Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenalkan Literasi Keuangan Pada Anak Lewat Games

Mengenalkan Literasi Keuangan Pada Anak Melalui Games

Teman, menurut kamu mengajari anak-anak tentang uang dan keuangan itu penting ga sih?
Kalau buat saya sih iyes.

Why?

Karena menurut saya, literasi keuangan adalah keterampilan hidup yang harus dipelajari siapapun termasuk anak-anak sejak usia dini.

Mengajari anak-anak tentang pengelolaan uang dan tanggung jawab keuangan dapat membantu mereka membuat keputusan yang tepat di masa depan.

Salah satu cara untuk membuat pembelajaran bertema keuangan ini menyenangkan dan menarik adalah melalui permainan. Dalam postingan blog ini, duniaqtoy akan membahas beberapa permainan untuk anak-anak yang dapat mengajarkan mereka tentang keuangan.

Games Bertema Keuangan

Games Non Online/ Offline

Games offline di sini maksudnya adalah permainan yang dimainkan tanpa gawai dan tanpa sinyal internet.

Monopoli

monopoli

Monopoli adalah permainan yang cukup populer pada tahun 90'an. Dalam permainan ini, pemain bergerak di sekitar papan sesuai lemparan dadu. Kemudian pemain dapat membeli, menjual properti dan mengumpulkan uang sewa. 

Nah dari bermain monopoli inilah anak-anak dapat belajar tentang konsep dasar pengelolaan uang seperti menabung, membelanjakan, dan berinvestasi.

Cashflow for Kids

Cashflow for Kids adalah permainan papan yang dirancang oleh Robert Kiyosaki, penulis Rich Dad Poor Dad. Permainan tersebut mengajarkan anak-anak tentang kemandirian finansial dan pentingnya pendapatan pasif. 

Cara bermainnya mirip seperti monopoli yaitu pemain bergerak di sekitar papan, membeli dan menjual aset dan bisnis. 

Dengan bermain Cashflow for Kids, anak-anak akan belajar tentang arus kas, laporan laba rugi, dan neraca. Gim ini juga memperkenalkan konsep kebebasan finansial.

The Game of Life


Masih mirip dengan Monopoli, The Game of Life juga tipe permainan papan multi pemain. Bedanya adalah permainan The Game of Life mensimulasikan skenario kehidupan nyata seperti kuliah, mendapatkan pekerjaan, dan memulai sebuah keluarga.

Dalam game ini, pemain membuat keputusan yang memengaruhi kesejahteraan finansial mereka. Mereka belajar tentang pendapatan, pengeluaran, dan menabung untuk masa depan. Gim ini juga memperkenalkan konsep seperti asuransi dan pajak.

Games Online

Jika permainan offline bisa dipegang secara nyata, maka permainan online hanya dapat diakses lewat smartphone

Cash Back
games keuangan

Cash Back adalah permainan online sederhana di mana pemain memberikan uang kembalian yang benar kepada pelanggan menggunakan uang kertas dan koin.

Sebelum bermain, kita dapat melihat tutorialnya terlebih dahulu atau dapat juga langsung bermain. Permainan pun dapat dipilih berdasarkan tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit) sesuai dengan preferensi pemain.
Cash Back game, games keuangan untuk anak

Untuk memenangkan pemainan ini, diperlukan menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dengan benar sebelum kehabisan waktu. Pemain bebas menentukan kembalian sesuai pertanyaan asalkan jumlah total akhir sesuai.

Grocery Cashier


Grocery Cashier atau Permainan Kasir Kelontong adalah permainan yang cukup mudah dimainkan oleh anak-anak bahkan yang berusia muda. Dalam Grocery Cashier anak-anak dapat berlatih penjumlahan dan pengurangan dengan mengoperasikan mesin kasir virtual.
Gim ini memiliki beberapa level permainan dan batas waktu di setiap levelnya. Jika pemain terlalu lama menyelesaikan sebuah tugas maka jumlah item yang tampil akan meningkat sementara batas waktu untuk setiap pelanggan berkurang. Dan seperti pembayaran di dunia nyata, uangnya dapat berupa uang kertas, uang receh (sen) dan voucher/ sertifikat hadiah.

Nah itulah beberapa permainan yang dapat membantu anak-anak belajar tentang konsep pengelolaan uang dasar seperti penganggaran, tabungan, dan investasi.

Dengan mengenalkan konsep-konsep ini sejak dini, anak-anak dapat mengembangkan kebiasaan finansial yang baik yang akan bermanfaat bagi mereka di masa depan. Selain untuk refreshing, permainan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengajari anak-anak tentang tanggung jawab keuangan dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

1 comment for "Mengenalkan Literasi Keuangan Pada Anak Lewat Games"

  1. Baru tau aku kalo Robert Kiyosaki bikin games buat anak anak juga. OTW cari ah di marketplace.
    Aku lebih prefer games offline sih. Kalo game hape gitu agak sulit dipantaunya.

    ReplyDelete