Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Ovo Cash dan Ovo Point


Zaman sekarang penggunaan uang tunai mulai digantikan dengan beberapa sistem pembayaran cashless alias non tunai. Ga terbatas pembayaran menggunakan kartu aja seperti kartu debet atau kartu kredit, tapi ada juga kartu yang bisa ditop up/ diisi saldo.

aplikasi ovo
Bayar Parkir di Lippo Mall Menggunakan Ovo Cash

Nah ternyata perkembangan telepon pintar juga memberi pengaruh lho soal pembayaran model cashless ini. Entah ada hubungannya apa ngga sama pilihan ketinggalan dompet atau ketinggalan hape, tapi mulai banyak bermunculan aplikasi keuangan elektronik yang bisa diakses dari smartphone. Contohnya adalah Aplikasi OVO (ingin tahu soal OVO Paylater cek di sini)

Bagaimana sih cara menggunakan aplikasi Ovo untuk pembayaran?

Aplikasi keuangan seperti OVO memang memudahkan, karena bikin dompet ngga makin gembung kebanyakan kartu. Keuntungannya selain meringkas ruang dompet yaitu bisa buat bayar-bayar dan transaksi keuangan tertentu lainnya.

Tapi di aplikasi yang identik dengan warna ungu ini ada istilah yang agak membingungkan buat pengguna pemula yaitu Ovo cash dan Ovo Poin.

Baca juga: Tentang Aplikasi Ovo


Ada perbedaan antara Ovo Cash dengan Ovo Point, termasuk cara mendapatkannya dan juga cara membelanjakannya. Saya juga tadinya penasaran, ternyata ovo poin tidak bisa digunakan di sembarang tempat tidak seperti ovo cash yang diterima di merchant yang terdaftar atau memasang tanda menerima OVO.

ovo

Ovo Cash
Adalah uang elektronik yang dapat diakses melalui aplikasi OVO. OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan:
  • pembayaran di berbagai merchant rekanan secara offline maupun online seperti GRAB,
  • isi ulang pulsa (Bolt, Telkomsel, Smartfren, Tri, Xl, dan Indosat),
  • pembayaran premi Lippo Insurance,
  • pembelian token PLN,
  • pembayaran tagihan PLN,
  • transfer ke sesama pengguna Ovo dan ke rekening bank
  • investasi di Ovo invest.
  • membayar pembelian di Tokopedia
Baca Juga: Cara Mengaktifkan Ovo di Tokopedia

Untuk mengisi/ top up Ovo cash ada berbagai cara:
✔ isi ulang dari merchant (matahari dept store, hypermart, alfamart, dll),
✔ isi ulang di booth Ovo,
✔ isi ulang dengan kartu debit yang sudah 3D Secure,
✔ isi ulang dari ATM, i-banking, sms banking dari berbagai bank (BCA, Mandiri, BRI, Nobu Bank)

Baca Juga: Cara Top Up Ovo Bebas Biaya 


Jika Ovo cash sudah diisi saldonya dengan cara di atas, maka selanjutnya bisa digunakan, misalnya untuk pembayaran di berbagai merchant rekanan yang terdaftar. Ada banyak toko retail, food store, bahkan game center yang telah menerima Ovo sebagai alat pembayaran menggantikan uang tunai maupun kartu debit. Utamanya pasti di Matahari departement store dan Mataharimall.com, tapi kalau kamu tinggal di kota besar dan jalan-jalan ke mall pasti akan lihat toko-toko yang memasang standing banner menerima pembayaran Ovo Cash.

Contoh penggunaan Ovo Cash di Timezone untuk top up kartu Timezone:
📲 Siapkan kartu Timezone dan login ke aplikasi OVO di smartphone milikmu,
📲 Samperin mba/ mas petugas kasirnya, sampaikan mau isi kartu Timezone menggunakan OVO cash, sebutkan jumlahnya (pastikan Ovo cashmu cukup ya, soalnya gabisa pinjem tetangga). Oiya, jangan lupa serahkan kartu Timezonenya.
📲 Mas/ mba kasir akan pencet-pencet hidung alat yang penampakannya seperti mesin EDC dan kamu akan diminta memasukkan nomor handphonemu yang terdaftar di Ovo.
📲 Ga berapa lama akan ada notifikasi di aplikasi Ovo milikmu untuk pembayaran menggunakan Ovo Cash. Tap saja notifikasi sebagai tanda confirm atau setuju.
📲 Selesai deh. Ovo cash milikmu akan berkurang dan saldo kartu Timezonemu bertambah.


Tapi saya punya pengalaman yang berbeda saat membayar belanjaan di Hypermart dan Matahari dept store, yaitu tidak menggunakan EDC khusus tapi harus scan barcode. Tetep gampang sih, tinggal buka aja aplikasi OVO, login, kemudian klik menu scan, arahkan ke barcode yang ada di kasir, setelah muncul jumlah yang harus dibayar, klik confirm. Selesai deh.

Selain buat bayar belanjaan atau isi saldo Timezone, Ovo cash juga bisa dipakai untuk bayar parkiran di Mall milik Lippo seperti di Jakarta dan Yogyakarta.

Cara menggunakan Ovo cash untuk membayar parkir di Lippo Mall:
  • Sebelum keluar mall dan akan menuju parkiran atau saat di mobil, bukalah aplikasi Ovo dan login,
  • klik menu scan,
  • arahkan ke barcode yang ada di karcis parkir, klik confirm pembayaran,
  • kamu punya waktu sekitar 45 menit untuk menuju palang pintu untuk menyerahkan karcis parkir.

Yang perlu diperhatikan jika menggunakan Ovo untuk bayar parkir di Lippo Mall, jangan melakukan pembayaran saat di antrian menuju palang pintu pemeriksaan, hal ini untuk mengantisipasi hilangnya koneksi/ sinyal handphone karena aplikasinya kan tergantung pada sinyal.


OVO Points
Adalah loyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO setiap melakukan transaksi di berbagai merchant rekanan OVO.

Jadi, ovo poin memang terpisah dari ovo cash. Ovo point dapatkan dari penggunaan ovo cash di merchant yang mempunyai program cashback. Besarannya cashback bervariasi tergantung periode, lokasi dan merchant yang bersangkutan.




Misalnya di Timezone ya, pada saat mengisi saldo kartu, saya ditawarin mengisi saldo 60ribu dan akan mendapatkan cashback ovo poin sebesar 10%. Jadi setelah transaksi Ovo cash akan berkurang 60ribu tapi ovo poin bertambah 6000 poin.

Penggunaan Ovo Poin
Tidak seperti ovo cash yang lebih fleksibel, memang penggunaan ovo poin agak terbatas. Jika ingin menggunakan ovo poin yang sudah terkumpul bisa kamu pakai di:

  • Hypermart
  • Matahari Dept Store
  • Untuk top up pulsa/ bayar listrik, beli token PLN di aplikasi Ovo
  • Tukar Poin di Tab Deals di Aplikasi Ovo
  • Tokopedia

Untuk tahapannya sama persis dengan tahapan menggunakan Ovo cash yaitu buka aplikasi dan login, kemudian tergantung alat yang dipakai si merchant, apakah scan barcode atau hanya memasukkan nomor handphone yang terdaftar di Ovo. Pokoknya gampil lah.


Yak begitulah perbedaan Ovo Cash dan Ovo Poin, dari cara top up saldo sampai cara menggunakannya. Kalau ada yang masih bingung bisa nanya di kolom komentar ya. Kritik dan saran juga boleh asal pakai bahasa yang santun ya temans.


Semoga postingan ini bermanfaat ya ^_^

22 comments for "Cara Menggunakan Ovo Cash dan Ovo Point"

  1. Saya sudah lumayan lama pakai OVO, gegara sering belanja di Matahari, enak deh bisa dapat poin yang bisa ditukar ngurangin pembelian kita.

    Cuman memang belum pernah nyoba top up :)

    ReplyDelete
  2. Sudah zaman cashless ya, sayangnya jarang ngemall terutama ke Lippo Mall. Jadinya belum pernah nyobain OVO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ga banyak si lippo mall. Tapi masih bisa buat belanja di mataharimall bang sama buat beli pulsa

      Delete
  3. Aku ada saldo lumayan nih di OVo tapi karena nggak ngerti cara pakai nya jadi dianggurin aja. Makasih infonya ya ka, manfaat banget alhamdulillah

    ReplyDelete
  4. mau tanya ke blogernya,apa ovo bisa buat kirim pulsa ke teman?
    Trims...

    ReplyDelete
  5. Kalo ovo points bisa di gunakan isi kartu timezone gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabisa kayaknya mba. Ovo poin baru bisa dipakai di jaringannya lippo aja seperti matahari

      Delete
  6. Hmmm, ternyata OVO itu ada dua yah ... saya punya OVO point total 90rb-an hasil ngisi bolt bertahun2 tapi nggak pernah kepake. Kyknya harus mulai dilirik nih dari sekarang, apalagi OVO katanya digandeng Tokopedia yah?

    ReplyDelete
  7. cara menggunakan ovo point di hypermart bagaimana?

    ReplyDelete
  8. bagaimana langkah menggunakan ovo point di hypermart? apa saat bayar kita ganti ovo cash menjadi ovo point atau blg dulu je kasirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilang aja ke kasir. Mau pake ovo point atau cash. Gitu aja kak

      Delete
  9. Katanya kalo mau pakai ovo point di hypermart harus punya saldo ovo cash minimal 100k ya? Apakah benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sih saya ngga kak. bisa dipake walaupun ovo cash 0

      Delete
  10. Agan mau nanya.. saya punya ovo tpi hampir tidak pernah saya pakai lagi akhir-akhir ini saya sering dengar istilah split .. atau istilah menukar point dengan uang diakumulasikan pada saldo kita.. agan.. bagi info dong cara split makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ovo poin bisanya dipakai buat belanja atau naik grab. displit bisa kalo punya ovo cash. tapi kalo tuker saldo gabisa. cara pakainya seperti biasa tinggal pilih ovo point pas mau bayar

      Delete
  11. Kebetulan saya menggunakan ovo, tetapi untuk versi yang baru tidak bisa terbuka di hp samsung young 2

    ReplyDelete
  12. hahaa, saya belum pakai ovo, masih belum tau cara pake nya

    ReplyDelete
  13. Bagaimana langkah menggunakan ovo point untuk isi pulsa

    ReplyDelete
  14. sekarang sudah jamanya dompet digital, terimakasih infonya gan

    ReplyDelete