Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lee Joon Gi si Pangeran Drama Sageuk


Lee Joon Gi atau yang akrab dipanggil Junki adalah aktor kelahiran Busan, Korea Selatan, 17 April 1982.

Walaupun sudah berumur di atas 35 tahun, tapi setiap melihatnya tampil di drama Korea terbaru ia sama sekali tidak tampak menua. Sudah gitu kulitnya tampak mulus kinclong bercahaya. Duh rahasianya apa ya. Ga mungkin kan air wudhu, hehehe.

Walaupun buat saya dia tidak seganteng Lee Min Ho, tapi kualitas aktingnya jauh di atas Mas Limin. Entah karena usianya juga jauh lebih tua, tapi kok rasanya saat Junki di umur-umur 25 tahunan juga aktingnya sudah luar biasa. Maap ya buat pecinta Mas Liminho jangan bully aku karena pendapat ini๐Ÿ™ˆ.

Lee Joon Gi per tahun 2020 ini sudah berperan di banyak drama dan film. Bukan hanya produksi Korea saja, tapi ada juga film bareng garapan Korea-Jepang, Jepang, Tiongkok bahkan juga film produksi Hollywood. Itu loh Resident Evil The Final Chapter yang rilis tahun 2016. Gimana, keren kan doi.

Tapi.... saya mengenalnya dan langsung jatuh cinta dengan aktingnya semenjak menonton Moon Lovers *yes bisa dibilang rada telat. Dan setelah mengubek-ngubek drakorgrafi (plesetan dari filmografi), si Mas Junki ini cukup banyak berakting dalam kisah drama sageuk alias drama bersetting sejarah, baik itu fantasi maupun kenyataan.


1. Gong-gil di The King and Clowns (2005)

Perannya yang paling ikonik dalam film berlatar belakang sejarah adalah ketika menjadi Gong-gil, seorang badut penghibur di masa pemerintahan Raja YeonsanGun era Joseon. Di sini mas Junki agak-agak kemayu gitulah.

Ceritanya, Gong-gil bersama Jang Saeng (diperankan oleh Kam Woo Sung) awalnya menjadi pelawak jalanan yang kerap menampilkan lawakan mengkritik/ mengolok-olok pemerintah. Kemudian mereka berdua ditangkap prajurit dan diminta menghibur Raja Yeonsan. Eits tapi ada perjanjiannya yaitu bila berhasil membuat raja tertawa maka mereka tidak dihukum namun bila gagal maka konsekuensinya akan dipenggal. Perjanjian yang ngehek banget kan.

Ga dinyana setelah menonton aksi Gong-gil dan konconya ternyata Raja Yoensan ngakak-ngakak parah. Tapi, ternyata sang Raja naksir si Gong-gil si pria cantik yang bertingkah laku feminin. Walah lha kok gitu ya.

2. Yong / Lee Geom di Iljimae (2008)
Tahun 2008 JunKi berperan sebagai pencuri bertopeng dalam serial Iljimae. Awalnya iljimae dilahirkan sebagai seorang putra bangsawan. Ayahnya adalah pendukung sekaligus saudara raja.

Namun suatu hari keluarganya dibantai oleh raja karena sang raja terprovokasi sebuah ramalan. Nasib baik saatpembantaiann berlangsung, Yong lolos dari maut dan dirawat keluarga miskin yang awalnya akan mencuri di rumah Yong. Kemudian untuk menghindari kecurigaan Yong pun diubah namanya menjadi Lee Geom oleh si bapak angkat. Kebetulan Yong juga mengalami hilang ingatan sehingga lupa asal usulnya sendiri.

Nah, makin gede si Lee Geom makin bengal dan nakal. Siang hari Lee Geom adalah cowok biasa yang suka mengusili anak perempuan di lingkungannya. Tapi rupanya di malam hari ia berubah menjadi the phantom thief yang mencuri untuk rakyat.

3. Kim Eun Oh di Arang and Magistrate
Di tahun 2012, Lee Joon Gi kembali memerankan pria era Joseon bernama Kim Eun Oh dalam Arang and Magistrate. Dalam drama ini Lee Joon Gi dipasangkan dengan si cantik nan seksi Shin Min Ah yang memerankan Arang.

Kim Eun Oh awalnya hanya manusia biasa. Tapi setelah selamat dari sakit parah di masa kecil, Eun Oh tiba-tiba punya indra keenam yaitu bisa melihat hantu.

Kemudian suatu hari ia pergi ke Miryang yang pada awalnya berniat mencari ibu kandungnya yang hilang. Di Miryang Eun Oh justru bertemu Arang. Si Arang ini bukan manusia tapi hantu yang sudah meninggal 3 tahun lalu dan meminta tolong Eun Oh untuk menyelidiki tentang kematiannya.

Pada awalnya Eun Oh menolak tapi setelah melihat Arang memakai tusuk konde milik ibunya, ia pun berubah pikiran dan mau membantu kebenaran kematian Arang yang ternyata membawa kenyataan pedih mengenai ibu kandungnya.

4. Kim Sung Yeol di  Scholar Who Walks the Night
Bukan hanya berperan sebagai manusia, Mas Joon Gi rupanya pernah juga jadi vampire di serial Scholar Who Walks The Night yang tayang tahun 2015. Di drama ini ia beradu peran dengan Lee You Bi yang memerankan Jo Yang Sun.

Jo Yang Sun adalah seorang putri bangsawan yang harus berpakaian laki-laki demi mencari nafkah sebagai penjual buku. Di suatu malam Yang Sun bertemu cendekiawan yang tampan dan misterius. Si cendekiawan itu tak lain tak bukan ya Kim Sung Yeol yang diperankan Lee Joon Gi.

Ketika bertemu dengan Yang Sun, Sung Yeol sudah 100 tahun menjadi vampir dan sedang mencari cara membalas dendam pada vampir lain bernama Gwi. Penyebabnya adalah karena Gwi dahulu membunuh kekasih Sung Yeol ketika ia masih jadi manusia.

Inti cerita Scholar Who Walks the Night adalah kisah perjalanan Kim Sung-yeol dan Jo Yang-sun bekerja sama memburu Gwi yang berniat memporak-porandakan seisi kerajaan dan mencegah Putra Mahkota naik tahta.

5. Wang So dalam Scarlet Heart Ryeo/ Moon Lovers

Nah ini dia yang paling membekas di hati. Scarlet Heart Ryeo/ Moon Lovers merupakan drama serial Korea yang ditayangkan pada 2016 lalu. Di serial ini Lee Joon Gi bermain sebagai pangeran ke-4 dari kerajaan Goryeo bernama Wang So.

Di awal cerita, Wang So ditampilkan sebagai pangeran yang berperangai buruk dan kasar pada siapa saja bahkan wanita. Visual Joon Gi juga tampak sadis dengan sebagian wajahnya tertutupi topeng besi.

Sebagai anak raja, Wang So sering dihadapkan pada perebutan tahta di antara saudaranya. Walaupun pada awalnya ia tidak berminat ikut rebutan, tapi seiring waktu dengan berbagai kejadian termasuk kedekatan dengan Hae Soo mengubah keputusannya.

Hae Soo adalah adik ipar Wang Wook si pangeran ke-8. Diperankan oleh Lee Ji Eun/ IU, Hae Soo semula menyukai Wang Wook namun akhirnya menjalin cinta dengan Wang So. Meski Wang So sudah menjadi raja tapi bukan berarti hubungan keduanya tanpa halangan. Nah chemistry apik yang ditampilkan IU dan Joon Gi di Moon Lovers ini lah yang bikin saya meleleh karena saking menyentuhnya.


Yak itulah daftar peran Lee Joon Gi dalam drama/film Korea bertema Sageuk selama ini. Kalau saya paling suka saat Junki jadi Wang So, kalau kamu yang mana nih?

3 comments for "Lee Joon Gi si Pangeran Drama Sageuk"

  1. aku mulai kenal si lee joon gi pas main di moon lovers, kirain dia bakal jadi second lead, ealah malah peran utama ya

    ReplyDelete
  2. Kira-kira download Drama Korea Subtitle Indonesia dimana min?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!