Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masjid-Masjid di Semarang Untuk Wisata Religi


Kota Semarang memiliki banyak destinasi wisata tak terkecuali untuk wisata religi. Di sini masjidnya tak hanya indah namun juga memiliki keunikan yang menarik dan patut dikunjungi. Maka bila teman-teman ada rencana berkunjung ke Semarang, sempatkanlah mampir ke salah satu atau beberapa masjid berikut ini.

1. Masjid Bahtera Nabi Nuh


Masjid Kapal aslinya memiliki nama masjid As Safinatun Najah namun karena berbentuk seperti bahtera Nabi Nuh maka lebih dikenal sebagai masjid Kapal Nabi Nuh. Masjid ini berada di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan.

Masjid Kapal Semarang dibangun pada tahun 2015. Di sekeliling bangunan masjid, terdapat kolam yang menjadikan bangunan seperti kapal yang sedang berlayar.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman berada di jantung pusat kota Semarang yaitu di Simpang Lima Semarang. Pembangunan Masjid Baiturrahman diinisiasi oleh Yayasan Masjid Candi yang telah berdiri sejak tahun 1955 dengan pendirinya HM Bachroen, RMT Panji Mangunnegoro dan Ahmad Bastari.

Setelah dipercantik dan direnovasi pada 2022, masjid raya Baiturrahman makin cantik dengan ditambahnya kolam reflektif dan air mancur, pohon, rumput hingga lampu pagar.

3. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Tak ketinggalan Masjid yang menjadi kebanggaan warga Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini menyimpan nilai artistik yang indah karena memadukan arsitektur gaya Jawa dan juga Arab, dengan kubah pusat besar serta empat kubah kecil disekelilingnya. 

Selain interior masjid yang dihiasi dengan ukiran dan kaligrafi rumit nan indah, salah satu ciri khas MAJT adalah enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di teras masjid. Payung-payung hidrolik ini dapat membuka dan menutup secara otomatis dan mengadopsi model yang terdapat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Ada lagi pesona dari MAJT yaitu adanya pohon kurma yang ditanam di sana, dan agrowisata melon yang sudah beberapa kali panen.

4. Masjid Kauman
Meski merupakan bangunan kuno, Masjid Kauman Semarang menjadi satu masjid yang menjadi daya tarik wisata religi bagi para wisatawan yang sedang melancong ke Kota Semarang.

Masjid ini berada di samping Aloon - Aloon Barat Kota Semarang. Yang menjadi ciri khas Masjid Kauman adalah perpaduan cat eksterior berwarna hijau dan di sisi samping masjid terdapat menara yang menjulang tinggi. Menurut catatan sejarah Masjid Kauman telah berdiri sejak 13 November tahun 1890.

5. Masjid Sekayu
Ada satu lagi masjid yang dapat menjadi referensi wisata religi di Semarang yaitu Masjid Sekayu. Bangunan masjid Sekayu terletak di Jalan Sekayu RT 05 RW 01, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. 

Masjid Sekayu dibangun sekitar 1413 silam dan membuatnya menjadi masjid paling tua di Jateng. Sampai saat ini, beberapa bangunan di Masjid Sekayu juga masih asli seperti empat pilar kayu setinggi 10 meter dengan diameter 100 sentimeter yang ada di dalam masjid.

Post a Comment for "Masjid-Masjid di Semarang Untuk Wisata Religi"