Keren Menjadi Donatur di Lazis Baiturrahman Semarang - Dunia Qtoy

05 October 2017

Keren Menjadi Donatur di Lazis Baiturrahman Semarang

Pepatah berkata uang tidak dibawa mati. Tapi menurut saya justru sebaliknya. Semua harta yang kita miliki di dunia ini sebenarnya bukanlah 100 persen milik kita sendiri saja. Sebagian daripadanya ada hak kaum tak mampu. Dan dalam Islam, ada amal jariyah yang akan terus mengalir bahkan saat manusia tak lagi berjalan di muka bumi. Jadi kembali pada pribadi itu sendiri apakah uang dan harta yang ia miliki akan 'dibawa' atau 'ditinggalkan' begitu saja.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631)
Omong-omong soal amal nih, bagaimanakah selama ini teman-teman menyalurkan sedekah dan zakat? Apakah disampaikan ke orang atau lembaga zakat?

Jika lebih sering ke lembaga zakat, saya punya rekomendasi lembaga amil zakat yang terpercaya nih. Keuntunganan berzakat lewat lembaga amil zakat adalah jelas penyalurannya dan umumnya mereka memiliki program-program pemberdayaan produktif. Sehingga, dana tersebut bisa memiliki manfaat berkelanjutan tidak hanya sekali memberi lalu habis. Ibarat kita memberi pancing ke seseorang supaya pancing tersebut bisa dimanfaatkan untuk mecari uang ketimbang hanya memberi ikan yang akan langsung habis sekali makan.

LAZISBA (Lazis Baiturrahman) LAZ Lokal Semarang


Di pusat kota Semarang tepatnya Simpang Lima, bukan hanya ada deretan mall dan hotel tapi ada pula Masjid Raya Baiturrahman, dan Baiturrahman memiliki lembaga amil zakat yang bernama LAZISBA.

Kelahiran LAZISBA pada awalnya bermula dari adanya potensi Zakat, Infaq dan Shadaqah ( ZIS ) pada jamaah Masjid Raya Baiturrahman yang belum tergarap secara maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka di dirikan LAZ Baiturrahman nama awal LAZISBA sesuai SK Yayasan Masjid Baiturrahman.Tanggal 23 Maret 2006 / 22 shafar 1427 H Nomor 015/ SKEP/ YMB/ III /2006. 

Seiring waktu dengan semakin berkembangnya LAZ Baiturrahman maka nama LAZ Baiturraman di rubah menjadi LAZISBA pada pertengahan tahun 2010 tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 2010 dengan harapan akan lebih maksimal dan lebih profesional. Seiring perkembangan Lembaga dan tuntutan UU No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat maka secara badan Hukum terdaftar dalam SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 pada Tanggal 3 Desember menjadi Yayasan Lazis Baiturrahman.

Ada 4 program Lazisba yang patut disimak dan diacungi jempol, yaitu:
1. PEMBERDAYAAN EKONOMI
KUBAH ( Kredit Usaha Barokah ) Pemberian bantuan modal pada Mustahik tanpa bunga.
Penerima manfaatnya diantaranya:
  • Desa Tambak Mulya ( nelayan ) 2009
  • Mangkang (2009)
  • Tegowanu, Karangawen ( petani) 2009
  • Cepoko ( Gunung Pati ) 2010 – 2015
  • Tambak Rejo ( Kali Gawe ) 2014 - 2019
2. PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN
  • BUS ( Bea Siswa Untuk Surga ), Pemberian Bea Siswa untuk anak asuh dengan nominal: SD ( Rp. 50.000 ), SMP ( Rp. 75.000 ),SMA (Rp. 100.000)
  • Sekolahku Indah, Pemberian bantuan renovasi bagi sekolah – sekolah yang belum memenuhi standar. Investasi program Rp. 2.500.000/ program.
  • Maksum (Masjidku Tersenyum), Bantuan untuk pemberdayaan Masjid agar lebih makmur. Investasi Rp. 1.000.000
  • ELC (Education Learning Centre), Pusat pengembangan Pendidikan bagi mustahik. Waqaf Tunai dengan nominal RP. 1000.000 ( sudah ada tanah waqafnya )
  • Asyik (Taman Syiar Qur’an), pendirian TPQ didaerah rawan Aqidah serta pedampingannya Rp.35.000
  • Santri (Sahabat Anak berprestasi) program pengiriman assatidz yang mendampingi anak asuh serta guru mengaji di TPQ yang telah kita dirikan.
3. PEMBERDAYAAN KESEHATAN
  • BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta), Program bersalin gratis untuk mustahik. Investasi 600.000/ kelahiran.
  • IBU – KUS (Ibuku sehat – Anaku Cerdas), program pemeriksaan, penguatan dan peningkatan Gizi Ibu dan anak di desa binaan / yang telah terdata sebagai mustahik.  Investasi 50.000/ ibu
  • Baksos kesehatan di daerah binaan
  • Sunah (Sunat Barokah), Program Sunat gratis bagi anak yatim piatu, yatim, duafa.
4. PEMBERDAYAAN PEMUDA (SABAB: Satuan pembina Umat Lazisba)
Pemberdayaan ini bertujuan untuk:
  • Menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU yang siap menegakkan Islam. berkarakter Islami, Mandiri dan berjiwa Sosial Tinggi
  • Sebagai Bank SDM Lembaga
  • Sebagai Organ pelaksana Fungsi 3 yaitu Pendistribusian dan Penyaluran.
  • Sumber Dai – dai dalam pembinaan.
  • Sebagai sarana pengembangan semangat Entrepreneurship di kalangan pemuda.
Nah itulah berbagai program Lazisba yang sangat keren. Jadi mari menjadi donatur keren pula dengan menyalurkan dana kita melalui Lembaga Amil Zakat Baiturrahman Semarang.
 
Semoga bermanfaat, 
 
Untuk informasi silahkan hubungi:
Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
Rekening Donasi Lazis Baiturrahman
BSM 0500217029
CIMB Niaga Syariah 5350100068007
BNI Syariah 0268583724
Bank Jateng Syariah 5031000799

Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
FB / Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG : @lazisbaiturrahman
Twitter: @lazisbaiturrahm
Youtube: Lazis Baiturrahman 
Call center : 085100999774

No comments:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!