Mari Berkenalan Dengan Investasi Reksadana Kopdar Investarian 1


Dear teman-teman semua, apa yang biasanya kalian lakukan pada hari Minggu?

Apakah naik delman istimewa keliling kota ? Atau kencan sama cucian dan setrikaan?

Kalau saya sih biasanya libur mandi masak karena suami suka mendadak ngajak jeng-jeng kemana. Tapi ada kalanya ga kemana-mana juga apalagi kalau tanggal tuwek 😴.

Nah untungnya pas ga ada jadwal rekreasi di akhir bulan September yang lalu, saya dapat kesempatan untuk gabung di acara Kopdar Investarian Part 1 yang bertempat di Gedung Manulife di jalan Pandanaran. Acara dimulai jam 10 dan selesai sekitar pukul 1.30. Dan di Kopdar yang pesertanya ada sekitar 25 orang lebih ini ternyata seru dan bermanfaat banget.

Nah kira-kira apa aja keseruannya?

Sharing dari Suhu Perbloggingan

Sebelum masuk ke ranah investasi, sesi pertama diisi oleh founder Titik Tengah Partnership yaitu mba Nia Nurdiansyah dan Isul si emsi yang suka curcol dan banyol. Mba Nia mengajak beberapa suhu alias para pakar blog untuk sharing-sharing pada para peserta tentang dunia blogging yang mereka geluti.

Ada Handiko dan mba Ika Hardiyan Aksari yang didaulat berbagi tips memenangkan lomba blog. Kedua blogger ini memang juara banget. Handiko ga segan kasi bocoran dia bikin riset dan cari tau dulu siapa penyelenggara dan juri lomba blog yang diikuti supaya tahu selera juri. Kalau mba Ika malah sering menang lomba meski katanya kurang jago soal desain dan suka submit lomba di waktu yang mepet. The Power of Kepepet ya mba, hihihi.

Ada pula mba Ika Puspita yang bercerita sering dapat job review produk dari berbagai brand. Trus di sebelah mba Ika ada mas Don Suke. Beliau membagi kisahnya membangun seputarsemarang.com dari nol sampai sekarang trafficnya udah aduhai bingit.

Berkenalan Dengan Investasi Reksadana

Setelah sesi sharing blogger yang penuh gelak tawa dan tepuk tangan usai, kemudian acara masuk ke perkenalan dunia investasi. Kali ini pembicaranya dari pihak Manulife yaitu Bapak Legowo Kusumonegoro, beliau adalah Presiden Direktur PT. Manulife Asset Manajemen (kemudian disingkat MAMI).

Selama ini kita terbiasa diajarkan untuk menabung. Dulu menabung umumnya dilakukan di celengan ayam atau di bawah kasur.

Kalau sekarang kita bisa nabung di apamart ((itu anak gue banget 😂)), oops maksudnya di bank. Apalagi bank pun sudah bisa dipilih mau yang konvensional atau yang syariah. Its up to you..

Menabung 100 ribu saja sebulan, maka dalam setahun kita bisa mengumpulkan 1 juta 200 ribu. Kalau menabungnya diteruskan sampai 10 tahun kira-kira berapa yang dihasilkan? Pasti ada 12 juta kan.

Nah ini dia bagian uniknya. Kalau zaman now 12 juta bisa dibelikan apasih? Mungkin sebuah motor bebek kali ya. Tapiii dalam 10 tahun mendatang uang 12 juta itu bisa dibelikan apa hayooo. Jangan-jangan tinggal bebeknya aja yang bisa dibeli, sementara motornya jadi berlipat-lipat harganya 😪. Ya itulah yang namanya INFLASI. Pengertian inflasi sendiri menurut ilmu ekonomi adalah proses meningkatnya harga seiring dengan waktu, yang dipengaruhi berbagai faktor.

inflasi dalam menu ayam goreng tepung ala chain resto
Makanya untuk melawan inflasi, menabung saja ga cukup. Kita harus pandai mengatur keuangan dan juga berINVESTASI. Tapi investasi juga lekat dengan resiko, semakin besar hasil yang bisa kita raih artinya semakin besar juga resikonya.

Pak Legowo yang sehari-hari disapa Pak Leg mewanti-wanti agar jangan sampai kita tergiur tawaran investasi yang memberi imbalan besar dalam waktu singkat dan seolah-olah sangat mudah. Sudah pasti itu investasi bodong alias penipuan.

Dari berbagai jenis investasi seperti tabungan bank, emas, properti, saham, kemarin kami diperkenalkan dengan reksadana.

Reksadana inilah yang disebut Pak Leg sebagai investasi paling cocok jika ingin belajar 'meletakkan' uang dalam jumlah yang tidak banyak dan bisa diambil pula dalam waktu yang singkat, jika dibandingkan kita menyimpan emas atau bermain saham. Dan buat para blogger yang penghasilannya ga menentu kayaknya reksadana memang paling pas nih sebagai tempat berinvestasi.

Berinvestasi di Reksadana

Pengertian Reksadana adalah program investasi yang menggabungkan modal banyak investor, dan berinvestasi pada banyak instrumen, serta dikelola secara profesional, oleh perusahaan pengelola aset yang disebut manajer investasi.

Kelebihan Reksa Dana ketimbang jenis investasi yang sudah disebut di atas antara lain:

Macam Reksa Dana ternyata ada beberapa:
  • Reksa Dana Pasar Uang yang seluruhnya instrumen diletakkan di pasar uang. Potensi hasil & fluktuasi cenderung stabil.
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap: penempatan minimal 80% pada obligasi. Potensi hasil & fluktuasi rendah.
  • Reksa Dana Campuran: porsi obligasi dan saham lebih imbang. Potensi hasil & fluktuasi sedang.
  • Reksa Dana Saham: minimal penempatan dana 80% saham. Potensi hasil & fluktuasi tinggi.
Alur investasi di reksadana pun sangat mudah dan bisa dicairkan pula dengan mudah:

Tempat Membeli Reksadana

Untuk membeli Reksa Dana kita bisa bertransaksi di beberapa tempat. Seperti di Tokopedia atau Bukalapak. Tapi di 2 marketplace tersebut sepertinya reksadana yang tersedia hanya jenis tertentu. Sedangkan jika teman-teman ingin lebih banyak pilihan bisa membuka akun di KLIKMAMI.com yang dikelola oleh manajer investasi terpercaya yaitu PT. Manulife Asset Manajemen.

Caranya juga mudah bisa via online, yang penting siapkan dokumen seperti foto KTP dan isi data dengan benar sesuai alur. Setelah pembukaan akun disetujui, maka kita bisa mulai berinvestasi reksa dana.

Pemenang Tanya Jawab dan Lucky Twitter

Byuhhh. Setelah dapet materi awal soal investasi dan reksadana dari pak Leg saya jadi makin melek tentang menginvestasikan pendapatan ke cara yang oke. Meski sebenarnya saya udah punya reksadana sebelum ikut acara ini.

Dulu saya beli reksadana di Tokopedia pas dapat fee menulis dalam bentuk tokocash. Padahal waktu transaksi saya belum begitu paham seluk beluk reksadana. Tapi saya modal nekat aja, dipikir-pikir daripada dibelikan barang konsumtif 😇. Makanya nih bersyukur banget sekarang makin tercerahkan karena Kopdar Investarian 1 ini.

Sebelum acara berakhir, ada pembagian hadiah buat para penanya dan empunya twitter yang beruntung. Selamat buat mba Archabella (menang lucky twitter dan penanya terbaik), mba Chella, bu Wati, suaminya mba Noorma dan 1 lagi agak lupa namanya siapa, hehe.

Semoga bisa jumpa lagi di Kopdar Investarian part selanjutnya.....

4 Responses to "Mari Berkenalan Dengan Investasi Reksadana Kopdar Investarian 1"

  1. Asyik-asyik ya Mba. Aku juga jadi nambah ilmu nih soal reksa dana, malah akunku ke suspen gegara ngetwit ini ahahaha apes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabisa balik lagi nyi? Kayaknya krn mention deh. Ktanya kl srg mention ga dibalas dkira robot

      Delete
  2. Wah mba Untari malah udah beli Reksadana di toko online. Keren lah, aku aja cuma punya tabungan. Senangnya bisa ikut acara bergizi macam gini. Nggak sabar nungguin yang kedua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba wati lumayan buat ngerem konsumtif. Daripada uang ilang entah kemana. Hehe

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya