox & Google Chrome
Browser tentunya jadi yang paling penting buat mengakses internet. Tanpa browser gimana coba mau buka blogger.com? Susyah kan? Meski banyak browser lainnya selain firefox dan chrome tapi udah kadung terbiasa jadi males gonta-ganti.

2. Aplikasi pengolah gambar
Photoscape, Photogrid, Snapseed

Katanya orang bakal lebih tertarik sama gambar ketimbang sama tulisan. Gambar juga ga asal gambar biasa tapi yang eye catchy, misalnya dikasi tulisan, difilter blur, atau dikolase. Dan saya sering gonta-ganti aplikasi android demi mencari suasana lain, tapi kok akhirnya balik lagi ke 3 aplikasi di atas. Kadang untuk buat 1 header image saya harus pakai 3 aplikasi tersebut secara bergantian, karena fitur yang mereka punya memang berbeda satu sama lain.


3. Aplikasi pengolah video
Videoshow

Ga melulu gambar aja yang diutak-atik, tapi posting blog pun kadang butuh video, misalnya di artikel tutorial, yang pasti lebih jelas kalau ada step by step dalam bentuk gambar bergerak. Videoshow yang saya punya di android adalah versi lite (ringan) tapi kemampuannya sama dengan yang reguler. Sayangnya sekarang videoshow cuma memperbolehkan pengguna menghapus watermark selama 1 hari setelah menginstal aplikasi tertentu. Dan yang lebih nyesek lagi, harga videoshow versi pro yang dulu cuma 40ribu rupiah sekarang naik jadi 150ribu rupiah. Uhlala akhirnya tetep pake yang gratisan ajalah


4. Apikasi Screen Recorder
Du Recorder
Screen recorder biasanya dipakai youtuber gamer, karena memang berguna banget untuk merekam aktivitas di hape atau laptop. Khusus blogger, screen recorder bisa dipakai misalnya untuk mengulas aplikasi atau bikin tutorial. Nah Du Recorder ini sudah satu paket terinstal dengan Du Rec Editor untuk trim, remove middle, add music/ subtitle, atau mengubah kecepatan video.

Kalau Du Recorder sudah cukup mumpuni untuk editing lalu kenapa videoshow masih saya pertahankan? Jawabannya adalah videoshow bisa disisipi suara atau voiceover yang ga ada di Du Recorder.

5. Aplikasi Monetizing
Google Adsense
Semenjak jadi publisher adsense, kayaknya kudu instal yang ini karena kepake untuk monitoring penghasilan adsense secara berkala per situs yang dipasangi kode adsense, apalagi kalau ada lebih dari 3 blog yang dihandle.

6. Aplikasi Social Media
Whatsapp & Facebook & Instagram

Dari semua sosmed yang ada, 3 aplikasi inilah yang paling menunjang kegiatan blogging. Fesbuk dan Instagram adalah tempat paling apdet untuk tahu berita yang lagi hits, bahkan lebih apdet dari portal berita terpopuler. Seringkali ide menulis saya dapat dari sana.

Nah kalau whatsapp ya jelas dong harus ada, lha wong disitulah grup blogger Gandjel Rel yang berisi cewek-cewek cantik berinteraksi, bergosip dan berbagi info job. Pokoknya rugi banget kalau ga join chat disini.

7. Aplikasi Ojek
Gojek

Apa hubungannya gojek sama blogger? Ada dwoong. Aplikasi yang jadi penghubung saya dan babang gojek ini bener-bener kepake pas butuh pergi ke acara blogger. Karena seringnya kan acara semacam seminar, review atau launching produk digelar di jam kerja yang suami ga bisa anterin. Pokoknya terbantu bangetlah sama Gojek yang cepat dan murah.

Eh ternyata banyak juga daftar aplikasi favorit saya yah. Hehehe. Kalau Nyi dan Mba Rahma apa nih aplikasi yang paling favorit? Oh iya Nyi atau nama lengkapnya Nyi Penengah Dewanti adalah blogger kendal yang baru menikah lho, cie..cie penganten baru. Kalau mau mengenalnya lebih dekat mampir saja ke blognya di http://nyipenengah.com. Kalau mba Rahma terus terang saya jarang bertemu, kalo ga salah 1x pas workshop shibori. Tapi dari blognya di http://rahma21.com nampak bahwa mba Rahma ini orangnya setrong banget. Barakallah buat Nyi & Mba Rahma ya.

13 comments:

  1. Hahaha... ga melupakan jasa abang gojek ya mba, sampe ikut dimention 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Favorit saking seringnya ngojek dan gocar. Enak murah dan mobilnya cakep2.hehe

      Delete
  2. Replies
    1. Iya dong ini wajib diinstal kakak 👍

      Delete
  3. Lengkap sekali aplikasinya Mbak. Memang sangat mendukung dunia perbloggingan ya

    ReplyDelete
  4. Waàh.. lengkap nih aplikasinya. Makasih uda ngramein arisannya y mba. Sukses terus ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal rasane masi kurang nih mba. Sukses jg buat mba rahma

      Delete
  5. Terima kasih sharingnya mba, selama ini saya hanya mengoptimalkan browser dan media sosial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan aja mba. 😊

      Delete
  6. Support buat blogger pemula yang bener bener niat dong kak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh bagian mana yg ga bener nih. Hehe

      Delete
  7. Waa...aplikasi pendukungnya buanyaaak... jempol mbak...
    Toss utk app pengolah fotonya :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!