Daftar Kuliner Gulai Kepala Ikan di Semarang

Gulai Kepala Ikan memang salah satu makanan favorit saya sejak tinggal di Semarang. Ceritanya dimulai saat kantor tempat saya dulu bekerja agak berhadapan dengan warung yang menjual gulai kepala ikan.

Pada awalnya saya tidak tertarik, bukan karena ngga suka yang berbau amis, justru saya suka banget, tapi karena saya pikir apa menariknya dari kepala ikan yang digulai. Kepala ikan kan tinggal sedikit dagingnya. Eh, ternyata saya salah...

Justru kepala ikan itu meski tinggal sedikit dagingnya, tapi ada kenikmatan haqiqi yang tidak bisa dipenuhi dibandingkan kalau kita makan ikan yang masih utuh. Apalagi di kepala bagian atas, dagu dan perut ikan.

Daftar Kulineran Gulai Kepala Ikan di Semarang

Saking favoritnya dengan kuliner Gulai Kepala Ikan, saya sampai rela menyambangi sebagian resto dan warung yang menyediakan masakan berkuah ini. Dan saya rangkumkan daftarnya untuk teman-teman yang mungkin ingin mencoba citarasa Gulai Kepala Ikan di Semarang:

1. Gulai Kepala Ikan Pak Oeban (Reborn)


Setelah sempat beralamat di daerah Pamularsih dan dekat Bakso Geger, sekarang Gulai Ikan "Pak Oeban - Reborn" berlokasi permanen di Jl. Panembahan Senopati, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk menikmati seporsi gulai kepala ikan yang disajikan dengan daun singkong dan sambal cabai hijau khas Padang, teman-teman cukup mengeluarkan uang tak lebih dari 20ribu rupiah (belum termasuk nasi putih dan minuman).

2. Gulai Kepala Ikan MakanLagi 828


Citarasa Gulai Kepala Ikan Makanlagi 828 sedikit berbeda dengan Gulai Kepala Ikan Pak Oeban karena tidak menggunakan santan. Jadi kuah yang dihasilkan tidak keruh dan lebih terasa asam. Tapi Gulai yang mereka miliki sangat patut dicicipi dan dimasukkan ke daftar masakan favorit di Semarang.

Untuk menemukan Gulai Kepala Ikan Makanlagi & Seafood 828 teman-teman bisa mendatangi beberapa lokasi di Semarang yaitu:
- Jl. W.R Supratman no 5
- Jl. Ngesrep TImur V no 92

3. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Dengan uang sejumlah 19 ribu rupiah (05/08/2018) teman-teman sudah bisa menghadirkan piring berisi kepala ikan nila yang digulai ke meja yang disediakan Gulai Kepala Ikan Pak Untung. Soal rasa, menurut saya sih seperti di tengah-tengah Gulai pak Oeban dan Makanlagi 828, jadi meski agak keruh tapi tetap terasa asam segar.

Gulai Kepala Ikan Pak Untung memiliki 2 depot di Semarang yaitu:
- Jl. Imam Bonjol no 42
- Jl. Singosari Raya no 79

4. Gulai Kepala Ikan Bring In Resto

Untuk yang ini saya sih belum pernah menyambangi langsung ke restonya, tapi baru sekali pesan melalui aplikasi ojek online. 

Bring In Resto beralamat di Jl. Ade Irma Suryani 21-23 (Taman Beringin).

5. Gulai Kepala Ikan Prambors

Kalau melihat review yang ditampilkan di Google Map (meski hanya 3 orang yang menulis), sepertinya boleh juga dicoba nih kapan-kapan.

Alamat Gulai Kepala Ikan Prambors di Jl. Lamper Tengah no 615 Semarang

6. Gulai Kepala Ikan Pak Umar

Di Jl. Sambiroto Raya no 89, Tembalang, Semarang ada sebuah warung yang juga menjual kuliner gulai kepala ikan dan cukup digemari masyarakat. Saya juga belum pernah mampir ke warung yang satu ini meski sering ke daerah Tembalang.

Yak itulah daftar kuliner gulai kepala ikan di Semarang. Semoga saja bisa membantu teman-teman yang juga punya kegemaran serupa.

Selamat Kulineran 😋

4 Responses to "Daftar Kuliner Gulai Kepala Ikan di Semarang"

  1. Aduh baca ini di jam makan siang langsung lapar. Saya penggemar berat kepala ikan, mak. Apalagi digulai, sluuurrrp, bisa sampai bersih banget pokoknya. Kucing bakalan sedih kalau tau saya makan kepala, soalnya dia nyaris nggak dapat bagian hihihi. Di Jogja sayangnya nggak terlalu banyak yang jual makanan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi kucingnya gigt jari deh mak. Di jogja memang belum pernah nemu yang jual gulai kepala ikan si mak

      Delete
  2. yaamppuun aku palin suka makan ikan, apalagi kalo ada menu tomyamnya

    makasih ya mbaa, nanti di semarang bsa mampir kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di pan untung kayaknya ada tom yumnya mba

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya