Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Search Engine Paling Populer di Dunia


Search Engine atau yang bahasa Indonesianya Mesin Telusur Web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian terhadap berkas-berkas yang tersimpan dalam www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer server dalam suatu jaringan.

Duh opo kuwi rek, aku rak mudeng 😁. Deskripsinya kok bikin kepala pening ya. Tapi ya gitulah deskripsi yang diambil dari wikipedia. Bahasa sederhananya sih gini, inti dari search engine adalah sebuah mesin pencari di jaringan internet untuk menelusuri kata kunci sesuai yang diketik oleh pengguna.

Trus kalau bicara soal Search Engine pasti yang pertama kali teringat di benak kita adalah 'simbah' Google. Padahal selain Google ada buanyak lho ya. Makanya nih kali ini DuniaQtoy pengen bikin daftar 10 Mesin Penelusuran paling populer di Dunia. Simak yuk.


Inilah 10 Search Engine Paling Populer di Dunia: 

1. Google

Search engine paling populer di dunia yang satu ini memang ga perlu diragukan lagi. Di Indonesia sendiri kayaknya semua orang yang melek internet pasti tau dan pasti pakai Google saat butuh melakukan pencarian di internet.

Dan kenyataannya Google masih menduduki peringkat pertama secara global. Bukan hanya mendominasi penelusuran via desktop tapi Google juga memenangkan posisi search engine di platform mobile atau perangkat seluler, bahkan hingga 93% lho. 

2. Bing


Bing menjadi search engine kedua yang paling populer setelah Google. Mesin penelusuran website buatan Microsoft ini sejak lama ingin menggantikan posisi Google sebagai yang terkuat. Sayangnya Bing sendiri belum berhasil meyakinkan pengguna tentang hasil penelusuran yang mereka hasilkan apakah bisa lebih baik daripada Google atau tidak. 

3. Yahoo


Sejak Oktober 2011 Yahoo Search ditopang oleh Bing. Meski Yahoo Messenger sudah resmi 'dikubur' tetapi layanan penyedia email milik Yahoo masih sangat populer di dunia dan menduduki peringkat 4 dalam mesin pencarian.

4. Ask.com


Sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves, Ask.com menerima sekitar 0,05% dari pangsa pencarian. Berbeda dari search engine lainnya, Ask.com didasarkan pada format pertanyaan / jawaban di mana sebagian besar pertanyaan dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk jajak pendapat.

5. AOL.com


Aol.com memiliki pangsa pencarian sebesar 0,04% di dunia. Jaringan AOL mencakup banyak situs web populer seperti engadget.com, techchrunch.com, dan huffingtonpost.com.

6. Baidu


Baidu berdiri pada tahun 2000 dan menjadi search engine paling populer di China. Pangsa pasarnya terus meningkat dan menurut Wikipedia Baidu telah menerima permintaan pencarian hingga milyaran kali per bulan.

7. Wolframalpha


Wolframalpha berbeda dengan semua mesin pencari lainnya. Mereka memasarkannya sebagai Computational Knowledge Engine yang dapat memberi fakta dan data untuk sejumlah topik. Wolframalpha  dapat melakukan berbagai macam perhitungan, misalnya jika kita memasukkan "hipotek 2000" sebagai masukan, ia akan menghitung jumlah pinjaman kita, bunga yang dibayarkan, dll (hasil berdasarkan asumsi)

8. DuckDuckGo


DuckDuckGo memiliki sejumlah kelebihan dibanding mesin pencari lainnya. Yaitu tampilan antarmuka (interface) yang bersih, tidak melacak pengguna, tidak penuh dengan iklan dan memiliki sejumlah fitur yang sangat bagus (hanya satu halaman hasil).

Para ahli pun yakin bahwa beberapa fitur duckduckgo akan digunakan oleh mesin pencari lain dan dengan beberapa pendanaan yang tepat, duckduckgo dapat memperoleh pangsa pasar mesin pencari yang layak.


9. Internet Archive


Archive.org adalah mesin pencari arsip internet. Teman-teman dapat menggunakannya untuk mencari tahu bagaimana situs web terlihat sejak tahun 1996. Ini adalah alat yang sangat berguna jika teman-teman ingin melacak sejarah domain dan memeriksa bagaimana hal itu telah berubah selama bertahun-tahun.


10. Yandex.ru


Menurut Alexa, Yandex.ru adalah salah satu dari 30 situs web paling populer di Internet dengan posisi peringkat 4 dalam bahasa Rusia. Yandex menampilkan diri sebagai perusahaan teknologi yang membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin.

Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu. Jadi di Rusia Yandex bisa jadi lebih populer dari Google.

---
Jadi, jika teman-teman mencari jawaban dari pertanyaan "Apa mesin telusur terbaik?"
Teman-teman akan mendapatkan jawaban bahwa Google adalah mesin telusur terbaik dan paling populer dan Bing ada di posisi kedua (di tingkat global).

Daftar di atas adalah 10 mesin pencari terbaik dan terpopuler di Internet saat ini. Daftar ini tidak berarti lengkap dan pasti akan banyak lagi yang akan dibuat di masa mendatang tetapi sejauh menyangkut tempat-tempat pertama, Google dan Bing masih memegang posisi teratas.

Semoga artikel ini bermanfaat!

31 comments for "10 Search Engine Paling Populer di Dunia"

  1. tetep di Indonesia google paling laku ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uda mendarah daging banget emang si simbah google

      Delete
  2. Aku sih selama ini pakainya Google, dulu waktu sebelum tahun 2000 pakainya yahoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahoo kurang joss sih jadi pada pindah ke google

      Delete
  3. Dari semua itu aku cuma pakai google, hehehe dulu pernah coba Yahoo tapi asa goocok dengan urutan daftar sama tampilannya

    ReplyDelete
  4. Aku udah pernah make semua kecuali yang nomor 7,8,9 aja...

    ReplyDelete
  5. Google tetap yang paling top di Indonesia. Begitu terkenalnya sehingga murid-murid saya selalu bilang, tenang saja kerja PR nya dibantuin om Google. Seolah-olah Google itu bisa mengatasi segala masalah PR mereka wkwkwk...

    ReplyDelete
  6. Anak2 kecil sekarang aja udah fasih banget pakai google, kalau cari apa di jalan mereka ingetnya langsung ke google :))

    ReplyDelete
  7. Bunda aja yang udah banyak makan asam garam dunia kehidupan tahunya cuma Om Google dan si Yahoo doank, tapi ngefens sama si Om Google tuh. Nah, lagi-lagi nih ya, kalo gak ada Fun for BW kan bunda gak sampe di sini dan tahu kalo ada 10 Om-Om yang suka nyelidik, hehe...

    ReplyDelete
  8. Kalo ditanya atau cari solusi enakan di google karna berasa sodara dekandung tuh mba.. Hihihi tau apa yang kita mau

    ReplyDelete
  9. dari 10 search engine di atas, saya pake google, Mba. Sekali-sekali pake yahoo tapi itu jarang banget :)

    ReplyDelete
  10. Waaah, ternyata banyak ya mba. Aku selama ini always gugel euy.

    ReplyDelete
  11. Dari sepuluh ini memang yang paling juara Google ya mba.. Bing suka nyasar hebe

    ReplyDelete
  12. Mbah Google still the best for me, mba Uniek.
    Masih susah move on akutu, HAHAHA.

    Kalau, mba, yang mana?

    ReplyDelete
  13. Aku pakai 2 doang, Google sama Yahoo. Skrg udah jarang pakai Yahoo tapi. Skrg standarnya Google

    ReplyDelete
  14. Wahhh.. makasih infonya mba. Aku baru dengar malah yang no 3 sampai seterusnya hehe.. pokoknya andalan google lah

    ReplyDelete
  15. Ya Allah aku tuh baru tahu. Selama ini hanya pakai google dan yahoo aja, mba. Bing sih pernah dengar tapi ga pernah pakai

    ReplyDelete
  16. Aku cuma tau yahoo dan google aja mbaa.

    Ask.fm jg pernah denger tapi gk pernah pake.
    Jadi penasaran pengen nyobain satu satu.

    ReplyDelete
  17. Ya Allah dari segitu daftar, aku cuma tahu dan pakai Google aja. Hahhahah. Bing kayaknya pernah tahu tapi duluuuu banget jaman masih kuliah, kira2 14 tahun yg lalu :D

    ReplyDelete
  18. Baru ngeh ternyata ada banyak mbah selain mbah Gugel hahahaha.aku dulu pernah pasang yahoo dan bing tapi balik lagi pake gugel doang

    ReplyDelete
  19. mbah google tetap yang terhot ya, padahal juga Bing lumayan juga. Mau gimana lagi yang udah tenar google, aku juga suka google hehehe apalagi blogspot kita termasuk milik google ya mba?

    ReplyDelete
  20. Baru nyoba beberapa Mbak untuk mesin pencari hal hal yang ingin kita tahu. Tapi masih ada ya beberapa yang beberapa hari ini, sering digunakan oleh seorang teman,

    ReplyDelete
  21. Wah baru tahu, aku familiar cuma Google dan Yahoo selama ini, ternyata ada yang lainnya

    ReplyDelete
  22. Wah aku baru kenal no 1-3. Ternyata ada banyak ya search engine.

    ReplyDelete
  23. Seringnya pakai Google sih hehe. Btw Indonesia jg ada search engine sendiri lho cuma sayang lupa namanya. Pernah ketemu foundernya pas di salah satu event gtu...

    ReplyDelete
  24. Noted mbak, biasanya cuman pake google doang...
    pake yang lain tapi jarang-jarang

    ReplyDelete
  25. Huhuuyyy...aku tim google nih karena apa2 pasti carinya di google ya. Kadang2 pake yahoo juga sekalian pas buka email.

    ReplyDelete
  26. Aku selama ini taunya cuma Google, Yahoo dan Bing..thanks a lot infonya mbak :)

    ReplyDelete
  27. Wah, aku ini apa-apa google.klo suami browsing dll ga cuma teegantung mbah google

    ReplyDelete
  28. Beneran semua cuman pada nyaman dengan google ya hihihi saya sendiri pakai yahoo tapi hasilnya ga sesuai pemikiran. Emmg cm google yg mengerti hatiku

    ReplyDelete
  29. ternyata search engine itu banyak ya. Tapi yang sering aku gunakan hanya Google saja, hihihi.
    Setelah membaca tulisan ini aku jadi tau banyak, next time aku cobain ahh.
    Terima kasih untuk informasinya.

    ReplyDelete