Daftar Sumber Situs Penyedia Gambar Berlisensi CCO dan Gratis - Dunia Qtoy

23 October 2017

Daftar Sumber Situs Penyedia Gambar Berlisensi CCO dan Gratis



Kemaren, saat jadi blogger lebih dari 2 taun saya berasa jalan di tempat. Soalnya dulu yang dipikir cuma posting dan posting sebanyak-banyaknya. Karena dulu memang cuma ngurusin blog pribadi ya selain pakai foto hasil jepretan sendiri ya saya pikir gapapa kalau sesekali saat butuh gambar tinggal comot foto dari google dan menyebutkan sumbernya. Padahal ternyata hal semacam itu berbahaya banget karena kita bisa dituntut pelanggaran hak cipta, meski di blog kita sudah mencantumkan disclaimer atau privacy policy di menu navigasi.

Tapi semua itu berubah semenjak gabung dengan komunitas blogger di daerah setempat dan di beberapa grup facebook. Bagaikan katak dalam tempurung yang kebuka tempurungnya dan keluar dari gua selarong, ilmu yang saya dapet tambah banyak cyin.

Di internet ternyata ada sederet situs khusus yang menyediakan gambar berlisensi CCO. CCO licenses memperbolehkan suatu gambar, video atau karya apapun dicomot orang lain tanpa harus takut dituntut melanggar hak cipta di kemudian hari. 

Kalau merasa blog pribadimu cukup menggunakan foto hasil karya sendiri itu memang baik, tapi buat saya dan kamu yang bekerja di blog orang lain menjadi kontributor atau konten kreator misalnya, silahkan cek 11 situs ini untuk mendapatkan sumber gratisnya ya. Semoga bisa membantu artikelmu yang mungkin butuh gambar-gambar yang merepresentasikan tulisan atau karyamu.

Unsplash

Yuk dimulai dari Unsplash, sebuah spot populer yang menyediakan gambar berkualitas tinggi. Foto di unsplash bebas pakai dan boleh digunakan tanpa harus menyebutkan sumber. Unsplash menyediakan 10 foto baru tiap 10 hari dan dapat dicari berdasarkan tema misalnya alam, restaurant, coffe, bisnis dll.

Public Domain Pictures

Public Domain Pictures adalah situs yang menawarkan gambar berkualitas tinggi gratis untuk blogmu, termasuk grafik dan vektor yang dapat diunduh. Lihat kategori yang berbeda dan jelajahi sampai kamu menemukan yang terbaik untuk ditampilkan di blog milikmu.

Pixabay

Jika kamu mencari situs yang selalu memperbarui koleksinya, Pixabay adalah tempat yang tepat. Mereka memiliki berbagai macam gambar gratis dan selalu diperbarui secara teratur untuk menawarkan gambar yang belum pernah digunakan secara online.

Pexels

Sama seperti Pixabay, di Pexels ada ratusan ribu foto-foto berkualtas tinggi yang bisa dicopas, dimodif dengan berbagai gaya kesukaanmu tanpa harus membayar atau takut dituntut kemudian hari.

Public Domain Archive

Seperti Public Domain Pictures, di Public Domain Archive ada berbagai macam koleksi foto dan gambar yang bisa ditelusuri lewat keyword atau per kategori.
 

Little Visuals

Website yang satu ini mudah diingat dan menyediakan gambar-gambar yang benar-benar kece yang akan kamu suka. Check out ratusan foto berresolusi tinggi yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan mudah.

New Old Stock

New Old Stock menawarkan hal yang unik; yaitu hanya fotografi model vintage aja, jadi kalau kamu butuh foto dengan sentuhan lawas dan kuno sambangilah situs ini.

Pickup Image

Bukalah Pickup Image jika kamu butuh pilihan lain dengan banyak koleksi, yang bisa ditelusuri sesuai label dan menyediakan gambar grafik dan clip art.

SplitShire

The SplitShire berisi ratusan gambar indah ber CCO license. It’s easy to browse with tags and view images in a mosaic fashion.

Magdeleine

Jika belum pernah berkunjung ke situs stok foto yang satu ini mungkin kamu harus buka sekarang juga. Madgeleine menyediakan gambar-gambar indah namun sebelum mengunduh dan memasangnya di blog pastikan dulu bertanda “public domain, karena ada sebagian foto yang mengharuskan menempel sumber attribusi pada karyanya.
 

LibreShot

Yang terakhir cek LibreShot jika kamu menyukai karya photographer Martin Vorel. Karya-karyanya dipublikasi dengan lisensi area publik.

Nah itulah dia sederet daftar sumber gambar berlisensi gratis yang bisa kamu comot tanpa khawatir. Selain berguna sebagai referensi blogger yang juga nyambi jadi kontributor atau tukang bikin artikel, daftar situs di atas juga bisa dimanfaatkan para pelajar atau pekerja yang lagi bikin karya tulis atau presentasi karena kualitas gambar di situs tersebut memang top markotop.

Semoga postingan kali ini bermanfaat ya.

5 comments:

  1. Kalau aku selama 1 tahun 6 bulan ini ngeblog lebih senang pakai foto sendiri dan lebih puas walau foto kurang tajam setajam hasil jepretan kamera profesional, soalnya dari hp aja foto dan ngeblognya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mba. Kl bisa pake foto sndr lebih bagus dan jd lebih personal

      Delete
  2. terima kasih telah berbagi Mbak... saya lebih sering pake foto sendiri, terkadang search di google images terus centang yang bebas digunakan
    artikel ini memberikan info terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake cara itu jg bs mas tp kadang pilihannya dikit bgt

      Delete
  3. Mb Uun, thanks. Nambah wawasan buat aku niy. Aku emang kadang cukup kesulitan. Awal-awal aku carinya berdasarkan apa yang aku cari. Aku ketik kata kuncinya. Jadi acak kan sumber gambarnya. Baru kemarin pake pixbay. Ternyata banyak ya yang bisa dipake

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!