Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Alasan Buah Pear Baik Bagi Kesehatan

Kenapa Buah Pir Baik Bagi Kesehatan

Siapa nih yang suka makan buah pir, hayo ngacung? Memang ya, buah pir punya rasa yang manis dan tekstur berair yang segar. Ga salah kalau banyak yang menyukainya.

Bagi masyarakat Indonesia, buah pir pun sudah tidak asing lagi dikonsumsi. Dalam bahasa Inggris, pir disebut pear. Buah pir berasal dari pohon genus Pyrus, tumbuh di daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara.

Buah pir biasanya dimakan dalam keadaan segar, tapi ternyata ada pula buah yang diproses sebagai buah dalam kaleng atau sudah berbentuk sari buah dan kadang-kadang sebagai buah kering.

Seperti umumnya buah-buahan, pir mengandung beragam zat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah pir kaya vitamin C, K, dan tembaga yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

manfaat buah pir


Alasan Mengapa Buah Pir Baik Bagi Kesehatan

1. Mencegah Sembelit

Pir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga buah ini bagus untuk mencegah atau mengobati masalah pencernaan. Pektin di dalam buah pir juga dianggap sebagai zat diuretik alami yang memiliki efek pencahar tingkat ringan. Buah pir pun berguna untuk membantu melancarkan pergerakan usus dan mengurangi rasa kembung.

Kalau teman-teman sedang mengalami sembelit dan tidak ingin konsumsi obat pencahar, cobalah makan satu atau dua buah pir sehari.

2. Sumber Antioksidan

Pir memiliki efek antioksidan glutathione dan anti kanker yang baik untuk kesehatan tubuh. Glutathione adalah antioksidan yang dapat membantu kita mencegah kanker, tekanan darah tinggi dan stroke.

Menurut penelitian oleh National Cancer Institute, mengonsumsi pir segar setiap hari menunjukkan efek positif pada kemampuan tubuh untuk mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh dalam kadar pH yang seimbang, lo, teman-teman. Buah pir ternyata juga bagus untuk mengurangi kadar lemak lipid dalam darah.

3. Kaya Akan Vitamin C

Kandungan vitamin C buah pir cukup tinggi, yaitu sekitar 12% kebutuhan vitamin C harian yang kita butuhkan. Maka tak salah bila ingin memiliki kekebalan tubuh yang sehat, kita bisa mengonsumsi buah pir.

Selain itu, vitamin C dalam buah pir mengandung zat antioksidan kuat yang melawan mampu kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi sel DNA yang sehat, menghentikan mutasi sel, menjaga metabolisme kita tetap sehat, dan memperbaiki jaringan yang rusak di dalam tubuh kita.

4. Baik Untuk Kulit

Selain baik untuk kesehatan organ di dalam tubuh, kandungan nutrisi vitamin C dalam manfaat buah pir ternyata juga baik untuk kulit yang menjadi bagian terluar dari tubuh kita, termasuk juga kulit wajah. Mengonsumsi vitamin C dan antioksidan tinggi seperti pir membantu meningkatkan kekebalan kulit terhadap infeksi.

Selain itu, antioksidan dalam buah ini juga membantu proses pembaharuan sel di dalam kulit, lho.

5. Mengandung Banyak Serat

Serat adalah kebutuhan penting bagi tubuh kita dan salah satu cara memenuhi kebutuhan serat harian tubuh bisa dengan makan buah pir. Serat punya berperan penting dalam menjaga kadar gula darah yang sehat.

Namun tidak hanya serat biasa yang dimiliki pir. Yaitu serat pektin juga terdapat dalam buah pir. Serat pektin ini larut dalam air. Serat pektin berfungsi penting untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan kita.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat yang lainnya adalah buah pir mengandung vitamin K dan zat boron yang dapat menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dan nutrisi penting lainnya seperti kalsium, magnesium dan fosfor, bekerja bersama untuk mencegah kerusakan tulang. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko penyakit tulang seperti osteoporosis, lo.

Sedangkan zat boron berfungsi penting untuk membantu menjaga tulang tetap kuat dengan menambah kepadatan mineral, mencegah osteoporosis, mengobati kondisi peradangan seperti radang sendi, dan meningkatkan kekuatan pada massa otot.

7. Membantu Mencegah Diabetes

Lalu yang terakhir, kandungan flavonoid dalam buah pir dipercaya bisa mencegah dan mengobati diabetes. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Center for Disease Control and Prevention yang diikuti oleh lebih dari 9.600 orang dewasa berusia 25-74 selama sekitar 20 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari, secara signifikan risiko pembentukan diabetesnya berkurang.

Buah pir juga dianggap buah rendah indeks glikemik yang baik untuk gula darah. Satu porsi pir mengandung sekitar 26-28 gram karbohidrat.

Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mencari tahu seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia.


Hari Pear Sedunia

hari pear sedunia

Nah setelah ngejembreng sebanyak itu manfaat pir bagi kesehatan, bersyukurlah kalau teman-teman suka makan buah pir apalagi kalau setiap hari. Dan buat yang belum suka, coba deh mulai konsumsi buah pir sebagai varian asupan buah. Sayang kan kalau ga ngerasain manfaatnya.

Saking banyaknya manfaat pada buah pir, bahkan ada perayaan Hari Pir Sedunia lho. Dirayakan pada puncak musim buah pir selama awal Desember, Hari Pir Sedunia ini dimulai selama akhir pekan pertama bulan Desember. Tujuannya adalah untuk mempromosikan semua jenis buah yang lezat ini ke seluruh dunia.

Telah dikenal sejak 5.000 SM, karena keserbagunaan dan umur simpannya yang lama, pir menjadi komoditas yang sangat diinginkan di antara rute perdagangan dunia kuno. Sekarang, Amerika Serikat menjadi salah satu penghasil buah pir terbesar di dunia. Dan buah pir tersebar lebih di 24 negara termasuk Selandia Baru, Indonesia, India, Uni Emirat Arab, Meksiko, dll.  

Post a Comment for "Alasan Buah Pear Baik Bagi Kesehatan"

Berlangganan via Email